INDONESIA CENTRISTS GOLD of The WORLD, HOW THE WORLD WORKS ???

Kamis, 10 Agustus 2023 - 13:21 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 Tody Ardiansyah Prabu

Tody Ardiansyah Prabu

Oleh: Tody Ardiansyah Prabu – Praktisi Hukum / Aktifis Alumni FH Univ Trisakti ( Mantan Ketua HMI Cab Jakarta Barat 2009 & Mantan Ketua Kom FH Univ Trisakti)

Indonesia melangkah untuk maju di era Ekonomi Modernisasi dalam Mewujudkan Peradaban Kemandirian Indonesia semakin Berdaulat, Maju dan Kuat kuncinya adalah melakukan hilirisasi segala aspek kehidupan ekonomi baik di sumber daya alam, Laut, maupun hilirisasi digital untuk menumbuhkan ekonomi kreatif ini sangat berpengaruh untuk Menentukan arah Ekonomi Modernisasi Dunia.

Indonesia sebagai Negara Demokrasi yang besar mesti memberikan contoh kepada dunia. Suksesi Pemilu 2024 sebuah estafet kepemimpinan yang mampu mewujudkan cita-cita bangsa dan negara NKRI. Dengan kecerdasan intelektualnya yang tinggi, pemimpin Bangsa ini tak sekadar visioner, melainkan berani dan berkekuatan besar mengaplikasikan gagasan ekonomi kerakyatan bersinergi dengan ekonomi syariah untuk menghadapai tantangan globalisasi ekonomi kapitalis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Formula hilirisasi ini akan menjadi terobosan bagus untuk mengokohkan ekonomi nasional yang kuat dengan memiliki potensi memiliki kekayaan banyak kepuluauan, kekayaan alam, hutan, mineral yang berlimpah ( minyak, gas, emas, nikel, tembaga, Batu bara, dll ), ekosistem laut, Indonesia terletak di sepanjang garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis. Wilayah negara dengan iklim tropis akan memperoleh sinar matahari sepanjang waktu. Wilayah tropis menyebabkan Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Indonesia kaya dengan Bonus Demografinya yang Produktif. Sehingga dapat tercapainya cita-cita bangsa dan negara NKRI yakni, kemakmuran rakyat sebesar-besarnya dan pemerataan kekayaan naional yang berkeadilan. Apalagi Indonesia Memiliki Harta Karun Material rare earth element (RRE) atau Material logam tanah yang Berlimpah, Logam tanah jarang kini sedang banyak dicari karena dianggap sebagai material dasar teknologi di masa depan yang terus berkembang. Termasuk menjadi bahan industri pembuatan LCD televisi maupun telepon seluler, magnet, baterai mobil hybrid.

Selain itu, material logam tanah jarang juga digunakan sebagai bahan pembuat superkonduktor, laser, optik elektronik, glass dan keramik.

Negara-negara produsen senjata juga mengincar mineral di logam tanah jarang. Sebab, material-material di logam tanah jarang dibutuhkan dalam pembuatan berbagai peralatan vital militer, mulai dari sonar kapal perang, alat pembidik meriam tank, perangkat pelacak sasaran pada peluru kendali, serta perangkat pemandu rudal nuklir yang disebut membutuhkan material logam tanah jarang.

INDONESIA pun Sebagai Negara Kepulauan terbesar disegani di dunia dan INDONESIA sebagai poros maritim bagi dunia

Sentris Maritim Dunia

Kekuatan sebagai Poros Maritim Dunia adalah Indonesia benar – benar bisa menunjukkan kekuatan armada laut, kekuatan Tol laut, Kekuatan logistik laut dan kekuatan militer pangkalan laut dan perbatasan di maksimal kan agar negara tetangga pun memperhitungkan Indonesia dan ZEE ( Zona Ekonomi Ekslusif ) agar potensinya di maksimalkan oleh negara .

Deklarasi Djuanda telah menjadikan laut indonesia sebagai penghubung satu kesatuan NKRI, maka seharusnya tugas nasional yang semestinya terus digelorakan paska Deklarasi Djuanda adalah dengan mewujudkan kenoktevitas antar pulau di Indonesia, untuk mempermudah posisi negara berlaku adil dalam setiap pembangunan fisik maupun non fisik di seluruh pelosok kepulauan Indonesia. Sehingga Deklarasi Djuanda bisa dimaknai secara universal, yakni tidak hanya sekedar penyatuan teritori, tapi juga penyatuan ekonomi yang terkoneksi merata secara nasional.

Indonesia sebaiknya kedepan harusnya meniru kekuatan angkatan militer apa yang dilakukan amerika dan China memiliki 6 angkatan perang :
1. Angkatan Laut
2. Angkatan Darat
3. Angkatan Udara
4. Angkatan Marinir
5. Angkatan Antariksa
6. Angkatan Penjaga Pantai

PERANAN & POSITIONING BESAR INDONESIA MENGATUR & MENGENDALIKAN EMAS DUNIA DI ABAD EKONOMI MODERNISASI

Visi Indonesia Emas 2045?

Visi Indonesia Emas 2045 juga menargetkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kepemimpinan dan pengaruh yang kuat di dunia internasional, dengan kemiskinan mendekati 0 persen dan ketimpangan berkurang.

Saat ini Indonesia berada di posisi negara dengan pendapatan menengah tetapi pada 100 tahun Indonesia merdeka di 2045 berarti kira-kira 20 tahun lagi posisi Indonesia akan berada pada lima besar ekonomi terbesar di dunia,”

Di 2045, diproyeksikan Indonesia menjadi peringkat 5 PDB di dunia dengan nominal PDB sebesar USD 9.100 milyar, PDB per kapita USD 30.000 per tahun, dengan jumlah penduduk mencapai 300 juta jiwa dengan penduduk kelas menengah sebesar 82% dan penduduk usia produktif 52% dari total populasi

Indonesia mesti punya mimpi masa depan sebagai rajanya Produsen Emas Dunia.
Mengukur dari peredaran dolar 95 persen currency ( pertukaran) masih menggunakan dolar didalam world exchange ini masih dichallange. Ini adanya challange dengan negara BRICS 1 dengan mengunakan mata uang Yuan .

Emas akan menjadi challenge daripada dolar . Indonesia 2045 punya mimpi untuk control 45% Transaksi dunia menggunakan emas karena indonesia raja emas ( salah satu produsen emas terbesar didunia ).

Indonesia sebagai raja produsen Emas dan agar kekuatan pondasi ekonomi Indonesia semakin kuat, maju di dunia menjadikan sebagai Negara adidaya di abad modernisasi Bisa menjadikan momentum cadangan devisa emas semakin terus ditingkatkan karena besarnya cadangan devisa dapat dijadikan suatu indikator moneter kuat lemahnya fundamental perekonomian suatu negara. jika semakin tinggi nilai cadangan devisa yang dimiliki suatu negara maka akan tahan dalam menghadapi krisis ekonomi.

Fakta di atas cukup memprihatinkan karena kita semua tahu bahwa Indonesia dan Afrika Selatan merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia, namun bank sentral di kedua negara tersebut lebih senang mengoleksi dolar AS dalam cadangan devisanya dibandingkan dengan emas, sehingga proporsi emas dalam cadangan devisa di negara tersebut semakin kecil. Indonesia wajib mulai menyadari betapa rentannya mereka apabila suatu saat dolar AS hancur nilainya, Jika terjadi krisis ekonomi di AS membuat mereka berpikir ulang untuk mem-balancing kembali portofolio cadangan devisa mereka ke emas,”

Foreign policy indonesia

Politik luar negeri merupakan kebijakan negara untuk memperjuangkan kepentingan nasional terhadap dunia luar. Menghadapi konstelasi internasional yang berubah serta transformasi sosial politik didalam negeri, perumusan dan pelaksanaan politik luar negeri Indonesia mau tidak mau perlu diperbaharui. Dalam era reformasi dan krisi multidemensional ini, politik luar negeri Indonesia di harapkan dapat memainkan setidaknya lima fungsi, yaitu membantu pemulihan ekonomi, membantu menjaga keutuhan teritorial, memelihara lingkungan regional yang aman dan stabil, menumbuhkan rasa kebersamaan dalam masyrakat yang terpecah pecah serta membangkitkan rasa kebanggaan pada masyarakat yang mulai kehilangan kepercayaan diri. Diperlukan diplomasi yanh komprensif dan terpadu untuk meningkatkan kepercayaan investor luar negeri untuk berinvestasi di indonesia maupun yang akan kembali berinvestasi di indonesia bagaimana menjaga kepercayaan tsb dalam menumbuhkan peningkatan dan pemulihan ekonomi.

Tiga strategi dasar politik luar negeri demokrasi yang menjungjung tinggi hak asasi manusia :
1. Identitas indonesia sebagai negara terbesar ketiga di dunia dan terbesar dikalangan dunia muslim dengan masyarakat plural dan islam yang moderat serta sistem ekonomi yang terbuka perlu dipromosikan secara lebih luas untuk menetralisir citra buruk yang cenderung yang mendominasi tentang indonesia.
2.Diperlukan kemitraan yang lebih luas antara pemeritah dengan unsur – unsur diluar pemerintahan dalam melakukan hubungan internasional yang sekarang diwarnai complex intrrdependence yang melibatkan banyak aktor diluar negara, peningkatan kemampuan PR secara keseluruhan serta profesionalisme dikalangan diplomat.
3.Agar politik luar negeri mencerminkan identitas dan prioritas nasional, maka nilai – nilai demokrasi dan HAM yang sekarang menjadi tema utama politik dalam negeri hendaknya turut dijadikan sebagai nilai – nilai yang mendasari politik luar negeri indonesia dimasa – masa yang akan datang

Pembahasan tentang kebijakan luar negeri (foreign policy) memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Pasalnya, ini tidak hanya berkaitan dengan kepentingan nasional tetapi juga terkait hubungan antar negara di ranah internasional. Bahasannya pun terbilang cukup luas, mulai dari bidang politik, ekonomi, sosial, militer, hingga kemanusiaan.

Apa itu Foreign Policy?

Kebijakan luar negeri merupakan serangkaian komponen yang nantinya bisa menjadi panduan bagi negara untuk berinteraksi dengan negara lain atau aktor non-negara di lingkungan internasional. Dalam prosesnya, ini harus senantiasa dimonitoring dan dievaluasi agar bisa memaksimalkan manfaat dari kerjasama multilateral tersebutSecara umum, kebijakan luar negeri mencakup tindakan dalam bidang ekonomi, politik, dan militer yang disesuaikan dengan kepentingan negara. Terdapat beberapa tujuan utama dari penerapan foreign policy ini, di antaranya;

1. Security (keamanan). Dalam buku “International Politics: A Framework for Analysis” karya Holsti dijelaskan bahwa hampir semua negara pasti menghadapi masalah yang berkaitan dengan keamanan nasional. Karenanya, adanya foreign policy terbilang sangat penting demi memperkuat keamanan dan kedaulatan sebuah negara.
Otonomi. Foreign policy sebagai bentuk otonomi merujuk pada kemampuan pemerintah untuk merancang dan mengambil keputusan terkait berbagai urusan domestik dan luar negeri sesuai dengan prioritas atau kepentingan negara tersebut.
2.Kesejahteraan. Adanya kebijakan luar negeri juga bertujuan untuk kesejahteraan warga negara. Negara akan memberlakukan kebijakan luar negeri di bidang ekonomi untuk mengatasi berbagai masalah domestik. Entah dengan mempromosikan aset dan pertumbuhan ekonomi, tukar-menukar sumber daya, atau kebijakan ekonomi lainnya.
3.Status atau prestige. Dalam konteks hubungan internasional, foreign policy juga penting bagi status dan prestige sebuah negara. Status dan prestige ini penting agar negara tersebut bisa mendapat rasa hormat dan respek dari negara lain. Misalnya saja, ketika negara memiliki kebijakan di bidang militer, tentu akan ada status dan prestige tersendiri.
Dari tujuan tersebut bisa disimpulkan bahwa meskipun kebijakan tersebut dalam konteks luar negeri, tetapi sangat dipengaruhi dan mempengaruhi kondisi domestik suatu negara. Karena itulah, pada dasarnya kajian foreign policy bukan hanya harus diketahui oleh para pemegang kekuasaan, tetapi juga penting bagi masyarakat secara umum utamanya generasi muda.

Negara BRICS

Negara-negara BRICS sedang dalam proses menerbitkan uang baru sebagai pengganti dolar AS. Selama ini dolar AS telah menjadi mata uang resmi untuk perdagangan internasional selama bertahun-tahun. Apa itu BRICS ? BRICS adalah akronim untuk lima negara Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan.
Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi global memunculkan berbagai perubahan yang signifikan di sektor keuangan. Salah satu perkembangan penting yang patut diperhatikan adalah rencana BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) meluncurkan mata uang baru. Jika mata uang baru BRICS itu muncul, tentu akan berdampak terhadap dollar Amerika Serikat (AS) yang telah menjadi mata uang dominan dalam sistem keuangan internasional.

Mata uang baru BRICS adalah inisiatif kolaboratif kelompok negara BRICS yang bertujuan menciptakan alternatif mata uang dunia yang independen dari dominasi dollar Amerika Serikat. Mata uang ini telah lama menjadi wacana di kalangan ekonom dan ahli keuangan, dan BRICS telah melangkah maju dengan serangkaian langkah konkret untuk mewujudkannya.

Dampak Terhadap Dollar Amerika Serikat:

1. Penurunan Ketergantungan.
Peluncuran mata uang baru BRICS akan mengurangi ketergantungan negara-negara BRICS terhadap dollar Amerika Serikat dalam transaksi perdagangan internasional. Hal ini dapat mengurangi pengaruh ekonomi Amerika Serikat terhadap negara-negara BRICS dan meningkatkan stabilitas keuangan mereka

Baca Juga :  Saatnya Pemuda Diberi Kesempatan Menciptakan Peradaban Politik

2. Peningkatan Diversifikasi Reservasi Mata Uang Negara-negara BRICS saat ini menyimpan sebagian besar cadangan devisa mereka dalam bentuk dollar Amerika Serikat. Namun, dengan adanya mata uang baru BRICS, mereka akan memiliki alternatif yang lebih kuat untuk diversifikasi portofolio mata uang mereka. Diversifikasi ini dapat mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi nilai tukar dollar dan meningkatkan ketahanan keuangan mereka.

3. Ancaman Terhadap Status Dollar Sebagai Mata Uang Cadangan Sebagai mata uang cadangan dunia yang dominan, dollar Amerika Serikat telah memberikan keuntungan ekonomi dan politik yang signifikan bagi negara tersebut. Namun, dengan adanya mata uang baru BRICS, status dollar sebagai mata uang cadangan dapat terancam. Hal ini dapat mengurangi kepentingan Amerika Serikat dalam sistem keuangan internasional dan menggeser keseimbangan kekuatan global.

4. Potensi Pengaruh Geopolitik.
Peluncuran mata uang baru BRICS dapat meningkatkan pengaruh kelompok negara BRICS secara keseluruhan dalam hal kebijakan ekonomi global. Negara-negara BRICS akan memiliki kesempatan mempengaruhi kebijakan internasional, terutama dalam hal kebijakan perdagangan dan keuangan. Dampak ini dapat mengubah dinamika kekuasaan global dan memicu pergeseran paradigma ekonomi.

How the World Works

How The World Works” karya Noam Chomsky
Diterangkan didalam buku tsb :
5.5 % penduduk dunia adalah warga negara amerika tapi amerika menguasai 65% kekayaan dunia itulah itulah kebijakan foreign policy USA.

Buku “How The World Works” karya Noam Chomsky pada dasarnya adalah empat karya klasik yang dirangkum dan dijilid jadi satu yaitu Apa yang Sesungguhnya Diinginkan Paman Sam, Yang Kaya Sedikit dan Yang Gelisah Banyak, Rahasia Kebohongan dan Demokrasi serta Kebaikan Umum. Kendati buku ini adalah hasil perbincangan dan wawancara yang terhimpun pada era 1990-an, pandangan Chomsky rupanya lebih mencerahkan daripada berita dan analisis teraktual.

Saya hanya akan mengambil kalimat-kalimat yang sekiranya masih relevan dan pas buat sekarang. Tentu semampu dan sekenanya saja.

Para pembuat kebijakan AS menyadari dengan baik bahwa AS muncul dari Perang Dunia II sebagai kekuasaan global pertama dalam sejarah. Atas pemahaman itu maka AS muncul sendiri seolah sebagai Polisi Dunia dan Kaisar Dunia yang berhak mengatur global. Kita bisa menyebut “Grand Area” sebagai wilayah yang harus tunduk pada kepentingan ekonomi AS.

Negara dunia ketiga ( diantaranya Indonesia ) akan memenuhi fungsi utama sebagai bahan mentah dan pangsa pasar bagi masyarakat industri kapitalis, sebagaimana mandat dalam memo Departemen Luar Negeri As pada tahun 1949.

Perang Vietnam muncul dari kebutuhan untuk menjamin fungsi-fungsi tersebut. Ancamannya bukan apakah mereka akan menaklukan pihak lain, melainkan bahwa mereka dapat menjadi percontohan berbahaya dari kemerdekaan nasional yang dapat menginsipirasi bangsa-bangsa lain di wilayah itu. Namun terbukti benar, bahwa setelah itu banyak yang ingin merdeka berdaulat dengan bangsanya sendiri.

Membicarakan Amerika tidak bisa dijauhkan dengan posisinya sebagai negara adikuasa. Amerika kini menjadi salah satu negara yang mencengkeram dunia baik dalam segi ekonomi maupun politik. Namun sejujurnya, pengaruh Amerika sudah mulai terasa sejak Perang Dunia II. Menurut Chomsky, AS muncul dari Perang Dunia II sebagai kekuasaan global pertama dalam sejarah (hal.3). Disadari atau tidak hingga milenium sekarang, AS masih mencengkeram dunia lewat kekuasaan yang seolah ingin menjadi Tuhan atas sekalian penduduk bumi.

Menteri Luar Negeri John F. Dulls pernah berujar kepada Presiden Einsenhower: “Anda harus menepuk pundak mereka sedikit dan membuat mereka menyangka bahwa anda sangat menyukai mereka.” Kata ini semacam diklat sengkuni sebab untuk menjaga kekuasaan seringkali harus bisa mencitrakan diri sebagai pahlawan, orang baik ataupun sebagai pihak yang berhasil membuat suatu hal.

Kebijakan luar negeri pun bukan seberapa besar sebuah negara membutuhkan, namun seberapa besar kemauan mereka untuk melayani kepentingan pemilik modal.

Atas kebijakan luar negeri iti maka munculah analisis Noam Chomsky: Penyaliban El Salvador, Pelajaran untuk Nikaragua, Pembantaian di Guatemala, Invasi ke Panama, Perang Teluk dan Infiltrasi di Asia Tenggara.

Saya hanya akan membahas bagian di Asia Tenggara,

Siapa yang nurut maka aman siapa yang melawan maka akan ditumbangkan. Mungkin ini gambaran yang terjadi di Indonesia pada tahun 1965. Kudeta Soeharto disambut barat dengan senang hati sebab tumbangnya Soekarno yang dengan konsisten menolak dana barat berbanding terbalik dengan kebijakan Soeharto yang justru pro dengan investor. Dimulailah proyek Freeport masuk ke wilayah Indonesia.

Ketakutan AS pada komunisme sebab kekuatan ini dapat mengendalikan gerakan-gerakan massa untuk melawan sehingga harus dimusnahkan sebab demi melindungi doktrin bahwa kelompok kaya yang seharusnya menjarah kelompok miskin.

