Jalankan Amanah UU DKJ, Bamus Betawi Terima Penghargaan dari Pemkot Solo di Acara SBI 2024

Minggu, 12 Mei 2024 - 01:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, SOLO – Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mendapatkan piagam penghargaan dan cindramata dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang diwakili oleh Wakil Walikota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa pada acara penutupan Semarak Budaya Indonesia 2024 di Balaikota Surakarta, Sabtu (11/5/2024) Malam.

Bamus Betawi yang hadir sebagai bagian terpenting pada acara tersebut menampilkan pertunjukan Tari Tradisional Betawi, Fashion Show Batik Betawi, dan Silat Betawi yang sangat menghibur penonton hingga membuat sorak kagung dari seluruh penonton yang menyaksikan secara langsung pertunjukan Kebudayaan Betawi.

Pada momen tersebut Wakil Walikota Surakarta yang hadir untuk menutup rangkaian acara Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2024 mendapatkan kehormatan dari Bamus Betawi berupa penyematan “Peci Bamus” dan “Cukin Betawi” sebagai simbol persaudaraan Budaya Betawi. Sementara itu Pemkot Surakarta mendapatkan piagam penghargaan, plakat dan Golok Betawi yang diperuntukan buat Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai simbol kesatria dalam memimpin Indonesia kedepannya.

“Golok ini merupakan ciri khas Betawi yang kami buat selama 2 bulan dengan baik dan kami persembahkan untuk Walikota Surakarta, Bapak Gibran Rakabuming Raka mudah-mudahan bisa diterima menjadi persaudaraan. Ini merupakn simbol dari kesatria dan pemberani. Mudah-mudahan Mas Gibran bisa menghadapi nanti kedepan masa jabatannya,” ujar Ketum Bamus Betawi, Eki Pitung.

Peristiwa tersebut mendapatkan balasan positif dari Pemkot Surakarta yang diwakili oleh Drs. Teguh Prakosa dengan memberikan piagam penghargaan dan senjata tradisional Surakarta berupa Keris kepada Bamus Betawi sebagai ikatan persaudaraan Pemerintah Kota Solo dan Bamus Betawi yang turut berpartisipasi dalam acara SBI 2024 dalam menjalankan amanah UU DKJ Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pelestarian Budaya Indonesia.

Dalam sambutannya Teguh memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan SBI yang sudah berjalan selama 11 tahun di Kota Surakarta. Dirnya berharap agar seni budaya dapat menjadi pemersatu seluruh Bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Usul Jakarta jadi Kota 4 Pilar, Eki Pitung Desak Hak Kedaulatan Politik Orang Betawi jika Ibukota Pindah

“Bapak, ibu yang saya hormati, malam ini merupakan penutupan gelar Semarak Budaya Indonesia. Pemkot Surakarta memberikan apresiasi yang tinggi atas telaksananya 11 kali kegiatan tiap tahun, bagaimana kita sebagai masyarakat Indonesia yang punya budaya luhur di masing-masing daerah yang culturnya berbeda dapat disatukan oleh Budaya Indonesia yang adi luhur, sehingga harus kita tempatkan diposisi yang memiliki nilai tinggi agar seni budaya ini menjadi bagian pemersatu seluruh rakyat dan Bangsa Indonesia,” katanya.

Pemkot Surakarta juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengisi acara dalam memeriahkan Semarak Budaya Indonesia 2024.

“Terima kasih kepada seluruh pengisi acara, kususnya Bamus Betawi dari Jakarta yang mengikuti acara selama 2 hari hingga selesai. Kami juga mohon maaf jika dalam acara ini ada kekurangan, tahun depan akan kita perbaiki kembali. Sampai jumpa kembali pada acara SBI di tahun 2025,” ucapnya.

Baca Juga :  Dugaan Pelanggaran Pemilu di Acara Desa Bersatu: PB HMI Dorong Bawaslu Tindak Tegas Terhadap Cawapres Paslon 02 Gibran

Sebelumnya Bamus Betawi juga menyematkan Peci Bamus Betawi dan Cukin Betawi kepada Ketua Pelaksana SBI 2024, Aprizal Rizaldi Naim dan Kain Batik Betawi serta Cukin Betawi kepada Direktur Solo International Performing Arts (SIPA) sekaigus Direktur Akademi Seni Mangkunegara serta Pemrakarsa SBI, Irawati Kusumorasari pada penutupan pertunjukan SBI 2024 di Balaikota Surakarta.

Acara SBI 2024 diikuti oleh 21 Sanggar Nusantara dari 14 daerah di Indonesia, seperti Solo, Pasuruan, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Pacitan, Riau, Sragen, Surabaya, Jakarta, Sumatera Utara, Banyuwangi,  Karanganyar, Pati dan Wonogiri. Serta dihadiri oleh Ketum Bamus Betawi bersama jajarannya, Dinas Pariwisata, Pengusaha Bela Bangsa, Brubus Indonesia, dan Pengusaha Surabaya yang didukung oleh Pemuda Indonesia Kreatif, Semarak Candrakirana Art Center, Pemkot Surakarta, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Heru Budi Diklaim Berhasil Ciptakan Solusi Yang Tepat Untuk Hajat Hidup Warga Jakarta
Teller Bank BRI Ternate Tilap Tabungan Ibadah Haji, Nasabah Beri Somasi
ASN Kota Tidore Kepulauan Gelar Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Santrani Abusama Dapat Surat Tugas Dari DPP Partai Demokrat, Dan Siap Tarung Di Pilwako
Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!
Joe Biden Tolak Keputusan ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu
PKB Sebut Ada Komunikasi dengan Anies Soal Pilgub Jakarta 2024
Pemerintah Kampung Negeya Salurkan Bantuan Dana BLT Kepada Masyarakat

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:56 WIB

Arab Saudi Sebut Tidak Ada Negara yang Bela Israel di Mahkamah Internasional Karena Perbuatannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:46 WIB

PM Inggris Kirim Surat Ucapan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:33 WIB

Putin Beri Selamat atas Kemenangan Prabowo

Senin, 13 November 2023 - 07:34 WIB

Arab Akhirnya Bertindak Soal Penjajahan Israel

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB