HMI-MPO Cabang Wajo Kritik Calon Anggota KPU Wajo Diduga Syarat Kepentingan

Senin, 4 Desember 2023 - 05:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID – HMI Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Komisariat Uniprima Cabang Wajo mempertanyakan integritas dan independensi Timsel KPU Kabupaten Wajo.

Pasalnya, menurut Andi Anto tahapan seleksi calon anggota KPU Wajo dianggap sarat akan kepentingan politik. Hal ini dikuatkan setelah KPU mengeluarkan surat keputusan Timsel KPU Nomor : 55/TIMSELKK-GEL-8-Pu/04/73/2023 yang mengumumkan 10 nama calon anggota KPU Wajo pada tanggal 17 Oktober 2023 yang dianggap meloloskan nama-nama calon anggota KPU Kabupaten Wajo yang terindikasi bermasalah.

Diketahui, tiga nama tersebut, Nasaruddin asal Kabupaten Bone, Andi Raehana dan Muh. Erwin Arifin asal Soppeng. “Yang dikhawatirkan ketika orang luar terpilih sebagai komisioner, mereka tidak memahami semua kondisi di Wajo lebih pada kondisi Geografis,” ujarnya, Jum’at, 01 Desember.

Di Peraturan KPU No. 4 tahun 2023 tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, dijelaskan di pasal 2 ayat 1 huruf g, persyaratan menjadi calon anggota KPU Provinsi, Kabupaten/Kota berdomisili di wilayah setempat yang di buktikan dengan kartu tanda penduduk elektronik.

“Sebelumnya beredar berita yang menyebutkan adanya calo diseleksi Calon Komisioner KPU di Kabupaten Wajo, hal ini tentunya menjadi tanda tanya besar bagi tim seleksi KPU Kabupaten Wajo karena akan merusak citra KPU itu sendiri sebagai lembaga independen ” ungkap Ketua Umum Komisariat Uniprima HMI-MPO Cabang Wajo kepada awak media kami Via WhatsApp, Sabtu (02/12/2023)

Ia juga mengatakan, Integritas Timsel KPU Kabupaten Wajo perlu dipertanyakan. Sebab adanya indikasi transaksional dan jatah-jatahan yang mencuat dalam tahapan seleksi calon anggota KPU Wajo.

Baca Juga :  Abang Jago Letuskan Senjata Api, Kabidhumas: Tersangka dan Ditahan

“Lolos-lolosnya nama-nama yang terindikasi bermasalah dan tidak adanya transparansi jadwal tahapan yang dilakukan oleh Timsel KPU Kabupaten Wajo menguatkan opini publik terkait adanya jatah-jatahan yang terjadi dalam tubuh Timsel KPU Kabupaten Wajo.” ungkap Andi Anto

Sebelumnya beberapa masyarakat telah memasukkan tanggapan kepada Timsel KPU Kabupaten Wajo atas nama-nama calon anggota KPU Wajo yang dianggap bermasalah. Namun setelah surat keputusan Timsel KPU beredar, timsel KPU dianggap tidak menjadikan tanggapan dan aduan masyarakat sebagai referensi penentuan calon Komisioner KPU Wajo.

“Olehnya itu, kami meminta kepada KPU RI untuk melakukan seleksi ulang Calon Anggota KPU Wajo dan mengganti timsel dengan orang-orang yang memiliki integritas dan rekam jejak kepemiluan yang lebih baik, dan Mengugurkan peserta yang tidak memenuhi syarat dan kepentingan tertentu.” tutup Andi Anto.

Baca Juga :  Awal Tahun 2024, Pemkot Tidore Menggelar Apel Gabungan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Yuli
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru