Kembali buat Gebrakan di Bulan Ramadhan, Eki Pitung Lantik Pengurus LAB dan Santuni 500 Anak Yatim

Minggu, 31 Maret 2024 - 20:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang dinahkodai oleh Ketua Umum Bamus Betawi terpilih secara demokrasi, Muhammad Rifky atau yang akrab disapa Eki Pitung mengadakan pelantikkan Pengurus Laskar Adat Betawi (LAB) untuk wilayah Jabodetabek dan santunan 500 anak yatim dengan mengangkat tema “Ramadhan Penuh Cinta” yang dilaksanakan di Kator Sekretariat Bamus Betawi Rukan Permata Jatinegara, Jalan Bekasi Timur IX No. 17/6, Jakarta Timur, Minggu (31/3/2024) sore.

Sebelum acara di mulai, para undangan dan anak yatim yang hadir mendapatkan hiburan dengan pertunjukan Palang Pintu sebagai adat tradisi Betawi dalam menyambut tamu yang hendak hadir dalam suatu acara. Kemudian secara simbolik Eki Pitung melakukan penyematan “Peci Merah” dan “Golok Bamus Betawi” kepada Tokoh Betawi Muda Inspiratif (Rosan Perkasa Roeslani dan Ir. Afriansyah Noor) yang dinilai memiliki peran dalam pemerintahan untuk Pelestaraian Kebudayaan Betawi, sekaligus secara resmi mengumumkan pengangkatan mereka sebagai Dewan Kehormatan Majelis Adat Kebudayaan (MAK) Bamus Betawi.

Dalam sambutannya Eki Pitung mengatakan bahwa Bamus Betawi akan terus berjalan seiringan dengan pemerintah untuk menjalankan program-program positif dari perintah untuk Pelestarian Kebudayaan Betawi. Dirinya juga mengungkapkan suatu hal penting yang terjadi hari ini adalah Bamus Betawi memberikan anugerah kepada Rosan Perkasa Roeslani sebagai Tokoh Betawi Muda yang dinilai memberikan inspiratif kepada seluruh masyarakat Betawi.

“Tapi satu hal penting hari ini Bamus Betawi mengangkat dan memberikan anugerah sebagai Tokoh Betawi Muda Inspiratif, dan juga beliau bersedia berada dalam susunan K epengurusan Majelis Adat Bamus Betawi. InsyaAllah akan lebih sinergi kedepannya, karena beliau adalah simbol pemerintah menurut kami untuk sama-sama mengawal Pemerintahan Prabowo-Gibran,” kata Eki dihadapan awak media.

Lebih lanjut Eki mengajak agar seluruh masyarakat Betawi terus menjaga Pelestarian Kebudayaan Betawi yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2015 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 229 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

“Hari ini kami melantik kepenguran LAB yang berada dalam naungan Bamus Betawi dengan tujuan agar Bamus Betawi bersama-sama seluruh masyarakat Betawi dapat menjaga Budaya Asli Betawi yang tertuang dalam Perda 4 Tahun 2015 dan Pergub 229 Tahun 2016 Tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi sebagai warisan bangsa bagi anak cucu kita mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Roslan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bamus Betawi atas apresiasi yang diberikan pada dirinya sebagai Tokoh Betawi Muda Inspiraif dan penyematan sebagai Dewan Kehormatan Majelis Adat Kebudayaan Bamus Betawi. Roslan juga mengakui bahwa dirinya merupakan keturunan asli Betawi yang diturunkan dari orangtuanya.

Baca Juga :  Temui Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ini Harapan Afriansyah Noor Kepada DPP PPKL & Angkutan Barang

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Bamus Betawi yang telah menerima saya dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada saya. Kebetulan saya sebagai orang Betawi. Ayah saya namanya dr. Ruslan Sabeni dari Pegangsaan sebagai Ketua Perkumpuan Dokter Betawi,” ungkap Roslan.

Tak lupa Roslan mengajak seluruh masyarakat Betawi agar dapat menjadi tulang punggung kemakmuran dari masyarakat Indonesia.

“Alhamdulillah sekarang saya bisa bertemu dengan saudara-saudara kita di Bamus. Seperti lagu Bamus bahwa masyarakat Betawi harus jadi tulang punggung kemakmuran dari masyarakat Indonesia, terutama Betawi Jakarta dan Jabodetabek. Betawi harus bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam segala bidang, baik di pemerintahaan, dunia usaha, masyarakat dan kesosialan,” ujarnya.

Bagi seorang Mantan Duta Besar (Dubes) Amerika untuk Indonesia itu sendiri dengan menjaga silaturahmi maka masyatakat Betawi akan tumbuh semakin solid dan kuat serta dapat lebih memberikan manfaat yang luar biasa kepada Bangsa dan Tanah Air Indonesia yang dicintai.

