Diduga Dua Oknum ASN Di Halsel Abaikan Keputusan Dikbud

Senin, 28 Agustus 2023 - 19:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi

Ilustrasi

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Sekolah Menengah Pertama Nageri 26 Halmahera Selatan (SMPN-26 Halsel) di Desa Pasipalele Kecamatan Gane Barat Selatan, diduga tidak mematuhi keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Selatan, Sabtu (28/08/2023).

Pasalnya beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Safiun Rajulan, telah mengeluarkan Surat Penugasan dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni, Wilson Ngongira dan Miniyarti M. Saleh yang sebelumnya bertugas di SMP Negeri 26, kemudian dimutasikan ke dua tempat yang berbeda.

Anehnya, kedua ASN dimaksud diduga tidak mengindahkan penugasan Kepala Dinas dan memilih berdiam diri di tempat tugas lama mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Informasi dari sumber terpercaya mengatakan, kedua ASN itu tidak mau bertugas ditempat tugas yang baru karena ditahan atau dicegat oleh Kepala Sekolah Musa Muhlis.

“SK atau surat tugas atau mutasi untuk sudara Wilson Ngongira dan Miniyarti M. Saleh tu suda empat bulan lalu, namun sampai sekarang keduanya masih tetap mengajar di SMPN 26, yang aneh Kepala Sekolah masih menerima mereka meskipun dia (Kepsek) sudah tau kalau kedua ASN dimaksud sudah dimutasi,” cetusnya.

Baca Juga :  Yoseph Bere Syabandar Rote Ndao Putra Kelahiran Belu

Sementara, Kepala Sekolah Musa Muhlis, saat dikonfirmasi Awak Media melaliu pesan whatsapp mengaku tidak pernah menahan kedua ASN yang sudah menerima SK itu.

“Dapat info dari mana saya menahan guru yang telah pindah sesuai dengan surat perintah sebagai PNS. Silahkan datang dan tanyakan kepada yang bersangkutan apakah pernah saya menahan mereka,” kata Musa dalam pesannya.

Anehnya, kedua ASN Wilson Ngongira dan Miniyarti M. Saleh masih tetap bertugas atau melaksanakan tugas di SMPN-26 Halsel yang artinya kepala sekolah masih mengiyakan keduanya untuk tidak meninggalkan SMPN 26, dengan mengabaikan Surat Keputusan Tugas (SKT) Dikbud Halsel.

Selain itu Kepala Sekolah juga dinilai tidak memahami tugas dan fungsinya sehingga merasa SKT Kepala Dinas dinilai tidak memenuhi unsur mutasi.

Baca Juga :  Ratusan ASN Tidore Kepulauan Terima SK Pengangkatan 100 Persen

“Surat itu diserahkan ke saya ole Pemerintah Desa pasipalele, lalu saya berikan kepada mereka berdua, di dalam surat itu isinya surat apa saya tidak tau. Ternyata itu SK mutasi karena mereka bilang sudah ada SK mutasi, jadi selaku pimpinan di sekolah saya menunggu surat tembusan dan sampai sekarang surat tembusan belum ada. Begini datang dan tanyakan langsung di yang bersangkutan saja,” pintanya.

Dilain pihak, Kepala Perwakilan (Korwil) Kecamatan Gane Barat Selatan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan, Malik Hi. Daud, mengatakan, jika permasalahan mutasi yang terjadi di SMPN 26 Halsel merupakan kesalahan dari kedua ASN dan Kepala Sekolah Musa Muhlis, sebab kedua ASN dimaksud jika sudah menerima SKT seharusnya menjunjung tinggi keputusan itu, serta melaksanakan tugas berdasarkan penunjukan dari Bupati, Sekda maupun Dinas terkait.

Baca Juga :  Awas Berita Hoax! Tidak Benar Aktivis Larshen Yunus Mangkir, Ini Penjelasannya

“Pertanyaan yang muncul, ada apa dengan ke 2 ASN ini, sehingga meski sudah menerima surat tugas baru, masih saja tetap bertahan di tempat tugas yang lama,” cetusnya.

Selain itu, Kepala Sekolah juga yang sudah menerima surat keputusan tugas kedua ASN itu, seharusnya sudah tidak menerima keduanya untuk melaksanakan tugas di SMPN 26 Halsel dan sesegera mungkin melaksanakan tugas di tempat tugas yang baru.

“Kenapa kedua ASN ini belum ke tempat tugas yang baru? Karena selain tidak melanggar sumpah karena memilih berdiam diri ditempat tugas lama, Kepala Sekolah pun masih memberikan ruang kepada keduanya untuk melaksanakan tugas, maka bisa jadi dengan sengaja Kepala Sekolah ikut mengabaikan keputusan Pemerintah dalam hal ini Kepala Dinas,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Abdila Amin
Editor : Mufik
Sumber :

Berita Terkait

Punya Kualifikasi, Ardiansyah Fauji Dipercaya Jadi Ketua Pemenang MasiAman
Silaturahmi dengan Kepala Dinas PMD Langkat, DPD LPM: Ucapkan Terimaksih
GPM Halsel, Desak Bupati Bassam Kasuba Copot Irvan Zam -Zam
Logo Dua Partai Koalisi, Hanura Dan Nasdem Dilakban
Suhu Politik Memanas, Sejumlah Baliho Bacalon Bupati Padang lawas Dirusak OTK
Serius Nyalon Bupati Halsel, Asmar Bani Sambangi Dua Desa Di Pulau Makian
Emak – Emak Desa Foya Tobaru siap Dukung Hj Eka Dahliani Usman Sebagai Calon Bupati 
Rapat Paripurna Ke 6, Walikota Tidore Kepulauan Menyampaikan RPD Tentang LPP 2023

Berita Terkait

Selasa, 25 Juni 2024 - 00:54 WIB

Punya Kualifikasi, Ardiansyah Fauji Dipercaya Jadi Ketua Pemenang MasiAman

Senin, 24 Juni 2024 - 09:25 WIB

Setelah Didukung Raja Atiati, Samaun Dahlan dan Donatus Nimbitkendik Konfrensi Pers Hari Ini Dengan Jargon SANTUN

Senin, 24 Juni 2024 - 06:35 WIB

Walikota Memberi Jawaban Atas Pembuatan Raperda Laporan Pertanggungjawban Pelaksanaan APBD Kota Tidore

Senin, 24 Juni 2024 - 06:19 WIB

Fachrul Razi : Pilkada 2024 Mendatang Potensi Tinggi Politik Uang, Masyarakat Harus Lawan

Senin, 24 Juni 2024 - 06:08 WIB

Ada Apa Ni?, Pasar Rakyat Thumburuni Fakfak Belum Bisa Dimanfaatkan

Minggu, 23 Juni 2024 - 10:38 WIB

Forum Adat Terima Samaun Dahlan Gandeng Donatus Nimbitkendik Maju Pilkada Fakfak 2024

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:41 WIB

KPU Fakfak Sosialisasikan PKPU 2/2024 Tentang Tahapan dan Jadwal Pilkada

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:28 WIB

Pasca Pemilu Legislatif dan Presiden, DPW PSI Jakarta Silaturahmi Dengan DPW PKS Jakarta

Berita Terbaru

Nasional

Fachrul Razi Kembali Dipercaya Pimpin Ketua Pansus RUU Pemda

Senin, 24 Jun 2024 - 07:00 WIB