Dalam Menyambut Imlek 2022, MJC Mengangkat Isu Kaum Termarjinalkan di Acara Haul Gusdur ke-12

Minggu, 30 Januari 2022 - 22:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Musik Jalanan Center (MJC) bersinergi dengan Gusdurian Sunter Jaya turut memperingati acara Haul Gusdur ke-12 dalam Do’a Lintas Agama, sekaligus menyambut perayaan Imlek 2022 di Basecamp MJC, Jalan Sunter Bentengan VIII No. 3, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (30/1/2022).

Pasalnya, di tahun ini perayaan Haul Gusdur ke-12 yang di peringati secara Internasional tersebut memberikan nuansa yang berbeda dari biasanya.

Dengan mengusung tema “Gusdur Pemersatu Bangsa dan Kaum Termarjinalkan”, acara tersebut menyajikan berbagai unsur, seperti Kesenian, Budaya, Keagamaan, Suku dan Ras, Komunitas serta kaum yang termarjinalkan yang dirajut menjadi kesatuan sehingga memberikan warna tersendiri selama acara berlangsung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Umum Perwanti Surijaty Aminan, Gus Memed Srimulat, Priyo Sambadha (Aspri Gusdur), Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) Gus Abdulah Wong, Budayawan dan Penyair Amien Kamil, Tokoh Agama Muda Sunter Jaya Ustad Abdul Jalil, Ketua Majelis Ta’lim Bahrul ‘Ulum Gus Windu, Ketua Umum Paguyuban Tahu Tempe Indonesia (Patten) Moh Abdul Hadi, dan Perwakilan Lintas Agama (Hindu, Buddha, Kristen, dan Kong Hu Chu).

Baca Juga :  Celia Ivanca Wakili Jawa Timur Dalam Ajang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2022

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Tari Sufi Majelis Al Mubarok, Manusia Kolong Jembatan Bersolawat, Varid Putra Mbah Surip, Marjinal, Pujiono Indonesian Idol, Bolang MJC, Gondes MJC, dan Puji beserta keluarganya yang memberikan kesaksian terkait kesulitan yang dirasakan saat istrinya melahirkan karena tidak adanya identitas dan biaya persalinan.

Pendiri sekaligus Ketua Umum Musik Jalanan Center (MJC) Iwenk dalam keterangannya dihadapan awak media menyampaikan pesan terhadap pemerintah agar lebih memberikan perhatian kepada kaum Termarjinalkan.

Pendiri sekaligus Ketua Umum Musik Jalanan Center, Iwenk saat di wawancarai oleh awak media mengutip lirik lagu jeritan hati kaum termarjinalkan yang berjudul Serenade, Minggu (30/1/2022).

“Kami buat acara ini dalam memperingati Haul Gusdur ke-12 yang dirayakan secara Internasional di beberapa negara secara Do’a Lintas Agama, sekaligus memberikan pesan kepada Pemerintah Indonesia agar lebih memperhatikan rakyatnya yang belum merasakan keadilan merata di bangsa kita sesuai amanah Pancasila dan UUD 45. Ini juga merupakan signal keras kepada kelompok radikalisme dan intoleran yang mencoba melakukan perpecahan di bangsa ini. Meskipun kami kaum termarjinalkan, tetapi kami memiliki kepedulian yang tinggi terhadap bangsa ini,” tegas iwenk yang diakhiri dengan menyanyikan kutipan lagu jeritan hati kaum termarjinalkan dengan judul Serenade ciptaan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Indonesia dengan nada bergetar.

Baca Juga :  Peduli Terhadap Lansia, Perwanti Berbagi Kebaikan di Panti Werda Wisma Mulia

Sementara Ketua Majelis Ta’lim Bahrul ‘Ulum Gus Windu yang akrab di sapa Gus Coy merupakan orang dekat dari DKI 1 tersebut berjanji akan membantu pengurusan identitas untuk anggota MJC yang tidak memiliki identitas.

Gus Coy, Ketua Majelis ‘Talim Bahrul ‘Ulum ketika di wawancarai usai memberikan sambutan di hadapan para kaum termarjinalkan terkait Akan membantu mengurus identitas anggota MJC di acara Haul Gusdur ke-12.

“Untuk permasalahan identitas merupakan tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Bahkan bukan hanya identitas, melainkan mereka yang usia harus sekolah dan tidak ada biaya negara harus hadir, mereka yang tidak bisa ambil ijazah ketika lulus sekolah juga bisa ditebus oleh Pemprov kok. Itu kan semua amanah UUD 45. Pasti akan saya bantu pengurusannya. Makanya saya minta MJC fokus dulu dalam pendataan anggotanya, nanti berikan ke saya agar bisa saya bantu infokan langsung ke Pak Gubernur,” janji Gus Coy saat menyampaikan sambutan di acara Haul Gusdur ke-12 Sunter Jaya.

Baca Juga :  Upaya Pemkot Tidore Kepulauan Menjadi Pengendali Inflasi Terbaik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Polda Jabar: DPO Kasus Vina Cirebon Hanya Tersangka Pegi
Breaking News: Roket Al Qassam Bombardir Israel
Legislator DKI Dukung Langkah Jakpro Fasilitasi Warga Kampung Bayam
70 Persen Warga Puas Soal Transportasi Jakarta, Pengamat Beberkan Prestasi Heru
Lepas Calon Jamaah Haji Papua Barat Daya, Ini Pesan Pj Gubernur Musa’ad
Masuk Bursa Cagub Sumatra Barat, Ahok Tunggu Hasil Rakernas PDIP
PDIP Resmi Tunjuk Adian Napitupulu Jadi Ketua Tim Pemenangan Pilkada 2024
Prabowo Ubah Nama Program Makan Siang Gratis Jadi Makan Bergizi Gratis, Ini Alasannya

Berita Terkait

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:09 WIB

Nahkoda DPD Wujudkan Demokrasi Bermartabat

Jumat, 10 Mei 2024 - 16:10 WIB

Melawan Pikiran Negatif

Kamis, 21 Maret 2024 - 14:55 WIB

Fransiscus Go dalam Survey Calon Gubernur NTT

Rabu, 20 Maret 2024 - 16:16 WIB

Jodoh Maluku Utara Adalah Taufik Madjid

Rabu, 20 Maret 2024 - 00:26 WIB

Anak Indonesia, Harapan Peradaban Dunia “Menyambut Bonus Demografi 2045”

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:33 WIB

Jangan Permainkan Suara Rakyat Papua

Selasa, 27 Februari 2024 - 18:18 WIB

Bahasa Ibu Sebagai Identitas Orang Asli Papua

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:24 WIB

OAP Wajib Selamatkan Bahasa Ibu Sebagai Identitas Warisan Budaya

Berita Terbaru

Berita

Polda Jabar: DPO Kasus Vina Cirebon Hanya Tersangka Pegi

Minggu, 26 Mei 2024 - 21:09 WIB

Internasional

Breaking News: Roket Al Qassam Bombardir Israel

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:24 WIB

Sepakbola

Tekuk Man City 2-1, Man United Juara FA Cup Ke-13 Kalinya

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:12 WIB