“Pertama-tama kita bersyukur dan Alhamdulillah bisa melakukan acara ini. Tidak hanya pelantikan Laskar Adat Betawi tapi dengan santunan 500 anak yatim yang ada disini. Tentunya ini menambahkan barokah buat kita semua. Kedepannya semoga silaturahmi ini terus kita jaga agar sesama masyrakat Betawi bukan hanya di Jakarta dan Jabodetabek tapi di seluruh Indonesia bisa menjaga Adat Budaya Betawi,” pintanya.

Baca Juga :  Pembangunan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bengkulu Ditargetkan Selesai Tahun 2023

Demi terus mengembangkan sinergitas antara pemerintah dan Bamus Betawi untuk kedepannya, Roslan juga membocorkan bahwa akan ada kegiatan lanjutan untuk terus mengembangkan Pelestarian Budaya Betawi.

“InsyaAllah setelah saya umroh kita akan adakan kegiatan kembali dengan Bang Eki Pitung, yaitu Lebaran Betawi,” akunya.

Terkait Perda 4 Tahun 2015 Roslan menambahkan, “tentunya ini suatu hal yang baik, suatu hal yang positif. Kami akan memohon agar tidak hanya menjadi suatu kebijakan tapi menjadikan suatu implementasikan agar benar-benar berjalan.

“Pengembangan Budaya Betawi sendiri akan kita dorong agar memiliki tempat sebagai bagian dari Pelestarian Budaya itu sediri, sehingga semua orang bisa tau dan mengenal dan bisa menyayangi lebih baik Kebudayaan Betawi itu sediri,” tutupnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Eki Pitung (Ketum Bamus Betawi), Sekjen Bamus Betawi beserta jajaran pengurus DPP Bamus Betawi, Rosan Perkasa Roeslani (Wakil Menteri BUMN RI), Ir. Afriansyah Noor (Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI), Irjen Pol. Karyoto (Kapolda Metro Jaya), Kombes Nicolas Ary Lilipaly (Kapolres Jakarta Timur), Kompol Chintya Intania Kusnita (Kapolsek Jatinegara), H. Pardi (Calon Senator DPD RI Dapil DKI Jakarta) bersama istri, Habib Fachry, dan jajaran dari TNI/Polri, Dr. (Hc). Syarrif Andi Syahriansyah Alwi Assyathiri (Ketum Salatin), serta seluruh anggota ormas yang tergabung dalam Bamus Betawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Pengguna Jalan Keluhkan Jalan Lintas Kabupaten yang Bergelombang, ini Kata Pj Bupati Langkat
HUT Ke 916 Kota Tidore Kepulauan, Walikota Ali Ibrahim Janjikan Bangun Tempat Pelestarian Budaya
Pasien Asal Desa Moloku Keluhkan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Saketa
HIMBARA Usulkan Tradisi Lebaran Betawi Antar Kampung Perlu Masuk Warisan Budaya Tak Benda
Tim Relawan Hj Eka Dahliani Usman Sudah Bentuk Simpul-Simpul Di 30 Kecamatan
Walikota Tidore Kepulauan Terima Kunjungan Sekjen Kemendes dan PDTT
Poros Muda Golkar Indonesia Apresiasi dan Dukung Kader Terbaik Partai Golkar Banten Untuk Pilkada 2024
Ketua Umum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Minta Pemerintah Segera Mekarkan Kab. Bogor Barat

Berita Terkait

Senin, 15 April 2024 - 22:03 WIB

Pengguna Jalan Keluhkan Jalan Lintas Kabupaten yang Bergelombang, ini Kata Pj Bupati Langkat

Senin, 15 April 2024 - 19:53 WIB

HUT Ke 916 Kota Tidore Kepulauan, Walikota Ali Ibrahim Janjikan Bangun Tempat Pelestarian Budaya

Senin, 15 April 2024 - 19:46 WIB

Pasien Asal Desa Moloku Keluhkan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Saketa

Senin, 15 April 2024 - 19:30 WIB

Tim Relawan Hj Eka Dahliani Usman Sudah Bentuk Simpul-Simpul Di 30 Kecamatan

Senin, 15 April 2024 - 16:13 WIB

Poros Muda Golkar Indonesia Apresiasi dan Dukung Kader Terbaik Partai Golkar Banten Untuk Pilkada 2024

Senin, 15 April 2024 - 10:33 WIB

Ketua Umum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Minta Pemerintah Segera Mekarkan Kab. Bogor Barat

Minggu, 14 April 2024 - 15:20 WIB

Pengendara Keluhkan Jalan Kabupaten yang Bergelombang Menujuh Wisata Tangkahan di Langkat

Sabtu, 13 April 2024 - 20:23 WIB

Ketika Mengikuti Hadrah, Bupati Freddy Thie Disambut Remaja Gereja Rehobot

Berita Terbaru