BeritaNasionalParlemen

LaNyalla Minta Pemerintah Jamin Akses Pembiayaan Pelaku UMKM

DETIKINDONESIA.CO.ID, YOGYAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah menjamin keberadaan UMKM, termasuk menjamin akses pembiayaan untuk para pelaku UMKM.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, UMKM juga terdampak pandemi Covid-19. Namun, UMKM memiliki peran yang tidak kecil untuk membantu pemulihan ekonomi.

“Kontribusi UMKM juga cukup besar, mencapai 61,97 persen terhadap produk domestik bruto, dengan nilai investasi mencapai 60,4 persen. Namun kontraksi ekonomi yang terjadi karena serangan Covid-19 memberikan pengaruh besar terhadap usaha UMKM,” kata LaNyalla di sela kunjungan kerja di Yogyakarta, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, untuk menumbuhkan kembali iklim usaha, UMKM memerlukan pemantik atau suntikan modal yang tidak sedikit.

Baca Juga :  Hadiri Forum Perguruan Tinggi, Ketua DPD RI Jelaskan Kemiskinan Struktural Akibat Ketidakadilan

“Untuk memulihkan UMKM kembali, memerlukan waktu dan pembiayaan yang tidak sedikit. Di sinilah pentingnya pemerintah untuk memastikan akses pembiayaan untuk pelaku UMKM tidak terkendala,” katanya.

Yang menjadi masalah, menurut Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu, adalah akses pembiayaan kepada lembaga keuangan, baik bank maupun non bank yang masih sangat terbatas.

Penulis : Tim
Editor : Muhamad Fiqram
Sumber : Lanyalla Center
1 2Laman berikutnya
Tetap terhubung dengan kami:
Rekomendasi untuk Anda
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi untuk Anda