404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

DETIKINDONESIA.CO.ID, TERNATE – 1 Mei 2024 para Buruh atau Pekerja diseluruh dunia termasuk di Indonesia akan memperingati Hari Buruh Internasional atau lazim disebut May Day.

Terkhusus Maluku Utara yang mana Para Buruh dan Pekerja pada May Day umumnya merayakannya dengan unjuk rasa, long march dan orasi-orasi yang bertujuan agar Pemerintah dan Pengusaha selalu memperhatikan nasib dan kesejahteraan para Butuh atau Pekerja.

Ketua Serikat Buruh Garda Nusantara (SBGN) Provinsi Maluku Utara Arman Rajak mengatakan bahwa inilah hari kami yang mana untuk merayakan berbagai hal² yang baik. Tidak terlepas dari itu, kami mengajak kepada seluruh karyawan Maluku Utara dapat memperingati Hari Buruh (May Day) 1 Mei 2024.

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mulai membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Hal ini disampaikan Sekertaris Desk Pilkada Halmahera Selatan, Bahrun Abas dalam konfrensi pers, Kamis (18/4/2024).

“PKB secara resmi membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati kabupaten Halmahera Selatan,” kata Bahrun seraya menyebut PKB telah membentuk tim desk Pilkada Halmahera Selatan 2024 diketuai Julkifli Usman, Sekertaris dirinya dan Bendahara Idham Hi Ibrahim.

Bahrun mengatakan, pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah ini dimulai besok tanggal 19 hingga 26 April 2024.

Pimpinan DPRD DKI Dukung Restorasi Rumah Dinas Gubernur Jakarta

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta mendukung langkah pemerintah daerah yang ingin merestorasi rumah dinas Gubernur di Jalan Taman Surapati Nomor 7, RT 05/05, Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 2024. Pengawas pemerintah daerah itu beranggapan, bahwa kebanyakan rumah dinas yang ada sudah berusia udzur.

“Ya rumah dinas itu rata-rata sudah tua dan banyak hal yang harus diperbaiki,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Khoirudin pada Kamis (18/4/2024).

Khoirudin mengatakan, rumah dinas sudah selayaknya diperbaiki agar para pemimpin di Jakarta bisa tetap bekerja meskipun di rumah. Dia beranggapan, rumah harus dibikin nyaman karena bisa menjadi kantor kedua kepala daerah mengemban tugasnya.

“Saya mendukung untuk itu, biar kantornya 24 jam kaena masalah Jakarta sangat pelk, biar rumah dinas juga bisa berfungsi sebagai kantor,” kata Ketua DPW PKS Provinsi DKI Jakarta ini.

Meski demikian, Khoirudin akan mengecek rencana proyek itu di Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Provisi DKI Jakarta. Pengecekan dilakukan sebagaimana tugasnya mengawasi dan mengontrol kinerja dari eksekutif.

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT – Warga Hinai dikejutkan dengan penemuan sesosok mayat pria yang sudah membusuk didalam parit dekat gudang pupuk Jalan Lintas Sumatera Stabat – Tanjung pura.

Hal tersebut pun dibenarkan Kapolsek Hinai melalui Kanit Reskrim Ipda Sukma kepada awak media ini, Kamis (18/04/2024)

“Benar,” tulis Ipda Sukma, kepada awak media ini, meski belum memaparkan lebih jelas tindaklanjut penemuan mayat tersebut.

Menurut informasi yang himpun media ini, penemuan mayat pria tanpa identitas dengan keadaan terlungkup tepatnya di Dusun Satu Sosial, Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara pada, Kamis (18/04/2024) sekira pukul 09.00 WIB.

Diketahui, penemuan sesosok mayat pria yang memakai celana jeans hitam, baju kaos panjang warna biru dan mengenakan kaos kaki abu-abu dalam posisi terlungkup sudah membusuk dan terlihat kerangka kepala.

Atas penemuan mayat tersebut Kepala Desa Batu Melenggangang, Dedi Saputra melaporkan ke pihak kepolisian Polsek Hinai.

Mendapat informasi tersebut terlihat pihak kepolisian dari Polsek Hinai turun ke lokasi dan saat ini masih dalam proses penanganan pihak kepolisian Polsek Hinai.

Dukung Heru Tuntaskan Banjir, Milenial Jakarta: Gak Usah Dengar Suara Nyinyir

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Solidaritas Milenial Jakarta (SMJ) mendukung langkah pengendalian banjir yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono beserta jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui berbagai program jangka pendek dan jangka panjang.

Koordinator SMJ, Hamzah Arif menyampaikan agar Heru Budi Hartono konsisten melakukan percepatan pengendalian banjir serta mengabaikan suara-suara nyinyir dan meragukan kinerja Heru dalam mengatasi problematika Jakarta, seperti yang muncul di sejumlah platform media sosial.

“Konsistensi dan simultan dalam menjalankan program banjir ini sangat penting dilakukan agar prosesnya tidak terputus. Kalau agenda yang sudah berjalan seperti revitalisasi, penambahan pompa air, normalisasi sungai dan sebagainya berhenti, terputus, maka penyelesaian banjir pun tidak akan pernah selesai,” ujar Hamzah dalam keterangannya, Rabu (17/4/2024).

“Nggak usah dengarkan suara-suara miring yang bernada nyinyir meragukan. Intinya jika sudah yakin, maka teruskan programnya. Jakarta kan kita tahu iklim politiknya sangat tinggi. Hal apapun akan menjadi gorengan isu. Istilahnya, jika bekerja saja digunjing, apalagi tidak bekerja. Padahal kita lihat Pj ini kerjanya nyata,” sambung Hamzah.

Seperti diketahui, program penanganan banjir telah disusun melalui rencana aksi roadmap yang akan menjadi landasan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa upaya penanganan banjir di Jakarta tengah dikebut melalui pembangunan infrastruktur pengendali banjir, seperti waduk atau embung, perkuatan tanggul kali, pembangunan sistem polder atau pompa, serta peningkatan kapasitas drainase kawasan.

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

DETIKINDONESIA.CO.ID, BOGOR – Kabar menyenangkan untuk setiap warga Bogor, pasalnya Dewan Pimpinan Pusat Surosowan Indonesia Bersatu (DPP SIB) melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) mengatakan akan memberikan program layanan konsultasi dan bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu (ekonomi lemah).

Logo Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surosowan Indonesia Bersatu

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP Surosowan Indonesia Bersatu, Tb. Uuy Faisal Hamdan saat dikonfirmasi oleh Media detikindonesia.co.id, Rabu (17/4/2024).

“Pemberian bantuan hukum diberikan secara cuma-cuma (gratis) kepada masyarakat Kabupaten Bogor yang tidak mampu dalam bentuk layanan bantuan hukum litigasi dan non-litigasi,” ujar Uuy, Ketua LBH Pemuda Indonesia DPP KNPI 2017.

Logo Surosowan Indonesia Bersatu

Uuy Faisal Hamdan mengatakan setiap orang berhak mendapatkan perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi apa pun. Namun, faktanya, ketika masyarakat berhadapan dengan hukum mereka tidak bisa bertindak sendirian dan membutuhkan bantuan sesuai undang – undang no 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Logo Kantor Hukum Uuy Faisal Hamdan & Partners

Sebab, tidak semua masyarakat memiliki kemampuan finansial untuk mendapatkan bantuan hukum, khususnya bagi masyarakat miskin atau tidak mampu. Akibatnya, tak jarang mereka menjadi korban atas keputusan hukum yang merugikan hingga akhirnya muncul istilah “hukum tumpul ke atas, namun tajam ke bawah”.

Padahal, keadilan, perlindungan, pengakuan serta perlakuan yang sama di hadapan hukum dijamin dalam Pasal 28D Ayat (1) UUD NRI Tahun 1945.

Ketum DPP SIB, Tb. Uuy Faisal Hamdan saat memberikan edukasi hukum dan pelatihan paralegal

“Bantuan hukum juga sebagai bentuk perlindungan HAM, pemenuhan kebutuhan akses terhadap keadilan dan wujud kesamaan di hadapan hukum (equality before the law),” jelas Ketua Umum DPP SIB.

Seorang Ibu Pinta Hakim PN Cibinong Berlaku Adil

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Seorang Ibu bernama Evi Dellas Oktavia meminta Hakim Pengadilan Negeri Cibinong memutuskan kasus gugatannya secara adil.

“Dan obyektif juga,” kata Evi sapaannya.

Ibu berusia 48 tahun ini menggugat beberapa pihak untuk mengembalikan haknya berupa sertifikat hak milik (SHM) rumahnya.

Ia berharap hakim mengabulkan permohonan gugatannya berupa SHM dan mengganti kerugian immaterial.

“Karena saya sampai terusir dari rumah saya sendiri,” ujar ibu dua anak ini.

Menurutnya peristiwa naas itu berawal dari proses jual beli rumahnya yang dilakukan di 2018.

Saat itu ia bermaksud menjual rumahnya di Taman Pagelaran Ciomas Bogor yang harga pasarannya Rp.700-800 Juta.

“Sepakat 500 juta, karena butuh, saya setuju,” ucap Evi

Ketika ada seseorang bernama Acim berminat membeli rumahnya, Evi pun saat itu jujur kalau sertifikatnya masih ada di salah satu perusahaan multifinance di Ciwaringin Kota Bogor.

Berdasarkan kesepakatan Evi dan pihak yang ingin membeli rumahnya, mereka sepakat melunasi tagihan Evi di perusahaan multifinance tersebut.

“Pembeli ingin melihat sertifikat rumah saya,’ tutur Evi.

Evi datang melumasi ke perusahaan multifinance tersebut bersama perwakilan Acim yang ingin membeli rumahnya.

Evi dijanjikan akan langsung mendapatkan sertifikat rumahnya setelah pelunasan tagihan sekitar Rp.120 juta.

Setelah pelunasan, pihak perusahaan multifinance ternyata tidak langsung memberikan sertifikat rumahnya.

“Dijanjikan keluar 14 hari kerja,” ungkap Evi.

Setelah 14 hari kerja, Evi menanyakan perihal sertifikat rumahnya kepada pihak yang melunasi tagihannya itu.

Namun ia menerima jawaban dari mereka, sertifikatnya sedang diproses.

Sampai pada suatu waktu, ia kaget ada tagihan dari bank lain yaitu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sekar Cibinong

“Sertifikat saya jadi jaminan pinjaman di bank,” ungkap Evi

Ia pun menjelaskan kepada bank tersebut bahwa ia tidak pernah meminjam di bank itu.

Tiga Marga Kasuba Pimpin Halsel Pembangunan Mesjid Raya Tidak Mampu Di Tuntaskan

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL  – Sudah tiga periode kepala daerah di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) berganti, proyek pembangunan Masjid Agung Alkhairat atau Masjid Raya Halsel tak mampu dituntaskan meski telah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah.

Mega proyek yang menguras APBD ratusan miliar ini, tahap awal pembangunannya dianggarkan diakhir periode kedua mantan bupati Muhammad Kasuba yang mana anggaran kontrak pembangunan masjid tersebut melekat di dinas perkerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) Halsel.

Berdasarkan dokumen kontrak pembangunan masjid ini, dianggaran di tahun 2016 dengan nilai kontrak sebesar Rp 50 miliar lebih, namun di refocusing sehingga menjadi Rp. 29 miliar.

Kemudian pemerintahan beralih ke Bahrain Kasuba dan Iswan Hajim. Dipemerintahan Bahrain ini proyek pembangunan masjid raya Halsel dianggarkan di tahun 2017 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 29.950.000.000.

Pembangunan lanjutan masjid ini kemudian melekat di dinas perumahan dan pemukiman rakyat (Disperkim) Halsel, di mana pekerjaan masjid ini dikerjakan oleh PT. Bangun Utama Mandiri Nusa, yang diketahui perusahan tersebut milik mendiang Lutfi dan Lenny Sarif.

Kemudian, di tahun 2018 proyek mangkarak itu kembali dianggarkan melalui dinas yang sama yakni Disperkim dan dikerjakan oleh perusahan yang sama dengan nilai kontrak sebesar Rp. 29.895.736.354.

Selanjutnya, di tahun 2019 Bahrain Kasuba kembali menganggarkan pembangunan lanjutan dengan nilai kontrak sebesar Rp. 9.984.783.000, dengan pihak rekanan CV. Minanga Tiga Satu, perusahan ini juga dikatahui milik Lenni Syarif.

Tak sampai disitu, di tahun 2021 atau di akhir masa jabatan Bahrain Kasuba pembangunan masjid raya alkhairat Halsel kembali dianggarkn dengan nilai kontrak sebesar Rp. 11.018.437.819.82 yang dikerjakan PT. Duta Karya Pratama Unggul, perusahan ini juga diketahui milik Leni Sarif.

Meski begitu, masjid raya yang dianggarkan sejak tahun 2016 hingga 2021 dengab menelan APBD sebesar Rp. 109.848.957.173 belum juga rampung alis mangkarak.

Kemudian, di tahun 2021 pemerintahan berpindah ke mendiang Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba. Dipemerintahan Usman Sidik inilah pembangunan masjid raya dihentikan lantaran dicurigai ada praktik tindak pidana korupsi dalam pembangunan mega proyek tersebut.

Melalui kebijakan mendiang Usman Sidik, proyek tersebut kemudiam dihentekan pengangaranya di tahun 2022-2023. Hal ini bersamaan dengan pendalaman kasus korupsi proyek masjid raya oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara.

DPC Gerindra Halut Buka Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALUT – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak calon Bupati dan Wakil Bupati yang digelar pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Halmahera Utara (DPC Partai Gerindra Halut) telah melakukan Rapat Pembentukan Panitia Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara yang di pimpin Langsung Ketua DPC Partai Gerindra Halut Sofyan M. Saleh Pada pada tanggal 15 April 2024 dini hari.

Dari Hasil Rapat tersebut, telah Memutuskan Ketua Tim Penjaringan Sdr. Rusli Rifai, SH,MH, dan Sekretaris Panitia Irwan M. Saleh, SE.

Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Hj Eka Dahliani Siap Lanjutkan program Mendiang Usman sidik

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan, Hj. Eka Dahliani Usman telah mengambil formulir pendaftaran.

Pengambilan formulir pendaftaran di wakili oleh Irfan Abd Rahim, Hatim Kailul dan Sukardi Sidik (adik kandung mendiang Bupati Usman Sidik). Tiba di sekretariat DPC Gerindra Halmahera Selatan yang bertempat di Jalan Raya Tomori, LO bakal Calon Bupati Hj Eka Dahliani Usman diterima oleh Ketua tim penjaringan, Gafar Tuanany, Sekretaris,  Leonar Hana Salaudin, Ketua OKK DPC Gerindra, Ridha Hasym dan sejumlah pengurus.

Dihadapan LO atau penghubung bakal Calon Bupati, Sekertaris penjaringan, Leonar Hana Salahudin mengatakan, pihaknya merespon baik pengambilan formulir yang diwakili oleh para penghubung dari bakal calon Bupati Hj. Eka Dahliani Usman. “Untuk pengambilan formulir ini bisa diwakilkan tetapi pada pengembalian berkas nanti bakal calon Bupati harus hadir karena ada hal-hal yang harus disampaikan lebih teknis,” tandasnya.

Usai Libur Panjang Idul Fitri, Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Apel Gabungan

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti bersama, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan gelar Apel Gabungan sekaligus silaturahmi pasca Idul Fitri 1445 Hijriyah di halaman Kantor Walikota Tidore, Selasa (16/4/2024)

Apel gabungan tersebut dipimpin lansung Walikota Tidore Kepulauan Capt H. AlI Ibrahim, diikuti Wakil Walikota Muhammad Sinen, para Staf Ahli, Asisten dan Para Pimpinan OPD serta seluruh ASN dan Non ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Di awal arahannya, Walikota menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh ASN dan Non ASN yang mengikuti apel gabungan.