Istilah diskursus politik mempunyai makna yang berguna untuk melayani kekuasaan yakni makna doktrinal. Contohnya istilah demokrasi menurut kamus adalah sebuah masyarakat yang dapat dikatakan demokratis bila rakyat bisa berpartisipasi penuh untuk mengatur hubungan-hubungan mereka. Namun makna doktrinalnya adalah sistem yang merujuk pada keputusan yang dibuat oleh komunitas bisnis dan elit politik terkait sehingga aslinya masyarakat hanya berfungsi sebagai penonton aksi belaka.

Seorang ahli demokrasi bernama Walter Lippman mengatakan bahwa masyarakat diperkenankan meratifikasi keputusan terbaik para elite dan memberi dukungan tetapi TAK BOLEH ikut campur dalam persoalan yang bukan urusan mereka seperti kebijakan publik.

Sistem doktrinal tadi menghasilkan apa yang kita sebut propaganda yang memiliki dua target yang berbeda. Pertama yaitu kelas politis sekitar 20% dari populasi yang relatif terdidik. Mengendalikan mereka lebih baik daripada melawan mereka. Kedua yaitu para penonton 80% yaitu kawanan yang ikut arus dan terpesona. Mereka dianggap mengikuti aturan dan merek pula target dari media massa yang sesungguhnya yaitu: sitcom, super bowl, tabloid, acara tv dll.

Sistem ini menanamkan nilai sosial dasar yaitu kepasifan, ketertundukan pada otoritas, kurang perhatian pada orang lain ( apatis ). Tujuannya menjaga agar kawanan terpesona ini tetap saja terpesona sadar maupun tidak sadar. Pada kenyataannya jika mereka melihat realitas tentu bisa berpotensi adanya melakukan perubahan dan hal ini sama sekali tidak dikehendaki oleh para elit.

Noam Chomsky dalam buku How The World Works. Pada saat buku ini disusun, dunia sedang berada dalam sistem ekonomi kapitalis yang sangat parah. AS menguasai tatanan ekonomi global pada seluruh aspek, dari industri kebutuhan pokok sampai industri kreatif seperti film. Sistem ekonomi yang demikian itu membuat negara-negara dunia ketiga meninggalkan lahan perkebunannya dan memilih menjadi buruh pabrik yang upahnya tidak seberapa. Salah satunya adalah Indonesia yang menjadi pemasok buruh-buruh murah yang cukup besar di dunia. Dalam buku ini, Chomsky memang beberapa kali menyebut negara Indonesia. Chomsky sedikit membahas Indonesia terutama peristiwa 1965 yang menyita perhatian dunia.

AS melakukan penyerangan kepada negara-negara dunia ketiga karena takut mereka dapat berkembang dan memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. AS khawatir jika negara dunia ketiga yang berhasil menyejahterakan rakyatnya menjadi percontohan bagi negara lain. Sehingga, perhatian dunia atas AS perlahan memudar.

Melalui buku ini, Chomsky, salah satu pemikir yang melawan arus utama pemikiran-pemikiran di AS mencoba membuka pikiran dan hati setiap orang. Chomsky menyoroti bagaimana ekonomi global yang saat ini terjadi berlaku sangat tidak adil. Terdapat tatanan global yang “salah” dan tidak seimbang bagi umat manusia.

Pemikiran Chomsky patut diacungi jempol karena ia berani membedah hal-hal tidak beres yang terjadi di dunia ini, terutama dalam hal mengkritik sikap AS.

Neoliberalisme

Chomsky juga berujar ‘The neoliberal shift moved decisions from the public arena to the market . The ideology claims it’s increasing freedom, it’s in fact increasing tyranny.’ (Neoliberal menggeser kebijakan dari ranah publik ke pasar.  Ideologi terkesan meningkatkan kebebasan padahal pada kenyataan meningkatkan tirani ). Atau ‘Neoliberalism has been putting the working people of the world in competition with each other, but allowing freedom of capital, and in fact a high degree of protection for capital. So, for example, intellectual property rights are a huge tax on the population.’  (Neoliberalisme meletakkan kaum pekerja di alam kompetitif satu dengan lainnya namun di sisi lain memberi kekebasan tanpa batas bagi kaum kapitalis maka seperti hak paten merupakan sumber ketidakadilan bagi masyarakat).

MEDIA

Media utama dikuasai oleh korporasi raksasa yang dimiliki oleh dan berjenjang dengan para konglomerat yang bahkan lebih besar lagi. Seperti korporasi lainnya mereka menjual produk kepada pasar. Pasar adalah para pengiklan yakni kelompok bisnis lain. Sementara, produknya adalah audiens Bagi para elite media yang merancang agenda dasar yang kemudian diadopsi media lain, produk itu, lebih jauh lagi adalah audiens yang secara relatif memiliki hak-hak istimewa.

CADANGAN DEVISA :

“Ketika Negara Maju Ramai-ramai Timbun Emas Jadi Cadangan Devisanya” .

Kenapa harus ada cadangan emas?

Cadangan emas adalah emas yang dimiliki oleh bank sentral nasional, yang digunakan sebagai jaminan untuk menebus deposan, pemegang uang kertas, atau rekan dagang, pada era standar emas, dan juga sebagai pengukur nilai, atau untuk mendukung nilai mata uang nasional.

Apa yang dimaksud dengan cadangan devisa?
Cadangan devisa adalah menyimpan aset persediaan bank dalam mata uang asing. Cadangan devisa adalah salah satu aspek penting dalam sektor keuangan negara. Sebab, hal tersebut menandakan bahwa perekonomiannya sedang baik-baik saja atau yang sering disebut foreign exchange reserves adalah simpanan dana dalam mata uang asing yang dikelola dan disimpan oleh bank sentral atau otoritas moneter yang di Indonesia adalah Bank Indonesia.

Cadangan devisa diperoleh dari apa?
Cadangan devisa negara diperoleh dari kegiatan perdagangan antar negara yang dikenal dengan kegiatan ekspor dan impor. Cadangan devisa memiliki peran penting dalam mengurangi fluktuasi nilai tukar dan mendorong kemajuan ekonomi suatu negara.

Mengapa Indonesia memerlukan cadangan devisa?
Salah satu sumber pendanaan penting yang digunakan Indonesia untuk melaksanakan pembangunan nasional adalah devisa. Cadangan devisa digunakan untuk melihat sejauh mana Negara dapat melakukan perdagangan internasional dan untuk menujukkan kuat lemahnya fundamental perekonomian suatu negara.

Berapa cadangan devisa di Indonesia?
Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2023 tetap tinggi sebesar 144,2 miliar dolar AS, meskipun sedikit menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Maret 2023 sebesar 145,2 miliar dolar AS.

Apa saja contoh devisa :

Perlu diketahui bahwa devisa itu merupakan barang (sejumlah emas atau valuta asing) yang dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran antar negara dan diakui oleh dunia internasional. Contoh dari devisa itu dapat berupa mata uang asing, sejumlah emas, dan surat-surat berharga.

Apa pengaruh cadangan devisa terhadap perekonomian suatu negara?
Cadangan devisa sangat berpengaruh terhadap perekonomian suatu negara karena besarnya cadangan devisa dapat dijadikan suatu indikator moneter kuat lemahnya fundamental perekonomian suatu negara, jika semakin tinggi nilai cadangan devisa yang dimiliki suatu negara maka akan tahan dalam menghadapi krisis ekonomi.

Baca Juga :  Perempuan dan Hak Politik dalam Pemilu

Indikator kekayaan sebuah negara bisa dilihat dari sumber daya alam dan cadangan devisanya. Hal ini yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang.

Yang ramai diketahui publik, biasanya negara maju memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, SDM yang berkualitas, angka harapan hidup yang tinggi, infrastruktur dan teknologi yang modern hinga industri yang tidak tergantung pada sumber daya alam.

Namun ada yang luput dari perhatian publik, yaitu apa yang disimpan di cadangan devisa negara maju ternyata berbeda dengan yang disimpan oleh negara berkembang. Terutama jumlah emas yang dimilikinya.

“Negara maju menyimpan begitu banyak emas pada cadangan devisa mereka, sementara negara berkembang lebih senang menyimpan kertas bergambar yang mereka sebut sebagai uang kertas, valuta asing yang kebanyakan berupa dolar AS,

Pertumbuhan Cadangan Devisa

Apa yang mendorong terjadinya pergeseran tren ini? Motivasi utama dari bank sentral dalam hal ini adalah karena terjadinya pertumbuhan yang signifikan pada cadangan devisa mereka. Cadangan devisa negara-negara BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) telah meningkat lebih dari 5 kali dalam 10 tahun terakhir.

Emas berkorelasi negatif dengan dolar AS dan itu sangat bermanfaat bagi bank sentral karena mereka adalah pemegang dolar AS. Dengan memiliki emas dalam cadangan mereka, mereka memiliki lindung nilai yang sangat positif untuk melindungi posisi dolar AS mereka.

Sejak tahun 2007 hampir seluruh negara emerging market (kecuali Indonesia dan Afrika Selatan) berlomba-lomba menambah cadangan emas mereka.

“Nampaknya negara-negara tersebut sudah mulai menyadari betapa rentannya mereka apabila suatu saat dolar AS hancur nilainya, krisis ekonomi di AS pada tahun-tahun tersebut membuat mereka berpikir ulang untuk mem-balancing kembali portofolio cadangan devisa mereka ke emas,

“Fakta di atas cukup memprihatinkan karena kita semua tahu bahwa Indonesia dan Afrika Selatan merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia, namun bank sentral di kedua negara tersebut lebih senang mengoleksi dolar AS dalam cadangan devisanya dibandingkan dengan emas, sehingga proporsi emas dalam cadangan devisa di negara tersebut semakin kecil,”

Semakin besar cadangan devisa yang dibutuhkan, sesuatu hal yang tidak bisa disandarkan pada sebuah janji yang tertulis pada selembar kertas. “Negara yang kuat harus memiliki sesuatu yang pasti untuk mem-back up cadangan devisanya. Dan itu adalah emas,

“Kalau negara belum sadar akan hal ini, sebaiknya kita mulai dari diri kita sendiri, bahwa kita sepenuhnya sadar bahwa kita adalah bangsa yang besar dan kuat, marilah kita perkuat pertahanan finansial kita masing-masing dengan menjadikan emas sebagai penyeimbang cadangan dana simpanan kita,

Temuan Harta Karun emas & Tembaga 2 Miliar Ton di Indonesia

Publik digegerkan dengan temuan ‘harta karun’ emas dan tembaga sebesar 2 miliar ton di pegunungan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Temuan tersebut diumumkan pada Desember 2021.

Sebagian orang tak percaya dengan temuan tersebut sebab ‘harta karun’ tersebut ditemukan di wilayan pegunungan. Berikut fakta-fakta temuan ‘harta karun’ 2 miliar ton emas di pegunungan Dompu

Dua miliar ton emas dan tembaga ditemukan di Tambang Onto, Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), wilayah proyek tambang PT Sumbawa Timur Mining (STM).

President Director of PT Sumbawa Timur Mining Bede Evans mengeluarkan pernyataan resmi membenarkan temuan kekayaan alam yang tersimpan di perut Bumi Nggahi Rawi Pahu tersebut. Mineral itu ditemukan ketika PT STM melakukan penyelesaian estimasi sumber daya untuk deposit Onto.

“Lokasinya di Kecamatan Hu’u Dompu dengan total sumber daya mineral terindikasi sebesar 2,09 miliar ton, yakni 0,86 persen tembaga dan 0,48 gram/emas. Ini berarti setiap ton batuan/ore yang diekstraksi dapat mengandung rata-rata hingga 0,86 persen tembaga dan 0,48 gram emas,” kata Bede Evans dalam keterangannya, Sabtu (24/12/2022).
proses eksplorasi dilakukan di Tambang Hu’u, namun diperkirakan akan dilakukan 2030 atau 2035.”

PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia saat ini memiliki cadangan terbukti sekitar 1,8 miliar ton mineral. Laju penambangannya sekitar 150 ribu ton per hari. Mengacu pada angka-angka tersebut, tambang emas dan tembaga di Grasberg, Papua diperkirakan masih bisa berproduksi hingga 2051.
Pada 2021 produksi emas Freeport Indonesia berhasil mencapai 1,37 juta ons. Capaian ini meningkat 62% dari produksi tahun sebelumnya, yang tercatat berjumlah 848 ribu ons pada 2020. Jika dirunut satu dekade ke belakang, produksi emas Freeport Indonesia mencapai puncaknya pada 2018 dengan total produksi 2,69 juta ons. Pada tahun 2018 ini juga Indonesia mulai mengambil alih saham mayoritas Freeport Indonesia dari Freeport-McMoRan

Setelah 2018, produksi emas Freeport Indonesia tercatat mengalami penurunan cukup drastis. Penurunan ini diperkirakan terjadi akibat menipisnya cadangan emas di tambang terbuka Grasberg, sementara operasi tambang bawah tanahnya belum beroperasi penuh. Tambang Grasberg juga memproduksi 1,34 miliar pon tembaga pada 2021 lalu. Produksi ini kalah dari operasi Freeport-McMoRan di Amerika Utara yang memproduksi 1,46 miliar tembaga.

Terakhir, produksi tembaga Freeport mencapai 1,05 miliar pon di Amerika Selatan. Ini berarti total produksi tembaga Freeport-McMoRan mencapai 3,84 miliar pon pada 2021. Di Amerika Serikat, Freeport mengoperasikan tujuh tambang yang berada di dua negara bagian, Arizona dan New Mexico. Tambang Morenci, Bagdad, Safford, Sierrita, dan Miami berada di Arizona. Sementara, tambang Chino dan Tyrone di New Mexico. Lalu, ada dua tambang yang beroperasi di Amerika Selatan, yaitu tambang Cerro Verde di Peru dan tambang El Abra di Cile. Freeport memiliki 53,56% saham di Cerro Verde dan 51% di El Abra. ( sumber berita ptfi.co.id/news ).

Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia di Tambang Grasberg di Kabupaten Timika, Papua, baru akan berakhir pada 2041. Menteri ESDM Arifin Tasrif berkeyakinan tidak ada perusahaan lain yang mampu mengelola tambang tersebut. “PTFI satu-satunya perusahaan yang mampu mengelola tambang tersebut. Kalau gak diperpanjang yang nerusin siapa? Misalnya cadangannya banyak ini belum ada lagi yang mau masuk habis 2041,” ujarnya saat ditemui di Ruang Sarulla Kementerian ESDM pada Jumat (30/9).

Oleh karena itu dia berharap Freeport akan terus menjadi pengelola tambang Grasberg. Apalagi menurutnya potensi mineral di tambang tersebut masih ekonomi dan sangat besar. “Sesudah 2041 masih sangat ekonomis,” kata Arifin. ( sumber berita ptfi.co.id/news ).

Produksi emas Antam vs Freeport

Dari data Booklet Emas 2020 tersebut, terungkap bahwa perusahaan penghasil emas terbesar di Indonesia adalah PT Antam (Persero) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM).

Data Kementerian ESDM menyebut, PT Antam melalui UBPP LM memproduksi emas sebanyak 44,13 ton. Selain hasil produksi yang moncer, penjualan emas Antam juga tercatat ciamik.

UBPP LM PT Antam mengekspor 17,6 ton emas ke luar negeri. Sisanya, yakni 13,7 ton emas dijual untuk konsumen dalam negeri.

Selain melalui UBPP LM, PT Antam juga mencatatkan hasil produksi emas sebesar 1,42 ton melalui Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor.

Antam sendiri memiliki sejumlah tambang emas di Pulau Jawa, antara lain:

Kecamatan Cimanggu Cibaliung, Cibitung, Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan luas lahan 5.302 Ha.
Ciarinem, Papandayan, Garut, Jawa Barat dengan luas tambang 4.513 Ha.
Pongkor, Bogor, Jawa Barat.

Capaian PT Antam mengalahkan PT Freeport Indonesia dalam daftar perusahaan emas terbesar di Indonesia dari segi hasil produksi. PT Freeport mencatatkan hasil produksi emas sebesar 28,01 ton.

PT Agincourt Resources berada di posisi ketiga dengan hasil produksi emas sebanyak 12,17 ton. Setelahnya ada PT Tambang Tondano Nusajaya dengan produksi emas 6,8 ton.

Berikut daftar 15 perusahaan produsen emas terbesar di Indonesia:

1. PT Antam (Persero) Tbk (UBPP Logam): 44,13 ton

2. PT Freeport Indonesia: 28,01 ton

3. PT Agincourt Resources: 12,17 ton

4. PT Tambang Tondano Nusajaya: 6,80 ton

5. PT Nusa Halmahera Minerals: 5,10 ton

6. PT J Resources Bolaang Mongondow: 2,60 ton

7. PT Indo Muro Kencana: 1,92 ton

8. PT Amman Mineral Nusa Tenggara: 1,73 ton

9. PT Bumi Suksesindo: 1,56 ton

10. PT Antam (Persero) Tbk (UBPE Pongkor): 1,42 ton

11. PT Meares Soputan Mining: 1,33 ton

12. PT Natarang Mining: 0,9 ton

13. PT Kasongan Bumi Kencana: 0,86 ton

14. PT Sago Prima Pratama: 0,49 ton

15. PT Sultan Rafli Mandiri: 0,01 ton

Emas memiliki Nilai Moneter dan Simbolis:

Emas adalah logam mulia cerah yang berwarna kuning agak kemerahan. Emas memang dikenal memiliki nilai moneter dan simbolis. Saat ini, penambangan emas adalah salah satu bisnis global yang beroperasi di setiap benua, kecuali Antartika. Emas diekstraksi dari tambang, dengan berbagai jenis dan skala
Apa negara penghasil emas terbesar di dunia 2022? Negara penghasil emas terbesar di dunia tahun 2022 adalah China. China saat ini adalah produsen emas terbesar di dunia, yang mampu menyumbang 9% dari total produksi tambang global.

Emas adalah logam mulia cerah yang berwarna kuning agak kemerahan. Emas memang dikenal memiliki nilai moneter dan simbolis. Saat ini, penambangan emas adalah salah satu bisnis global yang beroperasi di setiap benua, kecuali Antartika. Emas diekstraksi dari tambang, dengan berbagai jenis dan skala.
Penambangan emas sekarang lebih menantang untuk ditambang. Mengapa? Karena adanya penambangan emas bisa menimbulkan masalah tambahan seperti terkait keselamatan penambang dan dampak lingkungan.

Apa negara penghasil emas terbesar di dunia 2022? Negara penghasil emas terbesar di dunia tahun 2022 adalah China. China saat ini adalah produsen emas terbesar di dunia, yang mampu menyumbang 9% dari total produksi tambang global.

Produksi emas dunia akan mempengaruhi harga emas, berdasarkan hukum penawaran dan permintaan. Lalu, negara apa saja penghasil emas terbesar? Indonesia penghasil emas nomor berapa?

Daftar 20 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia 2022
Dikutip dari laman gold.org, Sabtu (6/5/2023), Indonesia menempati posisi ke 9 dalam daftar negara penghasil emas terbesar.

Berikut adalah urutan daftar 20 negara penghasil emas terbesar di dunia per Juni 2022 dari data yang bersumber dari Metals Focus dan World Gold Council:

1. Cina (332,0 ton)
2. Rusia (330,9 ton)
3. Australia (315,1 ton)
4. Kanada (192,9 ton)
5. Amerika Serikat (186,8)
6. Ghana (129,2 ton)
7. Peru (127,3 ton)
8. Meksiko (124,5 ton)
9. Indonesia (117,5 ton)
10. Afrika Selatan (113,6 ton)

Emas juga merupakan unsur kimia yang bentuknya paling murni. Simbol unsur untuk emas adalah Au, dengan nomor atom 79 pada tabel periodik. Emas memiliki banyak kegunaan terutama di bidang industri, karena sifat logam emas padat, lunak, dan mudah ditempa.

