Komunitas Jabar Unggul dan Indonesia Unggul: Siapapun Pemenang Pilpres 2024, Jawa Barat Tetap Bangkit

Jumat, 29 September 2023 - 07:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Tody Ardiansyah Prabu – (Ketua Umum Komunitas Jabar maupun Indonesia Unggul / *Aktifis alumni kahmi Univ Trisakti)

BANDUNG – Komunitas Jabar maupun Indonesia Unggul Berpandangan:

Suara Jabar adalah potensial untuk penentu kemenangan Presiden 2024. Siapapun pemenangnya Pilpres 2024 warga Jabar harus bangkit jangan jadi penonton atau bagian dari statistik Pilpres. Jangan sampai terjadi hanya memanfaatkan Suara Jabar hanya untuk kepentingan konsumsi pilpres setelah pemilu, propinsi Jabar dan warga Jabar dilupakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dasar berdirinya komunitas / Organisasi Jabar Unggul maupun Indonesia Unggul pertimbanganya :

Seiring Momentum geopolitik dan geostrategi Politik 2024 perlunya peranan pemuda – pemudi melahirkan menggali mengaplikasikan gagasan dengan melakukan pergerakan politik secara masif, cepat dan terukur bagaimana mendorong generasi unggul dari ketokohan srikandi jawabarat yakni Bu Susi Pudjiastuti yang memiliki kemampuan teruji secara nasional, berhasil kinerjanya dengan meraih segudang pengalaman prestasi dan penghargaan baik didomestik maupun internasional layak menjadi estafet kepemimpinan nasional ( Cawapres ) di 2024 menuju peradaban era modernisasi yang humanis, berkeadilan dan bermartabat

Komunitas ini menyatukan seluruh element masyarakat jabar menjadikan suatu pelopor perintis pergerakan masif dan inspiratif kekinian dalam kemajuan jawabarat dan melahirkan ketokohan estafet kepemimpinan nasional dari jawabarat untuk leading masa depan lebih baik jabar dan indonesia unggul di era modernisasi!!*

Visi Jabar maupun Indonesia Unggul adalah mewujudkan Masyarakat Generasi Indonesia yang unggul, Humanis berkeadilan dan bermartabat dengan semangat gotongroyong untuk melanjutkan pembangunan dan perubahan arah Indonesia yg lebih baik bersejajar dengan negara adidaya.

Misi Jabar maupun Indonesia Unggul :

1. Peningkatan kualitas SDM generasi Unggul berdaya saing dan berkarakter. Generasi berkarakter adalah generasi yang menguasai ilmu dan teknologi serta berakhlak mulia & bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa*

2. Mengoptimalkan, menciptakan, melahirkan menyiapkan generasi SDM Unggul untuk estafet kepemimpinan di Jawabarat & Indonesia.
3. Merawat komunikasi silaturahim bersama lintas tokoh jawabarat dan tokoh Indonesia dalam menata peradaban jabar & indonesia Unggul di era modernisasi
4.Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Daya saing yang Unggul di era Modernisasi.
5. Mewujudkan Peran Generasi Pemuda Indonesia yang memajukan Maritim Indonesia agar indonesia terwujudnya Indonesia sebagai Negara Poros maritim kuat yang mana Indonesia sebagai Negara kepulauan*
6.Mendorong memperluas peran pemuda dalam literasi pemahaman kemaritiman dan maritim yang kuat terwujudnya perairan indonesia yang bersih, sehat dan produktif kemanfaatanya untuk kesejahteran kemakmuran rakyat dan negara Indonesia.

Tahun Politik suksesi menjelang 2024 dinamika peta politik selalu dinamis, semakin menarik dalam rivalitas kompetesi tentunya jadi sorotan publik rakyat Indonesia untuk menilai siapa yg layak dipilih dan pantas memimpin Indonesia di 2024. Siapapun Presidennya baik itu Ganjar, Prabowo maupun Anies Jika ditakdirkan oleh Allah Swt dan kelak terpilih tentunya Rakyat Ingin ada berkelanjutan kebijakan yang pro untuk rakyat dan peradaban perubahan yang semakin lebih baik untuk memperjuangkan kebutuhan yang sangat dasar masyarakat baik itu Sandang, Pangan, Papan, kebutuhan hidup layak mendapatkan lapangan pekerjaan, fasiltas infrastruktur jaminan kesehatan yang baik, pendidikan maupun hidup kesejahteraan yang layak. Kami dari Komunitas Jabar & Indonesia Unggul ingin berpesan moral kepada calon presiden, partai pengusung koalisi agar memperhatikan Kebutuhan dasar rakyat Indonesia bukan kepentingan elit kekuasaan semata yang didahulukan. Bilamana Arah Indonesia memiliki mimpi 100 tahun indonesia di 2045 untuk mewujudkan Indonesia Unggul berdaya saing ekonomi sejajar negara – negara adidaya. langkah langkah urgensi strategis apa yang akan dilakukan pemerintah maupun pemimpin negeri ini jika terpilih di 2024 untuk mewujudkan impian tsb?? Indonesia sebagai *Negara Besar* harus punya roadmap pertahanan dan keamanan yang jelas dalam langkah strategis geostrategis dan geopolitic, apalagi ancaman konflik dikawasan laut china selatan yang bisa terjadi kapanpun yang mana indonesia sebagai negara yang memiliki banyak kepulauan dan memiliki selat jalur perairan laut yang strategis yang mana dilintasi perdagangan yg padat di dunia, Sumber Daya Alam yang indah dan Kaya dengan bonus demografi penduduk yang produktif, Muslim terbanyak di dunia dapat terwujudnya menjadi Trend Role Model / Teladan Terbaik Negara Demokrasi disegani Dunia dangan menentukan arah perjalanan ekonomi dunia* Indonesia benar – benar bisa menunjukkan kekuatan armada laut, kekuatan Tol laut, Kekuatan logistik laut dan kekuatan militer pangkalan laut dan perbatasan di maksimal kan agar negara tetangga pun memperhitungkan Indonesia dan ZEE ( Zona Ekonomi Ekslusif ) agar potensinya di maksimalkan oleh negara. Kenapa Negara Adidaya Ambisi besar di laut karena ingin menguasai jalur pedagang antar benua dan jalur roadmap jalur sutranya ??? Ini catatan penting Jika Indonesia mau menjadi negara Besar fokus pertahanan di laut, udara dan Darat.

