BPKAD Bikin Bimtek SIPD Di Kota Ternate

Selasa, 13 Februari 2024 - 07:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerja sama dengan konsultan CV. Cipta Presisi Bandung Jawa Barat menggelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) terkait Penatausahaan Keuangan di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dibuka dengan resmi Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dokumalamo bertempat Hotel Batik Kota Ternate, Selasa (6/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ismail Dokumalamo menyampaikan dengan  adanya penyelenggaraan bimtek ini dapat meningkatkan pemahaman terkait pengimplementasian proses penatausahaan keuangan berdasarkan sistem informasi pemerintah daerah, guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah serta mampu menjembatani kebutuhan satu data keuangan seluruh pemerintah daerah secara nasional.

Baca Juga :  DMI Malut Mengapresiasi Kinerja Irjen. Risyapudin Nursin, S.I.K

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah, sebagai dasar guna mengintegrasikan seluruh sistem informasi pemerintah daerah untuk penyelenggaraan pembangunan daerah “ Katanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mantan Kadis Pendidikan Kota Tidore ini juga menambahkan SIPD ini sendiri sebenarnya memiliki makna strategis, dalam upaya menyatukan data perencanaan, keuangan dan pelaporan daerah, sekaligus mendorong inovasi percepatan elektronisasi bagi seluruh pemerintah daerah, demi terwujudnya konsistensi antara dokumen perencanaan, penganggaran dan pelaporan.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, telah menggunakan aplikasi SIPD sejak pertama kali dilaunching oleh Pemerintah pada tahun 2020 lalu dan sampai saat ini memasuki tahun yang ketiga”ucap Ismail.
Lanjutnya, yang tak kalah pentingnya, pengimplementasian SIPD terkait penatausahaan dilakukan dalam upaya meningkatkan tata kelola Keuangan Kota Tidore Kepulauan secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab, dengan memperhatikan asas keadilan, kepatuhan dan manfaat untuk masyarakat.

Baca Juga :  Menilik Penerapan Sumur Resapan Air Di Desa Kampala Bantaeng

Ismail Dokumalamo juga menegaskan kepada seluruh peserta bimtek, agar dapat mengikuti kegiatan ini secara serius sampai akhir, karena banyak ilmu yang akan dapatkan dari narasumber nantinya,  sehingga dengan mudah pula dapat diimplementasikan dalam sistem penatausahaan keuangan perangkat daerah se-Kota Tidore Kepulauan.
Sementara Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Kota Tidore Kepulauan Samsul Bahri Ace dalam laporanya mengatakan sejalan dengan permendagri 70 tahun 2019 tentang system informasi pemerintahan daerah, maka pemerintah daerah dalam pengelolaan APBD mulai tahun 2020 beralih ke system yang dirilis oleh kemendagri. Tentunya bimtek ini lebih fokus terhadap penatausahaan yang merupakan suatu program yang dilakukan untuk memberikan pemahaman-pemahaman serta merifresh Kembali apa yang di dapat pada bimtek sebelumnya.
Samsul Bahri Ace berharap dengan terselenggaranya bimtek ini dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan pengelolaan keuangan di Kota Tidore Kepualaun semakin baik. Narasumber Dra.Fatwal Ispahar dan Ahmad Ruyan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia peserta bimtek berasal dari unsur kasubag perencanaan, bendahara pengeluaran dan operator dari masing-masing OPD.

Baca Juga :  Pemerintahan Ali Ibrahim Tunduk Instruksi Presiden

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : YULI
Sumber :

Berita Terkait

Pengendara Keluhkan Jalan Kabupaten yang Bergelombang Menujuh Wisata Tangkahan di Langkat
Ketika Mengikuti Hadrah, Bupati Freddy Thie Disambut Remaja Gereja Rehobot
Bupati Bassam Kasuba Dinilai Bohongi Masyarakat Soal Pembagunan Lanjutan RSP Makian
Artis Lula Kamal Masuk Kandidat Cagub DKI Jakarta Lewat PAN
Meski Hanya Menjabat 3 Tahun, Bupati Freddy Thie Pastikan Selesaikan Visi-Misi
Mahyudin Gagas Pembangunan Kaltim Yang Menyeluruh dan Sinkron Dengan IKN
Komite IV DPD RI Minta RPJPN 2025-2045 Munculkan Pertumbuhan Ekonomi Baru
Komite I DPD RI Beri Catatan Penting Atas Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024

Berita Terkait

Minggu, 14 April 2024 - 15:20 WIB

Pengendara Keluhkan Jalan Kabupaten yang Bergelombang Menujuh Wisata Tangkahan di Langkat

Sabtu, 13 April 2024 - 20:23 WIB

Ketika Mengikuti Hadrah, Bupati Freddy Thie Disambut Remaja Gereja Rehobot

Sabtu, 13 April 2024 - 20:17 WIB

Bupati Bassam Kasuba Dinilai Bohongi Masyarakat Soal Pembagunan Lanjutan RSP Makian

Senin, 8 April 2024 - 00:33 WIB

Bupati Freddy Thie: Bapak Lampiu Sudah Bikin Baik, Anaknya Harus Lebih Baik

Senin, 8 April 2024 - 00:30 WIB

Kampung Furnusu Akan Mendapatkan Bantuan Masjid 200 Juta

Senin, 8 April 2024 - 00:25 WIB

Bupati Freddy Thie: Tahun Ini, Warwasi dan Bofuwer Dapat Program 4 Milyar

Senin, 8 April 2024 - 00:20 WIB

56 Napi Lapas Kelas III Labuha Dapat Remisi Idul Fitri

Minggu, 7 April 2024 - 13:33 WIB

Terminal Pasar 10 Tanjung Beringin mulai di padati Pemudik

Berita Terbaru

Hari Nasional

Rayakan Idul Fitri 1445 H Bersama Keluarga, Surijaty Gelar Open House

Kamis, 11 Apr 2024 - 00:17 WIB