DaerahEkonomi & BisnisMALUKU UTARA

Assistant Presdir PT. NHM Ungkap Upah Penambang Telah di Tranfer Ke Koperasi TRG

DETIKINDONESIA.CO.ID, TOBELO – Executive Assistant to President Director PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM), Yolanda Sumeisey ungkap protes yang di lakukan Penambang, Tambang Rakyat Gosowong (TRG) terkait upah penambang yang belum di bayar NHM salah sangka.

Bagaimana tidak, kepada media ini Yolanda Sumeisey mengungkapkan bahwa PT NHM memiliki bukti transferan uang sebanyak 27 miliyar ke Koperasi TRG.

“PT NHM telah melakukan transfer uang ke Koperasi TRG sebanyak 27 Miliyar untuk upah penambang di TRG,” ungkap Yolanda via WhatsApp, Rabu (18/01/2023)

Dirinya meminta agar para penambang harus bertanya ke pihak koperasi karena upah telah dibayar lunas oleh PT NHM.

“Seharusnya bapak-bapak penambang bertanya ke Koperasi TRG bukan ke PT NHM, karena perusahaan telah melakukan pembayar upah tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :  Pernah di Penjara Bersama Ir. Soekarno, Jokowi Diminta Segera Tetapkan Mendiang Ismail Digoel Jadi Pahlawan Nasional

Selain persoalan tidak dibayarnya upah penambang oleh Koperasi TRG, kata orang terpercaya media ini yang enggan disebutkan namanya, menyampaikan ada sejumlah masalah lain yang menjadi dasar presdir PT NHM membubarkan Koperasi TRG.

Acuan dibubarkannya Koperasi TRG oleh Presdir PT NHM diantaranya:

  1.  Koperasi TRG mempekerjakan warga diluar lingkar tambang sehingga terjadi pencurian batu emas.
  2. Sesuai perjanjian dengan Presdir PT NHM dengan Koperasi pengambilan keuntungan hanya 2,5 persen namun yang di lakukan Koperasi ada pemotongan 10 persen yang dengan alasan pajak yang sebetulnya pajak telah dibayar oleh PT NHM.
  3. Pengambilan 1 bagian dari hasil yang di dapatkan oleh para penambang.
  4. Menggunakan kelompok kilat yang masuk ke lubang yang hasilnya bagus untuk meraup keuntungan sendiri.
Baca Juga :  Pendataan Awal Regsosek Tengah Berlangsung di Taliabu, Masyarakat di Harapkan Proaktif

Berdasarkan persoalan tersebut, maka PT. NHM merasa hal tersebut merugikan warga lingkar tambang, olehnya itu Presdir PT NHM akan mengambil langkan demi warga setempat untuk membentuk koperasi baru yang dikelolah oleh desa sehingga dapat menguntungkan warga sekitar,” terangnya.(DI/Warno)

Penulis : Warno Hamid
Editor : Saf
Sumber : Yolanda Sumeisey
1 2Laman berikutnya
Tetap terhubung dengan kami:
Rekomendasi untuk Anda
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi untuk Anda