Waketum NasDem Ahmad Ali: Jika Anies Jadi Masalah, Jokowi Pasti Sampaikan Ke Surya Paloh

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) menyinggung partai politik (parpol) di koalisi pemerintah yang berbelok arah. Partai NasDem berkomitmen tetap berada di koalisi pemerintahan Presiden Jokowi sampai 2024 nanti.

“NasDem berada di koalisi pemerintah. Ada wakil tidak ada wakil di kabinet kami tetap berkomitmen berada di koalisi pemerintah sampai 2024,” kata Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Senin (10/10/2022).

Ali kemudian bicara terkait kemungkinan Jokowi akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet jika para menteri tidak cakap dalam menjalankan tugasnya. Namun, Ali meyakini ketiga menteri dari Partai NasDem bekerja untuk membantu Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Keberadaan menteri NasDem itu untuk sebagai pembantu presiden. Kalau kemudian tiga orang menteri dari NasDem itu dianggap tidak cakap dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, Pak Jokowi pasti akan ganti mereka,” jelas Ali.

Ali mengatakan, jika nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai menjadi masalah, Jokowi akan menyampaikan hal itu kepada Ketua Umum (Ketum) Surya Paloh. Namun, menurutnya, Jokowi sampai saat ini belum pernah menyampaikan keberatan itu.

Baca Juga :  Gibran Rakabuming Membangun Kamuflase Saat Debat Pilpres 2024

“Tentu kalau kemudian munculnya nama Anies ini menjadi masalah, pastilah Pak Jokowi akan menyampaikan itu kepada Pak Surya ketika nama itu muncul,” ujar Ali.

“4 bulan pasca rakernas nama itu diumumkan tidak pernah juga ada rasa protes atau keberatan yang disampaikan Pak Jokowi terhadap nama-nama itu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ali menilai pernyataan dari relawan Jokowi itu sangat subjektif. Dia pun menepis jika Partai NasDem dianggap berbelok arah lantaran mengusung Anies sebagai Capres 2024.

“Kalau hubungannya dengan usulan dari pada relawan itu kan sangar subjektif kalau karena NasDem mendeklarasikan Anies terus dianggap berbelok itu subjektif itu karena ketidaktahuan relawan aja menurut saya,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan di Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Relawan Jokowi menyinggung parpol di koalisi pemerintah yang berbelok arah.

Baca Juga :  Operasi Pasar Murah Sambut Idul Adha 1443 H, Bupati Freddy: Ini Komitmen Saya Untuk Umat Beragama

“Bagi kami relawan Arus Bawah Jokowi, ini adalah wujud komunikasi politik yang perlu terus dilakukan dengan koalisi partai yang masih satu visi. Pak Jokowi memberi pesan bahwa beliau sangat firm, solid dengan Bu Mega, ketika ada barisan koalisi yang sudah mulai berbelok arah,” kata Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas saat dihubungi, Senin (10/10).

Umbas mengatakan Jokowi telah belajar banyak soal kenegarawanan Mega, terutama saat Mega mengalah untuk maju capres dan memberikan ‘tiket’ maju capres ke Jokowi di Pilpres 2014.

“Pak Jokowi juga telah belajar banyak dari sikap kenegarawanan Bu Mega yang tinggi, kesabaran revolusioner yang kuat dan teruji yakni ketika Bu Mega pada tahun 2014 mengalah menjadi capres meskipun beliau ketua umum partai. Untuk kepentingan rakyat, Bu Mega menyerahkan tiket capres PDI Perjuangan kepada kader terbaiknya, Pak Jokowi,” ujarnya.

Baca Juga :  Anies Baswedan Dinobatkan Sebagai Gubernur Terpopuler dan Berpengaruh Tahun 2021

Umbas menilai pertemuan kedua tokoh ini merupakan bentuk konfirmasi sikap politik Jokowi dan Mega selalu sejalan dalam bingkai ideologis. Terkait hal ini, Umbas berharap Jokowi segera melakukan perombakan atau reshuffle kabinet agar pemerintah tetap solid hingga gelaran Pemilu 2024.

“Jadi pertemuan ini bagi kami bukan soal isu apakah membahas isu personal capres antara Ganjar atau Puan, tapi lebih dari itu yakni bentuk konfirmasi sikap politik Pak Jokowi dan Bu Mega selalu dalam bingkai ideologis, seiring sejalan, bukan pragmatisme atau kepentingan temporal,” kata dia.

“Kami berharap Pak Jokowi segera melakukan konfigurasi ulang koalisi termasuk reshuffle dalam kabinet, agar pemerintah hingga 2024 tetap solid, dan konsisten bekerja untuk rakyat, bangsa dan negara,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Admin
Sumber :

Berita Terkait

Muhammad Ilham Berharap Darwis Batubara Dapat Berkolaborasi di Pilkada Deli Serdang 2024
Pengalihan Jembatan PTPN II di Langkat, Diduga Ajang Cari Keuntungan Pribadi
Kunjungi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar, Komite I Akan Perjuangkan Aspirasi Bapas
Resmi Daftar di DPW PKB, Samaun Hegemur Siap Jadi Calon Wakil Gubernur Papua Barat
Safitri Malik Soulisa Optimis Dapat Dukungan dari NasDem di Pilkada Bursel 2024
SBGN Malut Tarik Diri Terkait PHK yang Dilakukan Oleh PT. WP
Bupati Freddy Thie Kembalikan Berkas Pendaftaran Calon Bupati Kaimana ke DPD PDIP Papua Barat
Safitri Malik Daftar di Demokrat, Duet SMS – GES Jilid II Bisa Terjadi

Berita Terkait

Senin, 13 Mei 2024 - 23:46 WIB

Muhammad Ilham Berharap Darwis Batubara Dapat Berkolaborasi di Pilkada Deli Serdang 2024

Senin, 13 Mei 2024 - 22:24 WIB

Pengalihan Jembatan PTPN II di Langkat, Diduga Ajang Cari Keuntungan Pribadi

Minggu, 12 Mei 2024 - 22:30 WIB

Resmi Daftar di DPW PKB, Samaun Hegemur Siap Jadi Calon Wakil Gubernur Papua Barat

Minggu, 12 Mei 2024 - 22:20 WIB

SBGN Malut Tarik Diri Terkait PHK yang Dilakukan Oleh PT. WP

Minggu, 12 Mei 2024 - 16:30 WIB

Bupati Freddy Thie Kembalikan Berkas Pendaftaran Calon Bupati Kaimana ke DPD PDIP Papua Barat

Minggu, 12 Mei 2024 - 16:21 WIB

Safitri Malik Daftar di Demokrat, Duet SMS – GES Jilid II Bisa Terjadi

Minggu, 12 Mei 2024 - 16:17 WIB

Tim Relawan Satu Tujuan, Siap Menangkan Safitri Malik Dua Periode

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:05 WIB

Tim Relawan SMS untuk Buru Selatan Kembali di Bentuk

Berita Terbaru