“Saya bersama Wakil Walikota di masa akhir jabatan di tahun ini, menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin. Mari kita tingkatkan kembali tali silaturahmi antar sesama ” ucap Ali Ibrahim.

Wakil Walikota Muhammad Sinen Resmi Tutup Turnamen Futsal Seoul Java 2024

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen menutup Turnamen Futsal Seoul Java Tahun 2024 bertempat di Gedung Olahraga Futsal Seoul Java AbTiga Kelurahan Goto, Senin (15/04/2024).

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dalam sambutan menyampaikan bahwa turnamen Futsal ini merupakan wadah untuk menjaring atlet olahraga di bidang Futsal dari pelatihan pembinaan dan wadah untuk bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas.

“Mari kita terus gelorakan semangat berolahraga, karena dengan olahraga tidak hanya membuat masyarakat kita sehat, dengan olahraga dapat mengangkat harkat dan martabat daerah seiring dengan prestasi yang kita raih” katanya.

Ia menambahkan turnamen diharapkan dapat meningkatkan jalinan silaturahmi antar pemain dan juga untuk mencari bibit-bibit baru untuk dibina menjadi atlet olahraga futsal yang diharapkan mampu berprestasi.

Pengguna Jalan Keluhkan Jalan Lintas Kabupaten yang Bergelombang, ini Kata Pj Bupati Langkat

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT Keluhan sejumlah pengguna infrastruktur jalan yang bergelombang milik pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mendapat respon Pj Bupati Langkat H.M Faisal Hasrimy AP, MA.P.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy menyampaikan akan kami kolaborasikan lebihlanjut.

“Baik, terimakasih info dan etensinya. Akan kami kolaborasikan lbh ljt,” tulis Pj Bupati Langkat, melalui pesan chat kepada Detik Indonesia, Senin (15/4/2024).

Diketahui, infrastruktur jalan bergelombang dan membahayakan pengendara melintas dalam kecepatan tinggi tersebut merupakan salah satu akses yang mendukung dan menunjang guna kelancaran dan memudahkan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.

Keterangan Foto: Lokasi Jalan Lintas Kabupaten yang Bergelombang.

 

 

 

 

 

 

 

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pengendara megeluhkan infrastruktur jalan lintas kabupaten yang bergelombang yang berlokasi tidak jauh dari pondok gudang, Desa Perkebunan Tanjung Beringin, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, yang menghubungkan akses jalan lintas provinsi Sumatera.

Pantauan Detik Indonesia dilokasi, salah satu akses jalan kabupaten untuk menuju wisata Tangkahan ini begelombang diduga akibat penimbunan proyek pemasangan U Ditch atau saluran air yang terkesan asal jadi, bersumber APBD Langkat Tahun 2023.

Seorang pengguna sepeda motor, Usuf (28) mengatakan semulanya pinggiran jalan disitu berlubang. Kemudian ada perbaikan jalan dan pemasangan bis saluran air.

“Tah kenapa, setelah adanya perbaikan jalan dan pemasangan bis disitu. Jalan jadi bergelombang dan bisa saja membahayakan penguna jalan nantinya,” ujar Usuf, Minggu (14/4) lalu.

Ia menambahkan, jalan bergelombang bisa saja membahayakan pengendara sepeda motor maupun roda empat yang melintas dengan kecepatan tinggi, apalagi saat malam hari.

“Bahaya kalau dilewati dengan kecepatan tinggi, apalagi melintas saat malam hari yang minim penerangan lampu, Terkadang pengendara secara tiba-tiba ngerem, kan bisa membahayakan pengguna jalan yang lain,” ketus Usuf, salah satu warga yang sering melintas di jalan tersebut.

Kini sejumlah pengendar sepeda motor pun berharap jalan bergelombang dapat diperbaiki oleh pihak terkait demi kenyamanan bersama.

“Jalan bergelombang itu sangat mengurangi kenyamanan berkendara terlebih pada malam hari. Kami harap dinas terkait di Langkat bisa segera perbaiki jalan yang bergelombang dan
lebih meratahkan,” harap mereka.

Hingga berita ini diterbitakan, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Langkat belum memberi keterangan terkait jalan yang bergombang tersebut.

HUT Ke 916 Kota Tidore Kepulauan, Walikota Ali Ibrahim Janjikan Bangun Tempat Pelestarian Budaya

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Sejumlah program dan kegiatan pembangunan di bidang adat dan pelestarian budaya akan dibangun di tahun 2024. Hal tersebut disampaikan Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim didampingi Wakil Walikota Muhammad Sinen saat didaulat menyampaikan Siloloa atau sambutan pada Upacara Puncak Hari Jadi Tidore ke 916 Tahun 2024 di Kadaton Kesultanan Tidore, Sabtu (13/4/2024).

Mengawali sambutannya, Ali Ibrahim menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang mendalam atas dukungan kuat dan perhatian serius dari semua pihak yang telah ikut mengembangkan adat dan budaya Tidore sebagai bagian dari kekayaan budaya nasional.

Walikota Tidore dua periode ini juga berharap, hari jadi Tidore ke 916 tahun 2024 semakin meningkatkan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan pihak Kesultanan Tidore, dalam upaya menjaga dan melestarikan kearifan lokal di masa mendatang. Olehnya itu, sejumlah program dan kegiatan pembangunan di bidang adat dan pelestarian budaya telah diupayakan, namun masih ada sejumlah kekurangan yang harus ditingkatkan ke depan.

“Di akhir masa jabatan kami bersama Pak Wakil Walikota, Insya Allah di tahun 2024 ini, akan dibangun destinasi wisata di Pulau Maitara melalui dana APBN, Rehab Total Kediaman Eks Gubernur Irian Barat di Kelurahan Tomagoba, pembangunan turab Benteng Tahula Soasio melalui Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 21 Maluku Utara serta Festival Rempah-rempah dan Kampung Rameang,” Tutur Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menambahkan, selain itu, ada satu lagi agenda nasional yang hanya dilaksanakan dua kali di tiap daerah di Indonesia, tetapi Kota Tidore Kepulauan mendapat penghormatan untuk yang ketiga kalinya digelar di tahun 2024, yaitu Festival Musik Marasante melalui Kementerian Pendidikan Nasional.

Pasien Asal Desa Moloku Keluhkan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Saketa

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Salah satu pasien bernama Arman Sanif (18) yang berasal dari Desa Moloku Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut) yang datang ke Puskesmas Saketa mengeluhkan pelayanan kesehatan yang tidak maksimal, Rabu (11/4/2024).

“Pada saat tiba pukul 21.00 WIT, kepala Puskesmas dan Dokter justru tidak berada di tempat mereka lebih memilih mudik dari pada keselamatan pasien”, ujar Arman Sanif.

Salah satu sumber yang tidak bisa di sebutkan namanya menyebutkan bahwa sudah beberapa hari ini kepala Puskesmas Saketadan Dokter sedang tidak berada di tempat.

“Seharusnya tenaga medis di persiapkan untuk melakukan pelayanan kesehatan yang terbaik terhadap masyarakat yang membutuhkannya, bahkan pada saat lebaran jadi tidak di wajibkan untuk libur, boleh libur yang penting tenaga medis / dokter harus bergantian”, ujarnya.

HIMBARA Usulkan Tradisi Lebaran Betawi Antar Kampung Perlu Masuk Warisan Budaya Tak Benda

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Ada tradisi unik di tiap-tiap lebaran khususnya di daerah Betawi seperti di Wilayah Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat. Dimana terdapat tradisi unik yaitu kunjungan mengunjungi mulai dari tanggal 1 sampai 7 Syawal, yang kemudian dikenal dengan istilah Lebaran Betawi Antar Kampung.

Dalam kegiatan Lebaran Betawi tahun ini sangat meriah, didalam kemeriahan Lebaran Betawi ini Ketua Umum Himpunan Masyarakat Betawi Raya (HIMBARA) turut serta dan menyempaikan apresiasi.

Abu Bakar selaku Ketua Umum HIMBARA ditengah pelaksanaan Lebaran Betawi Antar Kampung Duri Kosambi dan sekitarnya mengusulkan, “saya selaku Ketua Umum HIMBARA sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan ini masih berjalan dengan baik dan berharap masuk dalam perda kepada Pemprov DKI khususnya ke Dinas Kebudayaan agar Lebaran Betawi antar kampung yang di daerah Betawi misal di Kosambi ini menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) sebab terdapat nilai-nilai filosofis yang sudah terjadi bertahun-tahun secara turun-temurun , ujarnya.

“Tradisi Lebaran ini ada nilai nilai filosofis seperti:

1. Pertama, filosofi sosial jadi ajang silaturahmi untuk merekatkan kembali keluarga kerabat dan sanak famili sekaligus mengenalkan langsung tradisi kepada anak, cucu, cicit khususnya generasi muda.

Tim Relawan Hj Eka Dahliani Usman Sudah Bentuk Simpul-Simpul Di 30 Kecamatan

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Mantapkan konsolidasi, Relawan Eka Dahliani Usman telah membentuk simpul di sejumlah Kecamatan yang tersebar di sejumlah daerah pemilihan (Dapil).

Ketua Relawan Eka Dahliani Usman kepada wartawan mengatakan, pihaknya intens melakukan komunikasi dengan teman-teman di Kecamatan untuk membentuk simpul pemenangan. Hal itu bertujuan agar Bakal Calon Bupati, Hj Eka Dahliani Usman lebih dikenal dekat masyarakat.

“Sudah terbentuk di sejumlah Kecamatan dan progresnya sangat bagus tinggal dilakukan penguatan saja supaya setelah tahapan pendaftaran KPU dan tahapan kampanye Ibu Hj Eka Dahliani sudah dikenal publik Halmahera Selatan,” tandasnya.

Lebih lanjut Ivan mengatakan, progres di lapangan sangat bagus karena masyarakat masih ingat akan kebaikan almarhum Bupati saat menjabat.

“Banyak program dan kebijakan almarhum masih di ingat oleh masyarakat dan itu menjadi harapan kita, jika Tuhan menghendaki Hj. Eka Dahliani Usman bisa diberikan amanah oleh masyarakat pada Pilkada 27 Nopember 2024 mendatang, beliaulah yang akan melanjutkan program almarhum yang tertunda,”cetusnya.

Walikota Tidore Kepulauan Terima Kunjungan Sekjen Kemendes dan PDTT

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Menerima kunjungan silaturahmi Sektretaris Jenderal Kementerian Desa dan PDTT Taufik Madjid beserta rombongan di Kediaman Walikota Kelurahan Gamtufkange, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim juga turut serta mendaulat rombongan Sekjen Kemendes PDTT untuk menghadiri acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Gurabati, di Kelurahan Tuguwaji, Minggu (14/4/2024).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan tersebut menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekjen Kemendes PDTT dan rombongan pada acara Halal Bi Halal yang digagas oleh Keluarga Besar Gurabati, selain sebagai momentum silaturahmi, juga sebagai wadah mempererat jalinan persaudaraan pasca Pemilu 2024, karena berbeda pilihan.

“Ini adalah momen yang tepat sekali, masih dalam suasana Idul Fitri, marilah kita menjalin silaturahmi dan saling memafkan, kita semua tahu, sebulan yang lalu ada pesta demokrasi, yang tentunya ada perbedaan pendapat, perbedaan pilihan, terkhusus untuk orang Gurabati, di kesempatan ini mari kita saling memafkan satu sama lain dan bersatu untuk saling mendukung,” Tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, Walikota Tidore Kepulauan dua periode tersebut mengatakan, bulan depan sudah memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024, olehnya itu Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengimbau agar Masyarakat Kota Tidore Kepulauan tetap menjaga jalinan silaturahmi, harus bersatu, walaupun ada berbagai macam perbedaan, baik perbedaan pandangan, pendapat dan lain sebagainya.

Poros Muda Golkar Indonesia Apresiasi dan Dukung Kader Terbaik Partai Golkar Banten Untuk Pilkada 2024

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Pilkada serentak seluruh Indonesia akan di laksanakan tanggal 27 November 2024, Poros Muda Golkar ambil bagian dalam mensukseskan Pilkada serentak di beberapa wilayah.

Koordinator Nasional Poros Muda Golkar Indonesia, Tb Uuy Faisal Hamdan mengungkapkan “Poros Muda Golkar Indonesia memiliki kader-kader Golkar, khususnya generasi milenial dan latar belakang profesi yang berbeda sebagai wadah berhimpun para Kader Muda Golkar. Forum kajian dan diskusi yang eksistensinya berada di seluruh Provinsi se-Indonesia,” ungkap Uuy yang juga Pengurus Badan Hukum dan HAM DPP Partai Golkar & Bappilu Tim Advokasi Partai Golkar 2016 – 2019 saat di temui Tim media di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (15/4).

Koordinator Nasional Poros Muda Golkar Indonesia, Tb Uuy Faisal Hamdan

Di Provinsi Banten ada 8 Kabupaten/Kota, adapun kader yang di usung Partai Golkar tentunya sudah berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang bagus dan jelas, para kader terbaik Partai Golkar diantaranya untuk Pilkada Gubernur Banten kandidat yang sudah di persiapkan adalah Dr. Hj. Airin Rachmy, SH, MH M.Kn Calon Gubernur Banten, beliau Walikota Tangerang Selatan dua periode, yang sekarang Calon legislatif Terpilih 2024-2029 Dapil Banten 3 dan juga Ketua Umum PP KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar).

Untuk Pilkada Bupati Kabupaten Pandeglang, Kader Terbaik Golkar Ada Dr. Hj. Adde Rossi Khoirunnisa, S,Sos, M.si Anggota DPR RI Komisi III Fraksi Golkar dan juga Ketua Umum BPP Gerakan Perempuan Mkgr, selain itu ada Tb Erhan Hazrumy (Ketua PD Ampg Pandeglang) dan Fitron Nur Ikhsan Anggota DPRD Provinsi Banten.

Selanjutnya, untuk Pilkada Bupati Kabupaten Lebak, kader terbaik Golkar Ada H. Suparman, SH, M,Si selaku ketua DPD 2 Partai Golkar Kabupaten Lebak dan juga Anggota DPRD Provinsi Banten (Ketua Fraksi Golkar).

Untuk Pilkada Bupati Kabupaten Serang kader Terbaik ada Dr. H. Andika Hazrumy, S,Sos, M.A.P, Wakil Gubernur Banten (2017 – 2022) selaku Ketua Karang Taruna Provinsi Banten dan Ketua DPD Ormas Mkgr Provinsi Banten.

Gambar Logo Lembaga Bantuan Hukum SIB

Untuk Pilkada Kota Serang, kader terbaik Golkar ada Ratu Ria Maryana, Ketua DPD 2 Partai Golkar Kota Serang yang juga Pimpinan DPRD Kota Serang saat ini berpeluang besar untuk menang dalam kontestasi Calon Walikota Serang pada November 2024 mendatang.

Untuk Pilkada Kota Cilegon ada Ratu Ati Marliati kader Golkar Terbaik yang siap berkontestasi di Pencalonan Walikota Cilegon yang saat ini menjabat Ketua DPD 2 Partai Golkar Kota Cilegon.

Ketua Umum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Minta Pemerintah Segera Mekarkan Kab. Bogor Barat

DETIKINDONESIA.CO.ID, BOGOR – Sejumlah tokoh elemen masyarakat meminta, Pemerintah dapat mendukung percepatan pembentukan/pemekaran Kabupaten baru yaitu Bogor Barat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum DPP Surosowan Indonesia Bersatu, sekaligus Kaukus Presidium Forum Masyarakat dan Pemuda Bogor Barat, Tb Uuy Faisal Hamdan, kepada detikindonesia.co.id. Senin (15/4/2024). Menurut Uuy Faisal Hamdan, Bogor Wilayah Barat menjadi isu seksi untuk menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

 

Gambar Logo Surosowan Indonesia Bersatu (SIB)

“Representasi para tokoh muda dan tokoh masyarakat antusias terkait isu pemekaran. Secara geografis Bogor Barat representatif untuk pemekaran Kabupaten meliputi 14 Kecamatan juga potensi sumber daya Alam aneka tambang daerah parawisata dan daerah Agraris (Pertanian, perkebunan)”, jelasnya.

“Bogor Barat di lihat dari perspektif kajian diskusi pendapatan asli daerah hampir di angka 400 milyar kemudian dari berbagai potensi yang ada, namun yang paling utama pemekaran ini dapat memperkuat serta mendapatkan pelayanan kepada masyarakatnya,” tutur Uuy yang berprofesi sebagai Advokat dan Pengurus KAHMI (Korps Alumni HMI) Nasional.

Lebih lanjut menurut Uuy Faisal Hamdan, desakan percepatan pemekaran Kabupaten Bogor Barat bukan sekedar gimik akan tetapi akan di tempuh mekanisme yang ada.

“Kami akan bersilaturahmi dalam waktu dekat dengan Ketua Komisi 2 DPR RI, Ketua DPD RI, dan Ketua MPR RI,” tegasnya.

Gambar Logo Forum Masyarakat dan Pemuda Bogor Barat (Formap Bogbar)

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Saprudin, Mantan Kades Cibadak, Bogor Barat. Ia menjelaskan perlunya tindak lanjut pengembangan dan tata kelola yang lebih baik dan mandiri di Bogor Barat, juga para putera daerah bisa tampil berpeluang besar untuk duduk di legislatif dan eksekutif.

“Pada waktu saya menjabat kepala desa pertumbuhan dan pemerataan pembangunan di wilayah Bogor Barat sangat lambat di banding wilayah Bogor Timur, Bogor Utara dan Bogor Selatan, sehingga keinginan pemekaran Kabupaten Bogor Barat menjadi terwujud sudah dari sejak tahun 2000 an”, tutur Saprudin mantan Kepala Desa Cibadak dan juga Keluarga Besar Ormas Surosowan Indonesia Bersatu.

Mantan Kades Cibadak – Saprudin

Di tempat terpisah, Suparman selaku Ketua LBH Surosowan Indonesia Bersatu Kabupaten Bogor juga angkat bicara, kajian dan diskusi pertemuan Para Tokoh masyarakat sudah di lakukan dari sejak awal, akan tetapi follow upnya harus bisa terwujud sampai definitif di sahkannya legitimasi oleh pemerintah. Tutup

Pengendara Keluhkan Jalan Kabupaten yang Bergelombang Menujuh Wisata Tangkahan di Langkat

Keterangan Foto: Lokasi Jalan Lintas Kabupaten yang Bergelombang.

Keterangan Foto: Lokasi Jalan Lintas Kabupaten yang Bergelombang.

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT – Sejumlah pengendara keluhkan kondisi jalan lintas Kabupaten yang bergelombang tidak jauh dari Pondok Gudang Desa Perkebunan Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang menghubungkan jalan lintas provinsi Sumatera.

Pantauan Detik Indonesia dilokasi, salah satu akses jalan menuju Ekowisata Tangkahan ini begelombang tidak tentu arah diduga akibat penimbunan dari proyek pemasangan U Ditch atau saluran air bersumber APBD Langkat Tahun 2023 yang terkesan asal jadi.

Seorang pengguna sepeda motor, Usuf (28) mengatakan semulanya pinggiran jalan disitu berlubang. Kemudian ada perbaikan jalan dan pemasangan bis saluran air.

“Tah kenapa, setelah selesai perbaikan jalan dan pemasangan bis disitu. Jalan jadi bergelombang yang bisa saja membahayakan penguna jalan,” ujar Usuf, Minggu (14/4/2024).

Ia menambahkan, jalan bergelombang bisa saja membahayakan pengendara sepeda motor maupun roda empat yang melintas dengan kecepatan tinggi, apalagi saat malam hari.

“Bahaya kalau dilewati dengan kecepatan tinggi, apalagi melintas saat malam hari yang minim penerangan lampu. Terkadang pengendara secara tiba-tiba ngerem, kan bisa membahayakan pengguna jalan yang lain,” ketus Usuf, salah satu warga yang sering melintas di jalan tersebut.

Kini sejumlah pengguna jalan pun berharap, agar jalan yang bergelombang dapat diperbaiki oleh pihak terkait demi kenyamanan bersama.

“Jalan bergelombang itu sangat mengurangi kenyamanan berkendara, terlebih pada malam hari. Kami harap dinas terkait di Langkat bisa segera perbaiki jalan yang bergelombang dan
lebih meratahkan,” harap mereka.

Hingga berita ini diterbitakan, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Langkat belum memberi keterangan terkait jalan yang bergombang tersebut.

Ketika Mengikuti Hadrah, Bupati Freddy Thie Disambut Remaja Gereja Rehobot

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Bupati Kabupaten Kaimana, Freddy Thie ikut dalam ritual rutin yakni Hadrah pada 11 April 2024. Menariknya, selain disambut oleh rombongan hadrah keliling kota, ia juga disambut dengan kidung rohani oleh pendeta, remaja Katolik serta remaja Gereja Rehobot.

“Penyambutan dengan kidung rohani oleh ibu Pendeta dan Remaja Gereja Rehobot ini sebagai bukti bahwa hajat hadrah ini merupakan momentum seluruh umat lintas agama untuk saling bersilaturahmi,” ujarnya.

Sebab, bagi Bupati yang disapa Kaibus itu bahwa keragaman agama yang ada di Kaimana ini sebagai sebuah anugerah dari Tuhan yang hendak dijaga keberlangsungannya.

Bupati Bassam Kasuba Dinilai Bohongi Masyarakat Soal Pembagunan Lanjutan RSP Makian

DETIKINDONESIA.CO.ID, LABUHA – Rupanya Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba hanya Pemberi Harapan Palsu (PHP) kepada Masyarakat Kecamatan Pulau Makian atas pembangunan lanjutan Rumah Sakit Pratama (RSP).

Pasalnya, janji Bassam Kasuba bahwa akan menganggarkan Rp 20 Miliar melalui APBD Tahun 2024 untuk pembangunan lanjutan RSP di Pulau Makian hanya isapan jempol belaka.

Selain RSP, janji pembangunan Jalan Utama di Kecamatan Pulau Makian terancam gagal.karena tahun 2024 tidak ada alokasi anggaran untuk kegiatan fisik jalan maupun Pembangunan lanjutan RSP tersebut.

Berdasarkan penelusuran di LPSE Kabupaten Halmahera Selatan terpampang jelas tidak ada kegiatan fisik jalan maupun RSP Pulau Makian Tahun Anggaran 2024.

Sementara Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 tidak terdapat pembangunan RSP Pulau Makian seperti yang di janjikan Bupati Bassam Kasuba senilai 20 Miliar juga dibenarkan oleh Wakil Ketua DPRD Halmahera Selatan Muslim Hi. Rakib pada beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal ini, Maskur Hi. Latif Warga Pulau Makian menilai Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba, mestinya mampu bertanggung jawab atas apa yang di janjikan ke masyarakat Kecamatan Pulau makian.

Artis Lula Kamal Masuk Kandidat Cagub DKI Jakarta Lewat PAN

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta akan segera digelar 27 November 2024 mendatang. Dari Partai Amanat Nasional (PAN) mulai muncul nama-nama yang akan digadang-gadang sebagai Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta (Bacagub).

Diantaranya dari PAN ada nama Zita Anjani Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta/Ketua Badan Saksi Nasional (BSN) DPP PAN dan Eko Patrio Ketua DPW PAN DKI Jakarta/Anggota DPR RI. Kemudian muncul nama dr. Lula Kamal selaku Dokter, Artis dan Presenter TV yang juga Politisi PAN.

Dokter Lula Kamal sapaan akrabnya, muncul sebagai Bacagub DKI Jakarta dari basis kultural PAN. Banyak para relawan, sahabat dan kolega PAN memasukkan  namanya sebagai kandidat yang di perhitungkan.

“Dokter Lula Kamal adalah sosok perempuan yang memiliki karakter kuat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia banyak didukung basis-basis kultural PAN, Muhammadiyah-NU, kalangan artis dan tenaga kesehatan dokter dan perawat,” kata Syafrudin Budiman SIP Ketua Relawan Lula Kamal Fans (LKF) kepada awak media, Sabtu (13/4/2024) di Jakarta.

Ketua Umum Relawan Prabowo – Gibran Barisan Pembaharuan 08 (BP 08) ini menilai dr. Lula Kamal memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni. Bahkan katanya, dr. Lula Kamal memiliki integritas dan komitmen dalam dunia kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

“Nama Dokter Lula Kamal memiliki jaringan yang luas dengan segudang pengalaman. Sosok dirinya juga sudah famous terkenal di Jakarta, sebab sejak dini meniti karir keartisan dan dunia kedokteran di Jakarta,” ucap Syafrudin Budiman Politisi Muda PAN ini.

Rayakan Idul Fitri 1445 H Bersama Keluarga, Surijaty Gelar Open House

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Ketua Umum Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti), Surijaty Aminan mengadakan acara open house di kediamannya bilangan Jakarta Barat. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk ucapan syukur dan toleransi dalam umat beragama, Rabu (10/4).

Surijaty mengatakan bahwa setiap hari raya keagamaan selalu mengadakan acara di keluarganya karena dirinya memberikan kebebasan kepada anggota keluarganya untuk memeluk kepecayaan yang diyakini masing-masing.

“Jadi setiap hari raya apapun kita selalu bikin acara di rumah. Kebetulan anak-anak saya juga berbeda-beda agamanya, ada yang Khatolik, Kristen, Budha, dan Islam,” jelasnya.

Meskipun demikian, Surijaty mengakui dirinya tidak pernah melarang atas keyakinan yang dianut oleh anak-anaknya, karena baginya yang terpenting adalah bisa melihat keluarganya bahagia dalam menjalani hidup.

“Saya memberikan kebebasan dan tidak melarang anak-anak untuk memilih keyakinan mereka selama itu baik dan bisa membuat mereka bahagia. Saya percaya semua agama mengajarkan kebaikan, jadi biarkan kita lebih meningkatkan saja toleransi dalam beragama,” akunya.

Perempuan yang gemar melakukan kegiatan sosial (Surijaty) itu juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

“Indonesia merupakan negara Bhineka Tunggal Ika, dimana beraneka ragam budaya, adat, dan agama namun memiliki satu tujuan, yaitu menjaga NKRI damai dan sejahtera. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia benar-benar dapat bergandeng tangan dan saling menghargai antar umat beragama,” ajaknya.

Pada acara yang dihadiri oleh keluarga, kerabat, teman, dan relasi terdekat, Surijaty juga mengucapkan, “Minal Aidin Walfa Idzin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Meski Hanya Menjabat 3 Tahun, Bupati Freddy Thie Pastikan Selesaikan Visi-Misi

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Meskipun hanya menjabat selama 3 tahun, Bupati Kabupaten Kaimana Freddy Thie memastikan akan menyelesaikan janji-janji kampanyenya sebagaimana tertuang dalam visi-misi dan program unggulannya. Hal itu ia sampaikan ketika berkunjung ke kampung Waromi dan sejumlah kampung di Distrik Arguni Atas.

“Dengan keterbatasan masa jabatan saya yang seharusnya lima tahun menjadi tiga tahun, saya berkomitmen untuk janji dalam visi misi harus saya tunaikan,” jelasnya.

Dengan keterbatasan tersebut, ia menjelaskan kepada masyarakat bahwa tidak semua keinginan di kampung harus dipenuhi.

Mahyudin Gagas Pembangunan Kaltim Yang Menyeluruh dan Sinkron Dengan IKN

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin akan menerapkan strategi pembangunan secara menyeluruh sekaligus sinkron dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, jika terpilih menjadi gubernur Kaltim pada Pilkada 2024 mendatang. Menurutnya, pembangunan di Kaltim harus menyeluruh sekaligus sinkron dengan kemajuan pembangunan IKN yang berlokasi di wilayah Kaltim.

“Misalnya kondisi saat ini di Kota Balikpapan yang sudah ramai dan macetnya banyak ruas jalan, akibat banyaknya pendatang. Tentu akan tambah macet lagi jika ada migras besar-besaran penduduk ke IKN yang diperkirakan sekitar 4 juta orang,” katanya, saat menggelar buka puasa bersama tokoh masyarakat Kaltim, di Paser, Kamis (4/4/2024).

Komite IV DPD RI Minta RPJPN 2025-2045 Munculkan Pertumbuhan Ekonomi Baru

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Komite IV DPD RI meminta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045 harus mampu membuat pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa lebih berkembang. Hal tersebut bertujuan agar mengurangi kesenjangan pembangunan sarana dan prasarana dasar antara Pulau Jawa, dan wilayah di luar Jawa.

“RPJPN harus mampu membuat pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa menjadi lebih berkembang secara signifikan melalui investasi dalam infrastruktur dasar seperti jalan, listrik, dan air bersih,” ucap Wakil Ketua Komite IV DPD RI Elviana saat Sidang Paripurna Ke-10 di Gedung Nusantara V Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (5/4/24).

Komite I DPD RI Beri Catatan Penting Atas Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Komite I DPD RI beri rekomendasi dan catatan penting atas pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komite I Filep Wamafma pada Sidang Paripurna ke-10 DPD RI Masa sidang IV Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (5/4/2024).

FIlep melaporkan, melalui pengawasan Komite I menemukan banyak permasalahan yang terjadi pada masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan juga persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu, ditemui juga adanya penggunaan sumber daya negara untuk kepentingan politik, serta pelanggaran kampanye dan masa tenang, pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri maupun penyelenggara pemilu. Masih juga marak praktik money politics (politik uang) yang terjadi dalam setiap penyelenggaraan tahapan Pemilu.

BPP IPMI dan PPKL & AB Memberi Santunan Kepada Anak Yatim dan Dhuafa di Depok

DETIKINDONESIA.CO.ID, DEPOK – Badan Pimpinan Pusat Ikatan Pengusaha Milenial Indonesia (BPP IPMI) dan DPP Perkumpulan Pedagang Kaki Lima & Angkutan Barang melakukan Santunan anak yatim dan Dhuafa di Pondok Alhuda, Kota Depok, Minggu (7\4\2024).

Acara santunan bersama dimulai pada pukul 16.30 s/d Selesai, yang bertempat di pompes alhuda dan suara islam.

Menurut Gus Huda, Selaku Ketua Umum DPP PPKL & AB bahwa dalam rangka momentum bulan suci ramadhan, kita tetap menjadi manusia yang memiliki mahluk sosial lainya, agar kita selalu melihat ada orang – orang di samping kita yang mereka membutuhkan diri kita semua, semoga apa yang kami lalukan bisa menjadi keberkahan hidup orang lain”. Kata Gus Huda, Yang Juga Tokoh Jawa Barat ini.

Mahyudin: Bismillah, Saya Siap Maju di Pikada Kaltim!

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin menyatakan siap maju sebagai gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), dalam perhelatan Pilkada Provinsi Kaltim 2024 mendatang. Hal itu disampaikannya saat menggelar acara buka puasa bersama dengan para tokoh masyarakat Kaltim, di Balikpapan, Selasa (2/4/2024).

