Bupati Kaimana Freddy Thie Pimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana

Kamis, 30 Mei 2024 - 18:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Bupati Freddy Thie memimpin apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang dirangkai dengan Gladi dan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Kaimana tahun 2024, Bertempat di Stadion Triton Kaimana, Kamis (30/5/2024).

Apel yang difasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaimana ini dihadiri perwakilan unsur Forkopimda, TNI, Polri, ASN, Basarnas, pelajar dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, bencana merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan faktor alam, non alam maupun faktor manusia yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lanjut Bupati, menurut data Badan Geologi, Kabupaten Kaimana terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa bumi menengah dan tinggi yang berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya ikutan berupa gerakan tanah dan lainnya.

Baca Juga :  Bupati Kaimana Freddy Thie Selalu Berada Pada Diri Orang-Orang Dekatnya, Kini Hadiri Nikahan Staf Khusus Nizam Atang

Ada 12 ancaman bencana yang juga bisa terjadi di Kabupaten Kaimana antara lain bencana geologi berupa gempa bumi, tsunami, gunung api, gerakan tanah atau longsor bencana hidrometeorologi seperti banjir, kekeringan, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim, kebakaran hutan dan lahan dan bencana antropogenik seperti epidemi atau wabah penyakit dan kegagalan teknologi atau kecelakaan industri.

“Dalam kesempatan ini, saya berpesan terutama kepada jajaran BPBD serta instansi terkait, agar terus melakukan mitigasi bencana dengan cara melakukan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masyarakat,” ucap Bupati.

Bahwa penanggulangan bencana lanjutnya, adalah merupakan tanggungjawab bersama semua pihak, baik TNI, Polri, dunia usaha dan masyarakat dan juga para insan pers agar dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat kepada lapisan masyarakat.

Baca Juga :  Pelajar SMA dan SMK Se - Kaimana Diberi Inspirasi Sosok Bupati Yang Menginspirasi

Usai apel dilanjutkan dengan simulasi kesiapsiagaan bencana yang dilakukan oleh Basarnas Kaimana dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kaimana berupa cara memadamkan api ketika terjadi peristiwa kebakaran di rumah tangga, serta pemberian pertolongan kepada korban dalam peristiwa kebakaran gedung.

Turut mendampingi Bupati Kaimana saat menyaksikan simulasi kesiapsiagaan bencana, Kepala BPBD Kaimana Hans Janes Litaay dan unsur Forkopimda Kaimana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis :
Editor : MUFIK
Sumber : KLIK PAPUA

Berita Terkait

Kapolres Halsel, Bersama Rombongan Kunjungi Polsek Gane Timur
Bapenda Malut Gelar Focus Group Discussion Peningkatan PAD Melalui Sidola Batagi
Bakal Calon Bupati, Hj Eka Dahliani Usman Beri Ucapan “Hut Halsel ke-21.Tahun 2024
Disinformasi Isu Deklarasi Paslon Boneftar-Fatah di Pilkada Manokwari 2024
PLN Indonesia Power Gelar Aksi Bersih Diarea Pantai Pelabuhan
HUT Ke-21 Kaimana, Freddy Thie Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan
Bupati Freddy: Prestasi dan Inovasi Kabupaten Kaimana Harus Terus Ditingkatkan
Hari Lingkungan Hidup, PLN Indonesia Power dan UBP, Tanam Ratusan Pohon

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru