Hari Nusantara 2023 di Pusatkan di Pantai Tugulufa Kota Tidore

Selasa, 14 November 2023 - 12:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Kawasan Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan resmi dilaunching oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di Aula Gedung Kemenhub RI, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Pelaksanaan hajatan Nasional, Hari Nusantara Tahun 2023 rencananya akan berlangsung di Kota Tidore Kepulauan pada tanggal 10 sampai 13 Desember 2023 mendatang, yang dipusatkan di Kawasan Pantai tugulufa.

Kemenhub RI, Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, berbicara tentang Hari Nusantara sudah pasti berhubungan dengan Deklarasi Juanda tahun 1957, yaitu bagaimana membuat suatu konsepsi negara kepulauan, itu terbukti apa yang dicanangkan, di Maluku Utara banyak pulau-pulau yang cantik.

“Sebagai panitia, tentu kita memohon kerjasama dan dukungan dari semua pihak baik Kementerian dan Lembaga terkait, Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun Pemerintah Kota Tidore untuk sama-sama menyukseskan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepualuan,” Tutur Budi.

Budi menambahkan, Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 sebagai upaya mempersatukan bangsa, momentum hari Nusantara diperkuat dengan merajut konektivitas nusantara dan ekonomi maritim dari titik nol jalur rempah, karena di Maluku Utara, khususnya Tidore dan Ternate menjadi titik nol jalur rempah, seperti cengkeh dan pala.

“Pada puncak pelaksanaan Hari Nusantara nanti kita akan mengundang Bapak Presiden, mudah-mudahan beliau bisa hadir, karena pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan ini, sudah didiskusikan dengan Bapak Presiden,” Imbuh Budi

Baca Juga :  Prihatin Keterwakilan OAP Minim, Filep Berhasil Perjuangkan Penambahan Kursi DPRK Dalam Otsus Perubahan

Hadir dalam pelaksaan launching tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, khususnya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Hari Nusantaran Tahun 2023.

“Terima kasih atas kepercayaannya, pada kesempatan ini, saya memohon dengan penuh hormat Bapak Presiden RI dan seluruh Menteri, Pimpinan Lembaga terkait, seluruh Pemerintah Daerah, Mitra Kerja, serta unsur terkait lainnya, dapat meningkatkan kerja sama, kolaborasi dan sinergi untuk menyukseskan agenda nasional ini, di Maluku Utara,” pinta Gubernur.

Senada, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan saat ini telah menyiapkan sejumlah fasilitas yang akan digunakan pada pelakasanaan Hari Nusantara nanti.

Baca Juga :  Pemkot Tidore Sampaikan LPJ APBD Tahun 2022

“Sebagai tuan rumah, kami mendukung pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan nanti,” Ungkap Ali Ibrahim.

Walikota Tidore Kepulauan dua periode ini juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk datang ke Kota Tidore Kepulauan dalam rangka menyukseskan gelaran Hari Nusantara Tahun 2023, sebagaimana suksesnya Sail Tidore Tahun 2022 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : YULI
Sumber :

Berita Terkait

Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Perjalanan Hidup Chairul Tanjung
Sabet Penghargaan Nasional, Capt Ali Ibrahim, Satu – Satunya Walikota Terbaik di Maluku Utara
Capt Ali Ibrahim Serahkan Surat Dukungan DPP PAN Ke PAN Malut
Hasil Rapimnas Hanura, OTO Kembali Jadi Ketua Umum 2024-2029
Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa
Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga
Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024
Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:25 WIB

Suhu Politik Memanas, Sejumlah Baliho Bacalon Bupati Padang lawas Dirusak OTK

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:24 WIB

Serius Nyalon Bupati Halsel, Asmar Bani Sambangi Dua Desa Di Pulau Makian

Jumat, 21 Juni 2024 - 17:25 WIB

Emak – Emak Desa Foya Tobaru siap Dukung Hj Eka Dahliani Usman Sebagai Calon Bupati 

Jumat, 21 Juni 2024 - 11:27 WIB

Rapat Paripurna Ke 6, Walikota Tidore Kepulauan Menyampaikan RPD Tentang LPP 2023

Kamis, 20 Juni 2024 - 12:46 WIB

Di Hadapan Warga Panambuang, Hj Eka Dahliani, Di Sebut Sosok Perempuan Yang Berjiwa Sosial

Rabu, 19 Juni 2024 - 17:21 WIB

Di Depan Ratusan Warga, Hj Eka Dahliani Usman menyampaikan Keseriusan Maju Pilkada Halsel 

Rabu, 19 Juni 2024 - 11:03 WIB

Tokoh Adat Minta Ibu Safitri Malik Soulisa Pimpin Buru Selatan Periode Kedua

Rabu, 19 Juni 2024 - 10:33 WIB

Sabet Penghargaan Nasional, Capt Ali Ibrahim, Satu – Satunya Walikota Terbaik di Maluku Utara

Berita Terbaru