“Kebetulan saya sudah bertemu dengan ibu saya untuk meminta restu maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Kaltim, dan insya Allah beliau merestui. Jadi bismillah saya siap maju dalam Pilkada Kaltim 2024,” tegasnya.

Pahami Kebutuhan Hari Raya, Eki Pitung bagikan Ratusan Paket Sembako pada Ormas Pendukung Bamus Betawi

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang Hari Raya IdMeul Fitri 1445 H, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Musyawarah (Bamus) Betawi membagikan 300 paket sembako kepada pengurus dan pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas) Betawi sebagai bentuk kasih sayang dari ladang ibadah di Bulan Suci Ramadhan di Kantor Sekretariat Bamus Betawi, Rukan Permata Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (7/4/24).

Hai itu dibenarkan oleh Ketua Umum Bamus Betawi, Muhammad Rifky atau yang akrab dipanggil Eki Pitung saat di datangi oleh awak Detik Indonesia di kediamannya wilayah Jakarta Barat, Senin (8/4) malam. 

“Kami dari Bamus Betawi memberikan paket lebaran berbentuk sembako. Hal ini akan selalu menjadi dedikasi Bamus Betawi menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk para pengurus dan pimpinan ormas Betawi,” ujar Eki yang juga sebagai Tenaga Ahli Direksi PD Pasar Jaya.

Eki menyampaikan dirinya sangat mengucap syukur dapat berbagi dengan para ormas di bulan penuh rahmat ini.

“Ya Alhamdulillah bisa dapat berbagi dan sedikit meringankan teman-teman Betawi menjelang hari raya,” katanya.

Dirinya (Eki) juga berharap agar di Balan Suci Ramadhan ini seluruh Ormas Betawi dapat bersatu dan saling membuka pintu maaf untuk tetap menjaga silaturahi demi memajukan dan melestarikan Kebudayaan Betawi.

“Semoga di bulan penuh ampunan ini, kita semua sebagai Ormas Betawi dapat bersatu dan bergandeng tangan demi memajukan dan meletarikan peninggalan dari para leluhur kita Kebudayaan Betawi,” harapnya.

Eki menambahkan bahwa paket lebaran tersebut merupakan hasil kerjasama antara Bamus Betawi dengan PD Pasar Jaya dan Food Station di Bulan Ramadhan.

“Kami juga ucapkan terima kasih pada PD Pasar Jaya dan Food Station yang telah menyalurkan paket lebaran kepada Bamus Betawi, semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berjalan dengan baik kedepannya,” tutupnya.

Bupati Freddy Thie: Bapak Lampiu Sudah Bikin Baik, Anaknya Harus Lebih Baik

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Bupati Kabupaten Kaimana, Freddy Thie menepis isu mengenai pembangunan yang dibeda-bedakan ketika berkunjung ke kampung Ukiara, Distrik Arguni Bawah. Ia menjelaskan bahwa dirinya setelah dilantik menjadi Bupati Kaimana, dirinya melepaskan segala bentuk perbedaan pilihan politik.

“Saya dipilih bukan untuk menjadi Bupati bagi orang-orang yang memilih saya saja. Melainkan menjadi bupati untuk seluruh masyarakat Kaimana,” tegasnya.

Sehingga berbagai program yang dicanangkan selalu diupayakan untuk menyentuh seluruh masyarakat. Sebab pengabdian untuk Kaimana merupakan kerinduan dan keinginannya sejak dulu.

Kampung Furnusu Akan Mendapatkan Bantuan Masjid 200 Juta

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Ketika mengunjungi kampung Furnusu di Distrik Arguni, Bupati Freddy Thie bertemu dengan masyarakat. Dalam kesempatan bersosialisasi tersebut, ia mendapat usulan mengenai kendala pembangunan masjid di kampung Furnusu tersebut.

Mendengar hal tersebut, orang nomor satu di Kaimana itu langsung bertanya kepada masyarakat mengenai kebutuhan kekurangan anggaran pembangunan.

“Kira-kira berapa kebutuhan yang masih kurang untuk pembangunan masjid ini bisa diselesaikan? Sehingga kita bisa segera tindak lanjuti,” tanya Bupati Freddy Thie kepada masyarakat.

Bupati Freddy Thie: Tahun Ini, Warwasi dan Bofuwer Dapat Program 4 Milyar

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Bupati Freddy Thie dalam kunjungan kerja ke beberapa kampung di Distrik Arguni Atas, ia menyampaikan bahwa di tahun 2024 ini akan masuk program 4 milyar per kampung untuk rehabilitas rumah. Program 4 milyar per kampung ini akan masuk di kampung Warwasi dan Bofuwer.

“Tahun 2024 ini, akan masuk program 4 milyar tepatnya di kampung Bofuwer dan Warwasi. Secara detail, kampung Warwasi akan mendapat sebanyak 27 rumah, dan kampung Bofuwer sebanyak 24,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, ia mendapat masukan dari masyarakat mengenai sejumlah pekerjaan di beberapa kampung yang belum selesai. Khususnya berkaitan dengan pekerjaan program rehab rumah.

56 Napi Lapas Kelas III Labuha Dapat Remisi Idul Fitri

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Lembaga pemasyarakatan kelas III Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut), mengusulkan 56 Narapidana remis khusus (RK) Hari Raya idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala lembaga pemasyarakatan kelas III Labuha, Supriyanto,A.Md.,I.P.SH, menyampaikan bahwa jumlah penghuni Narapidana Lapas 92 orang dari jumlah tersebut 56 orang yang berhak mendapatkan remisi lebaran Idul Fitri.

Terminal Pasar 10 Tanjung Beringin mulai di padati Pemudik

DETIKINDONESIA.CO.ID,LANGKAT– Akhir pekan menjelang Lebaran 2024, Terminal Bus Pasar 10 Tanjung Beringin, Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mulai dipadati para pemudik, Minggu (7/4/2024).

Pantauan Detik Indonesia dilokasi pukul 11.30 WIB, H-3 Lebaran 2024 para pemudik dengan barang bawaan seperti tas, koper, hingga kardus-kardus berisi berbagai barang yang akan dibawa menuju kampung halaman mulai memadati area tunggu dan halaman terminal.

Di area terminal, tampak sejumlah bus antar kota antar provinsi (AKAP) sudah berjejer rapi. Para penumpang pun turun-naik bus sesuai dengan tujuan mereka.

Salah satu pemudik yang dijumpai, Raka (23) yang hendak turun melakukan perjalanan dari Pekan Baru mengatakan dirinya sengaja memilih mudik menggunakan bus.

“Lebih memilih bus, sebab aksesnya cukup mudah. Pemudik bisa membeli tiket secara langsung tanpa jadwal dan jadwal keberangkatan bus pun cukup banyak,” ketusnya.

Komandan Regu Terminal, Junaidi mengatakan kepadatan penumpang memang terasa pada hari ini. Ini menyebut jumlahnya pun meningkat dibanding hari-hari sebelumnya.

“Ini sudah kenaikan. Dibanding kemarin hari kemarin,” ujar pria yang akrab disapa Juned, kepada Detik Indonesia.

Ia pun memprediksi kepadatan penumpang bakal terjadi pada hari ini Senin (8/4) besok, dikarenakan libur sekolah juga tidak bersamaan.

“Untuk jurusannya banyak ada yang ke Pekan Baru, Palembang, Dumai, Ujung Batu, dan Bagan Siapi-api. Jadi dari pagi sampai sore Insya Allah selalu ada kenaikan pemudik,” tutupnya.

Kunker Ke Sumun, Bupati Freddy Thie Tegaskan Anak Negeri Harus Bangun Negeri

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Dalam kunjungan kerja sekaligus safari ramadhan ke kampung Sumun, Bupati Freddy Thie mendengar keluhan dari masyarakat berkaitan dengan kedisiplinan tenaga guru dan kesehatan. Sejumlah masyarakat mengeluh karena guru dan nakes sering meninggalkan tempat tugas.

Mengetahui kondisi tersebut, Bupati Freddy Thie dengan tegas menyampaikan tidak segan untuk memecat ASN yang tidak disiplin dalam menjalankan amanah PP 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“PP 94 jelas disitu ada teguran satu, teguran dua, teguran tiga. Kalau tidak ikuti, tahan gaji. Bahkan kalau ada usulan untuk kita pecat, saya tidak segan untuk pecat,” tegasnya.

Bupati Freddy Thie Upayakan Absensi Tenaga Guru dan Nakes Menggunakan Sidik Jari

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Ketika mengunjungi kampung Seraran dalam agenda safari ramadhan dan kunjungan kerja, Bupati Freddy Thie didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Raay Ratu D. Come mendapat keluhan mengenai masalah pendidikan. Menurut masyarakat, banyak tenaga guru yang sering meninggalkan tempat tugas.

Mendengar hal tersebut, Bupati Freddy Thie meminta kepada kepala dinas agar memberikan perhatian serius. Ia berharap agar ada perubahan besar yang mestinya diambil oleh kepala dinas. Sebab dirinya berkeinginan kuat untuk terus membenahi sektor pendidikan di Kaimana.

“Saya punya keinginan yang kuat untuk melakukan transformasi yang besar di sektor pendidikan di negeri ini. Sehingga hal-hal mengenai ketidakdisiplinan tenaga guru ini saya minta pak Kadis segera membereskannya,” ujar Bupati Freddy.

AHS Desak Oknum anggota KPU, PPK dan Panwas Kembalikan sisa Uang

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Abu Hi Sale yang di ketahui sala satu peserta calon anggota legislatif (Caleg) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dari partai Nasdem nomor urut 2, Kembali mendesak kepada Sala satu oknum anggota KPU Halsel dan sejumlah anggota PPK dan Panwas, agar segera mengembalikan uang yang diambil pada saat jelang pemilihan legislatif kemarin.

Melalui media ini, AHS, Mendesak, Oknum anggota KPU Halsel dengan inisial HR dan sejumlah anggota PPK kayoa utara, kayoa induk, dan makian Barat agar mengembalikan uang yang di ambil pada saat menjelang hari H pencoblosan.

“Menurut AHS ini instruksi oknum anggota KPU Halsel maka, dia Harus ikut bertanggung jawab, paling tidak menghubungi anggota PPK tersebut untuk segra mengembalikan uang yang di ambil.

Ia juga mengatakan bahwa, anggota PPK yang telah mengambil uangnya dengan menjanjikan bakal mendongkrak suara Anggota PPK kayoa induk,yang menerima uang di antaranya Fadli Ridwan dan Safrudin Sukir, senilai Rp 30 juta,

Di Tamba lagi anggota PPK kayoa utara, saiful dan Alfan seniali Rp 20 juta, sementara anggota PPK Makian barat atas nama Fahmi senilai 35 juta.

Kaimana: The City of Tolerance

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Di balik keindahan senja yang memikat hati, di bulan Suci Ramadhan kali ini, Kaimana memancarkan sinar kedamaian, harmoni, dan toleransi yang tinggi, yang tidak kalah dari kota lain yang lebih dulu melabeli diri sebagai “The City of Tolerance”. Kehidupan toleransi di Kaimana bukan sekedar slogan, apalagi kata-kata kosong. Kehidupan toleransi di Kaimana benar-benar nyata adanya, menggambarkan sebuah lukisan yang memesona, di mana berbagai suku, kepercayaan dan keyakinan bersatu dalam kebersamaan yang hangat.

Kamis, 4 April 2024, kolaborasi antara Remaja Masjid dan Pemuda Gereja menampilkan adegan memesona di tengah masyarakat. Dalam pelukan Senja sore itu, jiwa-jiwa muda ini berbagi Takjil dan Telur Paskah di tempat yang sama, sambil menampilkan Tarian dan Nyanyian yang mencirikan keyakinan mereka masing- masing. Inilah gambaran nyata tentang bagaimana keberagaman dalam keyakinan bisa menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi sebuah komunitas.

Kala senja itu perlahan turun, kalimat suci bersahutan dari Masjid, tokoh-tokoh lintas agama, remaja masjid dan pemuda gereja, Saya undang ke Rumah Negara untuk Berbuka Puasa bersama. Diawali dengan Doa dan Tausyiah singkat tentang keberkahan Ramadhan untuk seluruh umat manusia tanpa terkecuali, Buka Puasa Bersama dan Sholat Magrib Berjamaah bagi Basudara Muslim.

Setelah itu, Kami kembali menyaksikan penampilan penampilan memukau dari Remaja Masjid berupa Tarian Qosidah dan Keroncong Nelon dari Pemuda Gereja. Lalu ditutup dengan pemberian santunan untuk Anak-Anak Yatim. Salahsatu saudara Muslim Saya berbisik “Pak Bupati, ini malam Jumat terakhir di Bulan Ramadhan dan kebetulan ini malam ganjil, yang dalam keyakinan kami sebagai malam Lailatul Qodar. Semoga negeri ini senantiasa mendapat berkahNya Pak Bupati”. Saya jawab “Amin”.

Sikapi UU DKJ, Himbara Minta Pemerintah Libatkan Masyarakat Betawi di Kawasan Aglomerasi Jakarta

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Menyikapi telah diundangkannya Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) sebagai akibat berpindahnya Ibukota Negara dari Provinsi DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Maka warga Betawi harus mempersiapkan dirinya dalam menghadapi perubahan Jakarta utamanya perluasan kawasan pengembangan Jakarta yang dikenal dengan Aglomerasi.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Himpunan Masyarakat Betawi Raya (Himbara), M. Abu Bakar Maulana pada siaran persnya yang dilayangkan pada Jumat (5/4/2024).

Dalam keterangannya, dia menyampaikan apresiasi kepada semua tokoh, ormas dan elemen-elemen Kaum Betawi yang telah memperjuangkan aspirasi Kaum Betawi sehingga lahir Lembaga Adat dan Kebudayaan Betawi serta Dana Abadi Kebudayaan dalam UU DKJ.

“Tidak hanya itu, tapi juga meminta agar Dewan Kawasan Aglomerasi melibatkan masyarakat Betawi dalam Penyusunan Rencana Induk Aglomerasi,” katanya.

Demi Buru Selatan Maju, Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa Hadir di Forum Konsultasi Publik

DETIKINDONESIA.CO.ID, NAMROLE – Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa melanjutkan di Hari Ke-2 RPJPD Buru Selatan 2025-2045.

Mimpi Buru Selatan 20 Tahun Akan Datang yang lebih baik dan maju.

Ibu Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa Tokoh Majemuk dan Berbinekha diterima semua Etnis dan Budaya.

“Semangat Membangun Negeri” Opo Barkate. Muan Modan Baheren. Tutup

Membuka Acara Forum Konsultasi Publik, Bupati Sampaikan Ini

DETIKINDONESIA.CO.ID, NAMROLE – Bupati Buru Selatan Hj. Safitri Malik Soulisa, S.IP. M.Si buka Forum konsultasi publik Rancangan awal rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Buru Selatan Tahun 2025, (21/3/2024)

Tema Kegiatan : “Penguatan Pembangunan Infrastruktur wilayah dalam rangka Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Reformasi birokrasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat ”

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Buru Selatan dan di hadiri oleh Wakil Bupati Buru Selatan, SEKDA Buru Selatan, Para Asisten SEKDA, Anggota DPRD Buru Selatan, Tim Percepatan Pembangunan Daerah Buru Selatan, serta Para Pimpinan OPD. Tutup

Bupati Buru Selatan Teken MoU Bersama Universitas Pattimura Ambon

DETIKINDONESIA.CO.ID, AMBON – Bupati Buru Selatan Hj. Safitri Malik Soulisa, S.IP., M.Si. Menandatangani Nota Kesepahaman antara Kabupaten Buru Selatan dan Universitas Pattimura Ambon, (28/3/2024).