Emas unsur murni adalah 24 karat, emas murni 75% adalah 18 karat, emas murni 58% adalah 14 karat, dan emas murni 41,7% adalah 10 karat. Kandungan emas murni biasanya digunakan untuk menentukan nilai perhiasan

Baca Juga :  Generasi Brilian Bangsa; HMI-GMNI Menyiapkan Kader

HARGA EMAS NAIK TURUN, APA PENYEBABNYA?
Ketidakpastiaan Kondisi Global. Berbagai situasi yang terjadi di sekeliling kita seperti politik, ekonomi, krisis, resesi, atau perang adalah salah satu pemicu naik dan turunnya harga emas.Penawaran dan permintaan emas,
Kebijakan Moneter, inflasi, Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat.
Zaman boleh berganti dan standar ukuran kekayaan pun tentunya berbeda-beda di kalangan masyarakat. Namun, emas sudah menjadi bahan yang melambangkan keagungan dan kejayaan sekaligus kemakmuran sampai saat ini, Emas memang seakan tidak pernah kehilangan nilainya. Berbeda dengan mata uang yang mengalami devaluasi seiring waktu, Emas justru mengalami peningkatan nilai yang membuat harganya semakin mahal. Lalu, apa saja alasan mengapa harga Emas mahal dan berharga?

1. Emas adalah Logam Mulia yang Masih Sangat Langka.
Dibandingkan jenis logam lainnya, seperti perak, tembaga dan lain-lain, Emas termasuk logam mulia yang cukup langka. Letaknya yang berada cukup jauh di perut bumi memang membuat para penambang harus menggali lebih dalam untuk menemukan logam mulia ini. Selain itu, pertambangan Emas juga belum terlalu banyak.

2.Emas Memiliki Ketahanan yang Luar Biasa
Aspek lainnya yang membuat harga Emas semakin mahal adalah karena ia merupakan logam mulia dengan ketahanan yang tinggi. Berbeda dari jenis logam perak, tembaga yang akan mengalami korosi dan besi yang akan berkarat. Karena tidak awet, tak heran jika logam-logam tersebut pun akan mengalami penurunan nilai seiring dengan waktu.

Berbeda dengan Emas, yang walaupun disimpan selama bertahun-tahun tidak akan mengalami penurunan kualitas. Sehingga, tak mengherankan jika banyak kalangan masyarakat yang menyimpan Emas sebagai salah satu harta berharga yang tidak akan lekang dimakan waktu.

3.Emas Identik dengan Kesan Megah
Selama ratusan tahun, Emas merupakan logam yang banyak digunakan sebagai bahan perhiasan maupun objek kekayaan bagi keluarga kerajaan selama turun-temurun. Bahkan, bisa jadi hal itulah yang membuat Emas menjadi salah satu jenis “logam mulia”. Tak hanya itu, Emas pada masa lalu juga menjadi salah satu alat tukar perdagangan yang paling umum. Pada era kerajaan, koin-koin Emas umumnya memiliki cap kepala Raja yang memerintah saat itu.

Di masa modern, Emas tetap menjadi komoditas berharga untuk menjaga nilai dari suatu harta. Terutama, saat masa resesi ekonomi banyak orang yang memutuskan untuk mengalihkan sejumlah harta kekayaan mereka ke dalam bentuk Emas murni.

4.Emas Tidak Dapat Dicetak
Untuk mengatasi permasalahan ekonomi, tak jarang pemerintah akan membuat kebijakan kontroversial yaitu mencetak lebih banyak uang untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Namun, tentu saja keputusan tersebut justru akan mengakibatkan lonjakan inflasi yang berujung pada pengikisan nilai mata uang. Pada kondisi seperti itu, kekayaan dalam bentuk uang sebanyak apapun seakan tidak ada nilainya.

Berbeda dari mata uang kertas yang bisa dicetak dengan sangat mudah, Emas merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diproduksi secara massal dalam jumlah yang banyak sekaligus. Proses penambangan serta pengolahan Emas yang memakan waktu dan biaya tentunya menyebabkan pihak yang berwenang tidak bisa seenaknya memproduksi dan mendistribusikan Emas. Seandainya inflasi terjadi, justru nilai Emas akan meningkat. Sehingga, tak heran jika Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diandalkan saat terjadi resesi ekonomi.

Siapa yang menentukan harga emas di dunia?

Harga emas juga sangat tergantung dari kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat (Federal System atau secara informal disebut The Fed). Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Kalau The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya.

Berapa total emas di Indonesia?
Berdasarkan data USGS, Indonesia menempati posisi keenam lantaran memiliki cadangan emas sebanyak 2.600 metrik ton pada 2022. Sedangkan Menurut data United States Geological Survey (USGS), negara dengan cadangan emas terbesar di dunia pada 2022 adalah Australia.

Pada 2022 Australia tercatat memiliki cadangan emas 8.400 ton, jauh melampaui negara-negara lainnya seperti terlihat pada grafik.

Emas adalah logam mulia yang telah menjadi simbol kekayaan dan investasi yang aman selama berabad-abad. Saat ini, investasi emas semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia karena dianggap sebagai aset yang stabil dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang.
Bagi Anda yang tertarik dalam investasi emas, ada beberapa pilihan emas yang beredar di pasaran. Tapi umumnya, Anda akan menemukan emas Antam dan UBS di pasaran.
Emas Antam dan UBS adalah dua merek yang cukup populer di dunia investasi emas. Namun, meskipun keduanya merupakan emas yang berkualitas tinggi, terdapat perbedaan emas Antam dan UBS yang perlu dipahami ketika hendak membeli emas.

Perbedaan Emas Antam dan UBS :

1. Produsen

Perbedaan emas Antam dan UBS yang pertama dan yang paling jelas adalah dari produsennya. Emas Antam merupakan emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk, yang mana perusahaan ini sebelumnya termasuk ke dalam BUMN sebelum akhirnya sahamnya dialihkan oleh pemerintah sehingga menjadi anak perusahaan dari PT Inalum sebagai anggota holding.

Bagaimana dengan UBS? UBS sendiri adalah emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan ini adalah perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang telah berdiri sejak 1981 di Surabaya. Selain produk emasnya, PT Untung Bersama Sejahtera juga memiliki merek perhiasan lain yaitu Venus dan Starshine.

Perbedaan emas Antam dan UBS yang kedua yaitu dilihat dari ukuran emasnya. Ukuran antara kedua perusahaan emas ini ternyata juga memiliki perbedaan. Emas yang dikeluarkan oleh Antam memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat bisa mencapai 1.000 gram atau 1 kilogram.

UBS pun juga mengeluarkan produk emas dengan berbagai macam ukuran, antara lain adalah ukuran 0,1 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Sejarah Dollar AS Jadi Mata Uang Dunia

Undang-undang pembentukan The Fed merupakan respon atas ketidakpastian dari sistem mata uang yang sebelumnya berdasarkan uang terbitan perbankan secara individual. Di saat yang bersamaan, ekonomi Amerika Serikat kala itu adalah yang terkuat di dunia, melampaui Inggris. Meski demikian perdagangan dunia masih berpusat di Inggrism sebagian besar transaksi pun masih menggunakan mata uang Inggris, pound sterling. Sebagian negara maju menyimpan cadangan dalam bentuk emas untuk melakukan stabilisasi atas mata uang mereka. Namun demikian, ketika perang Dunia I pecah di tahun 1914, banyak negara yang meninggalkan standar emassehingga mereka dapat membayar belanja militer dengan uang kertas, yang mendevaluasi mata uang mereka. Namun demikian, Inggris tetap menggunakan standar emas untuk menjaga posisi mereka sebagai mata uang yang kala itu memimpin dunia. Oleh sebab itu, selama tiga tahun perang, Inggris untuk pertama kalinya harus meminjam uang.

Amerika Serikat pun menjadi debitur dari banyak negara yang yang ingin membeli obligasi berdenominasi dollar AS. Hingga akhirnya, Inggris meninggalkan standar emas di tahun 1931, yang menyebabkan banyak pedagang dunia yang menggunakan pounds menjadi kewalahan. Sejak saat itu, dollar menggantikan pound sebagai mata uang cadangan internasional. Dilansir dari The Balance, Perjanjian Bretton Woods di tahun 1944 menjadi awal mula dollar AS berada di posisi saat ini. Sebelumnya, banyak negara di dunia menggunakan emas sebagai sentar simpanan sebuah negara. Negara-negara maju bertemu di Bretton Woods, New Hampshire, untuk mematok nilai tukar mereka kepada dollar AS lantaran Amerika Serikat adalah negara yang memegang cadangan emas terbesar di masa itu. Perjanjian ini mengizinkan negara-negara untuk mematok nilai tukar mereka dengan dollar AS ketimbang emas. Lantaran membutuhkan tempat untuk menyimpan dollar AS mereka, banyak negara yang mulai membeli obligasi pemerintah Amerika Serikat yang menurut mereka adalah cara aman menyimpan uang.
Mengapa dolar menjadi mata uang terkuat di dunia?
Negara-negara maju bertemu di Bretton Woods, New Hampshire, untuk mematok nilai tukar mereka kepada dollar AS lantaran Amerika Serikat adalah negara yang memegang cadangan emas terbesar di masa itu. Perjanjian ini mengizinkan negara-negara untuk mematok nilai tukar mereka dengan dollar AS ketimbang emas.

Sejarah penggunaan dollar AS di banyak negara di dunia, serta menjadi mata uang cadangan negara-negara di dunia di mulai dari kelahiran mata uang Negeri Paman Sam tersebut. Dilansir dari Investopedia, Senin (22/11/2021), dollar AS pertama kali dicetak pada tahun 1914. Pencetakan uang dollar AS dilakukan setahun setelah pembentukan Federal Reserve (The Fed) sebagai bank sentral yang pendiriannya berdasarkan Undang-Undang Federal Reserve tahun 1913. Uang pertama yang dicetak yakni uang dengan denominasi 10 dolar AS dengan gambar wajah Andrew Jackson. Menurut Investopedia, sejarah dollar AS menjadi mata uang cadangan dunia di mulai tiga dekade setelah pencetakan uang tersebut pertama kalinya di 1914

Dollar AS di Masa Kini

Berdasarkan data Dana Moneter Internasional (IMF), dollar AS adalah mata uang paling populer di dunia. Hingga kuartal-IV 2020 lalu, bank sentral di dunia menyimpan cadangan mereka sebanyak 59 persen dalam dollar AS. Banyak dari cadangan ini berbentuk tunai atau obligasi seperti US Treasuries. Utang dalam bentuk dollar As di luar Amerika Serikat pun terus tumbuh, bahkan mencapai 12,6 triliun dollar AS pada pertengahan tahun 2020 lalu. Meski banyak pihak percaya dollar AS adalah mata uang terkuat di dunia, dollar AS menduduki posisi ke-10 mata uang terkuat di dunia menurut CMC Market. CMC Market menyebut, dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia dengan pound sterling Inggris dan euro menempati posisi ke-5 dan ke-8.

Bagaimana cara meningkatkan nilai mata uang suatu negara?

Berikut adalah lima cara yang bisa kalian lakukan untuk membantu Rupiah menguat,
1.Membeli Produk dalam Negeri serta Menahan Diri terhadap Produk Impor.
2.Tidak Menimbun Dollar dan Menukarkannya dengan Rupiah.
3.Berwirausaha dengan Orientasi Ekspor.
4.Berwisata dan Menikmati Wisata Dalam Negeri.
5. Berpergian dengan Transportasi Publik
Jika kalian menghemat penggunaan BBM, maka jumlah BBM yang harus diimpor pemerintah dapat dikurangi sehingga cadangan devisa dapat digunakan untuk kebijakan lain. Cara ini menjadi hal paling sederhana dalam membantu kurs Rupiah.
6. Berinvestasi di Dalam Negeri

Faktor yang Mempengaruhi Kurs Mata Uang
1. Inflasi
Inflasi adalah suatu kondisi kenaikan harga barang dan jasa.
2.Perbedaan Suku Bunga. Saat terjadi perubahan suku bunga di sebuah negara, akan mempengaruhi kurs mata uangnya.
3.Kebijakan Pemerintah.
4.Kondisi Sebuah Negara di Masa Depan.

Semoga Allah Swt Meridhoi Perjuangan Para Pemimpin Indonesia untuk mengantarkan Peradaban Indonesia Yang Lebih Baik.
Rakyat Indonesia membutuhkan sosok Figur yang Membumi dekat dengan rakyat, dan Menggetarkan Dunia sebagai Macan Dunia

Salam Perjuangan , Merdeka !!! Yakin Usaha Sampai*

”wallahu a’lam bishawab”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tody Ardiansyah Prabu
Editor : Yuli A.H
Sumber :

Berita Terkait

Laki-Laki Lani dan Koteka Kobewak
Pemimpin Rohani Harus Memiliki Hati Seorang Bapa
Agama Melenyapkan Kepercayaan Asli Papua
Nahkoda DPD Wujudkan Demokrasi Bermartabat
Melawan Pikiran Negatif
Fransiscus Go dalam Survey Calon Gubernur NTT
Jodoh Maluku Utara Adalah Taufik Madjid
Anak Indonesia, Harapan Peradaban Dunia “Menyambut Bonus Demografi 2045”

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru