Hadir di Langkat, Budiman Jelaskan Tentang Pemuda dan Hilirisasi di Diskusi Interaktif Relawan Pagi Berkuda

Rabu, 7 Februari 2024 - 02:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKATPemuda memiliki peran penting dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Oleh karena itu pemuda harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan terutama teknologi yang terus berkembang.

Hal kepemudaan itu di bahas dalam diskusi interaktif nasional, digitalisasi dan anak muda yang digelar oleh relawan Pagi Berkuda (Prabowo Gibran, Berani, Kuat, Amanah) disalah satu Cafe di Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, pada Selasa (6/2/2024)

Dalam kesempatan itu, tokoh nasional aktivis 98, Budiman Sudjatmiko mengatakan, anak muda harus berani memiliki impian atau berimajinasi untuk masa depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tetapi bukan sekadar berimajinasi saja, harus dilengkapi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta jejaring sosial,” kata Budiman, dalam diskusi tersebut.

Lanjut Budiman, selain imajinasi dapat menghasilkan koreografi tari, karakter seseorang penting untuk terus melestarikan budaya sendiri. Seiring dengan berjalannya modernisasi dan digitalisasi, identitas bangsa perlu dipertahankan.

Baca Juga :  Kak Seto Terima SK Guru Besar dari LLDIKTI, Si Komo Menjadi "Super Komo"

“Pemuda ujung tombak pembangunan dan memiliki peranan penting dalam memberikan inovasi dibidang seni budaya tanpa meninggalkan budaya Indonesia,” katanya.

Pada kegiatan diskusi yang dihadiri Ketua relawan Pagi Berkuda, Meidi Kembaren, Ketua BPP langkat Thomas Syaputra, Dewan Pembina TKD Sumut H. Syah Afandin, dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo- Gibran Mangapul Silalahi serta puluhan mahasiswa.

Dalam pertemuan itu, Budiman Sudjatmiko juga menjelaskan tentang hirilisasi yang menjadi program cawapres nomor urut 02, hal baru dan sangat penting.

“Pada prinsipnya hilirisasi adalah jika kita bisa membuat dengan harga murah dan efisien mengapa kita harus beli, itulah hilirisasi. Kalau dulu, ngapain kita buat kalau bisa beli. Kalau sekarang ngapain kita beli kalau bisa buat,” ujarnya.

Lanjut Budiman, digital merupakan pembangunan ekosistem digital dari hulu sampai hilir berupa produk alat teknologi seperti laptop, smartphone, komputer personal untuk berbagai sektor industri.

Baca Juga :  Pembukaan HKG PKK ke 51 di Taliabu Berlangsung Meriah, ini Harapan Bupati Aliong Mus

Menurutnya, hilirisasi digital saja tidak cukup hanya pengembangan aplikasi saja, namun juga mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet serta membangun industri perangkat digitalnya pula.

“Karena jika hanya fokus pengembangan aplikasi, namun masih memiliki kelemahan pada pemerataan akses internet, serta memiliki ketergantungan tinggi pada industri perangkat. Maka ekonomi digital yang diharapkan tidak bisa berkembang secara baik dan berkelanjutan,” terang Budiman Sutjadmiko.

Dalam sambutannya, mantan kader PDIP yang kini mendukung Prabowo Subianto itu juga menyampaikan hasil debat akhir Capres 02  beberapa waktu lalu. Dimana Capres nomor urut 02 akan mencetak sepuluh ribu ali STEM atau beasiswa STEM.

“STEM yaitu, Saint, Teknologi, Enjury, Mate- matis. Dimana pak Prabowo yang paling cetol dan jelas diantara dua yang lain,” kata Budiman, sembari menyampaikan tetang era digitalisasi.

Baca Juga :  Loyal Ke Partai, Capt Ali Paparkan Sejumlah Kebijakan Di DPP PDI Perjuangan

Pemaknaan hilirisasi digital, sambungnya adalah melakukan digitalisasi secara intensif dalam suatu rantai pasok industri. Hal ini terkait dengan potensi teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses industri di semua lini.

Ia mencontohkan dalam rantai pasok pangan, hilirisasi digital dimaknai dengan penerapan teknologi digital sejak pengembangan pupuk dan bibit unggul.

“Proses produksi melalui digitalisasi logistik dan distribusi, digitalisasi pengolahan hasil pertanian hingga pengembangan e-commerce sektor pangan,”ketus Budiman.

Ditempat yang sama, usai kegiatan diskusi interaktif nasional, digitalisasi dan anak muda tersebut. Ketua relawan Pagi Berkuda, Meidi Kembaren mengungkapkan kedatang Budiman Sudjatmiko ke Kabupaten Langkat Sumatera Utara ini menyakini kaum milenial.

“Kita datangkan tokoh aktivis ini ke Langkat, untuk meyakinkan kaum millenial kepada Capres no urut 02 Prabowo-Gibran, dan menebalkan persentase kemenangan sekali putaran,” tutup ketua relawan Pagi Berkuda, yang akrab disapa Meidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Teguh
Editor : Teguh
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru