Dalam Menyambut Imlek 2022, MJC Mengangkat Isu Kaum Termarjinalkan di Acara Haul Gusdur ke-12

Minggu, 30 Januari 2022 - 22:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Musik Jalanan Center (MJC) bersinergi dengan Gusdurian Sunter Jaya turut memperingati acara Haul Gusdur ke-12 dalam Do’a Lintas Agama, sekaligus menyambut perayaan Imlek 2022 di Basecamp MJC, Jalan Sunter Bentengan VIII No. 3, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (30/1/2022).

Pasalnya, di tahun ini perayaan Haul Gusdur ke-12 yang di peringati secara Internasional tersebut memberikan nuansa yang berbeda dari biasanya.

Dengan mengusung tema “Gusdur Pemersatu Bangsa dan Kaum Termarjinalkan”, acara tersebut menyajikan berbagai unsur, seperti Kesenian, Budaya, Keagamaan, Suku dan Ras, Komunitas serta kaum yang termarjinalkan yang dirajut menjadi kesatuan sehingga memberikan warna tersendiri selama acara berlangsung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Umum Perwanti Surijaty Aminan, Gus Memed Srimulat, Priyo Sambadha (Aspri Gusdur), Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) Gus Abdulah Wong, Budayawan dan Penyair Amien Kamil, Tokoh Agama Muda Sunter Jaya Ustad Abdul Jalil, Ketua Majelis Ta’lim Bahrul ‘Ulum Gus Windu, Ketua Umum Paguyuban Tahu Tempe Indonesia (Patten) Moh Abdul Hadi, dan Perwakilan Lintas Agama (Hindu, Buddha, Kristen, dan Kong Hu Chu).

Baca Juga :  Jaga Kerukunan Umat Beragama, Pastor John Jonga Bersilaturahmi Bersama Pangdam XVII/Cenderawasih

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Tari Sufi Majelis Al Mubarok, Manusia Kolong Jembatan Bersolawat, Varid Putra Mbah Surip, Marjinal, Pujiono Indonesian Idol, Bolang MJC, Gondes MJC, dan Puji beserta keluarganya yang memberikan kesaksian terkait kesulitan yang dirasakan saat istrinya melahirkan karena tidak adanya identitas dan biaya persalinan.

Pendiri sekaligus Ketua Umum Musik Jalanan Center (MJC) Iwenk dalam keterangannya dihadapan awak media menyampaikan pesan terhadap pemerintah agar lebih memberikan perhatian kepada kaum Termarjinalkan.

Pendiri sekaligus Ketua Umum Musik Jalanan Center, Iwenk saat di wawancarai oleh awak media mengutip lirik lagu jeritan hati kaum termarjinalkan yang berjudul Serenade, Minggu (30/1/2022).

“Kami buat acara ini dalam memperingati Haul Gusdur ke-12 yang dirayakan secara Internasional di beberapa negara secara Do’a Lintas Agama, sekaligus memberikan pesan kepada Pemerintah Indonesia agar lebih memperhatikan rakyatnya yang belum merasakan keadilan merata di bangsa kita sesuai amanah Pancasila dan UUD 45. Ini juga merupakan signal keras kepada kelompok radikalisme dan intoleran yang mencoba melakukan perpecahan di bangsa ini. Meskipun kami kaum termarjinalkan, tetapi kami memiliki kepedulian yang tinggi terhadap bangsa ini,” tegas iwenk yang diakhiri dengan menyanyikan kutipan lagu jeritan hati kaum termarjinalkan dengan judul Serenade ciptaan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Indonesia dengan nada bergetar.

Baca Juga :  Kapus Dolik dan Bendahara Diduga Salahgunakan Dana BOK

Sementara Ketua Majelis Ta’lim Bahrul ‘Ulum Gus Windu yang akrab di sapa Gus Coy merupakan orang dekat dari DKI 1 tersebut berjanji akan membantu pengurusan identitas untuk anggota MJC yang tidak memiliki identitas.

Gus Coy, Ketua Majelis ‘Talim Bahrul ‘Ulum ketika di wawancarai usai memberikan sambutan di hadapan para kaum termarjinalkan terkait Akan membantu mengurus identitas anggota MJC di acara Haul Gusdur ke-12.

“Untuk permasalahan identitas merupakan tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Bahkan bukan hanya identitas, melainkan mereka yang usia harus sekolah dan tidak ada biaya negara harus hadir, mereka yang tidak bisa ambil ijazah ketika lulus sekolah juga bisa ditebus oleh Pemprov kok. Itu kan semua amanah UUD 45. Pasti akan saya bantu pengurusannya. Makanya saya minta MJC fokus dulu dalam pendataan anggotanya, nanti berikan ke saya agar bisa saya bantu infokan langsung ke Pak Gubernur,” janji Gus Coy saat menyampaikan sambutan di acara Haul Gusdur ke-12 Sunter Jaya.

Baca Juga :  Surijaty Aminan Menerima Penghargaan dari Ketua Umum Leprid

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Halal Bihalal PT PLN Indonesia Power dengan Sejumlah Awak Media
Jaga Stamina dan Kebugaran, Wakapolres Langkat Ajak Personel Lari Pagi
Sebanyak 50 ASN Pemkot Tidore Kepulauan Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Pemuda Pancasila Jagokan Hj Eka Dahliani Abusama untuk Pilkada Halsel
30 OPD Halsel Ke Jakarta, Aktivitas Pelayanan Publik Lumpuh
Sikapi Hasil Sengketa Pilpres, Advokat Tb. Uuy Faisal Hamdan: Putusan MK Sudah Objektif
Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan
Pastikan Keamanan Pasokan Listrik, Tim UBP PLTU Gelar Pengamanan di Area obvitnas

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 17:27 WIB

Pimpinan DPRD DKI Dukung Restorasi Rumah Dinas Gubernur Jakarta

Rabu, 17 April 2024 - 21:18 WIB

Dukung Heru Tuntaskan Banjir, Milenial Jakarta: Gak Usah Dengar Suara Nyinyir

Kamis, 11 April 2024 - 00:17 WIB

Rayakan Idul Fitri 1445 H Bersama Keluarga, Surijaty Gelar Open House

Minggu, 31 Maret 2024 - 22:14 WIB

Hadiri Pelantikan LAB, Kombes Nicolas Sampaikan Maklumat Hukum Jelang Idul Fitri 1445 H

Minggu, 31 Maret 2024 - 21:59 WIB

Hadiri Acara Bamus Betawi, Ketum Salatin: Pelantikan LAB Merupakan Penguatan Budaya Asli Indonesia

Minggu, 31 Maret 2024 - 20:22 WIB

Kembali buat Gebrakan di Bulan Ramadhan, Eki Pitung Lantik Pengurus LAB dan Santuni 500 Anak Yatim

Kamis, 28 Maret 2024 - 23:01 WIB

Ditanya soal Gugatan di MK, Bunda Indah: Prabowo tidak Mencari Uang, Dia Hanya Menunggu Kematiannya

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:49 WIB

Pemilu 2024: PSI Meraup 465.936 suara, William Sarana Menjadi Caleg Suara Terbanyak

Berita Terbaru