Pemilu 2024 kekuatan Capres dan Cawapres keseimbangan akan menjadi bahan kekuatan, berbeda pilpres ada posisi menjadi incumbent, incumbent / posisi ketika sedang menjabat kekuasaan presiden.

Wilayah Jabar sebagai penentu Kemenangan Capres

*Dengan Potensi yang dimiliki Jawabarat dengan jumlah penduduk terbesar dan pemilih DPT terbesar untuk pilpres suksesi 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan daftar pemilih tetap (DPT) Jawa Barat yang memiliki hak suara dalam Pemilu 2024 berjumlah 35.714.901 orang yakni :
Sebanyak 17.958.814 orang di antaranya laki-laki, dan 17.756.087 orang perempuan.

Baca Juga :  Jokowi Effect & Prabowo Effect dalam meraih Tujuan yang Sama Bekelanjutan, Berkolabarasi Menjadi Kekuatan Besar untuk meraih kemenangan Prabowo di Pilpres 2024

Jabar menjadi wilayah strategis yang tentu menjadi rebutan semua partai politik dan pasangan capres-cawapres dalam Pemilu 2024. Apalagi hasil pemilu di Jabar bisa menentukan hasil pemilu di nasional. Daerah Jawa Barat (Jabar) bisa menjadi penentu mendongkrak suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di 2024. Komunitas Jabar & Indonesia Unggul Bersikap Siapapun Calon Presidennya menjadi Pemenang dan Jabar menjadi Penentu kemenangan Capres Agar beberapa Tokoh Jabar bisa menjadi representatif di Kabinet sesuai dengan Rekam Jejak yang memiliki Integritas dalam membangun kemajuan negara NKRI yang Unggul.

Suara Jabar adalah potensial untuk penentu kemenangan Presiden 2024. Siapapun pemenangnya Pilpres 2024 warga Jabar harus bangkit jangan jadi penonton atau bagian dari statistik Pilpres. Jangan sampai terjadi hanya memanfaatkan Suara Jabar hanya untuk kepentingan konsumsi pilpres setelah pemilu, propinsi Jabar dan warga Jabar dilupakan.

Jawabarat sangat urgensi perlu adanya lahir kepemimpinan nasional yang bisa mengantarkan peradaban Jawabarat dan Indonesia lebih unggul maju demi tercapainya kemakmuran rakyat, melahirkan para ilmuwan intelektual, melahirkan estafet kaderisasi kepemimpinan nasional dari jawabarat dengan segala potensi yang ada di jawabarat sosok pemimpin ketokohan jabar seperti Figur Ibu Susi Pudjiastuti salah satunya tokoh srikandi yang sangat dekat dengan rakyat kecil seperti nelayan apalagi jabar dikeliling laut yang kaya potensinya dan representatif kepemimpinan dari jawabarat sangat melengkapi kepemimpinan nasional yang ideal, tepat, terukur dan pas untuk mendampingi bakal calon wakil presiden dari Bp. Ganjar pranowo sebagai capres dr PDI-P beserta koalisinya maupun capres Prabowo Subianto dari Gerindra beserta koalisinya*

Ketokohan Jabar

Suara Jabar adalah potensial untuk penentu kemenangan Presiden 2024. Siapapun pemenangnya Pilpres 2024 warga Jabar harus bangkit jangan jadi penonton atau bagian dari statistik Pilpres. Jangan sampai terjadi hanya memanfaatkan Suara Jabar hanya untuk kepentingan konsumsi pilpres setelah pemilu, propinsi Jabar dan warga Jabar diilupakan.

Komunitas Jabar & Indonesia Unggul Bersikap Siapapun Calon Presidennya menjadi Pemenang dan Jabar menjadi Penentu kemenangan Capres Agar beberapa Tokoh Jabar bisa menjadi representatif di Kabinet sesuai dengan Rekam Jejak yang memiliki Integritas dalam membangun kemajuan negara NKRI yang Unggul.

Jabar memiliki banyak tokoh – tokoh dari segala lintas profesi baik pengusaha, seniman budayawan, kader partai, profosional akademisi, purnawirawanTNI / Polri maupun yang Aktif.

Tokoh Pengusaha :

1.) *Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti.

Biodata Susi Pudjiastuti
Nama : Susi Pudjiastuti
Lahir : Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965
Agama : Islam

Karir bisnis :

1.Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek “Susi Brand.”
2.Pendiri maskapai Susi Air

Karir politik :

1. Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019

penghargaan yang berhasil disabet selama kurang lebih lima tahun menjabat?

1). Leaders for a Living Planet Award dari WWF

Organisasi non profit dunia yang bergerak di bidang lingkungan, WWF telah memberikan penghargaan Leaders for a Living Planet kepada Menteri Susi Pudjiastuti di tahun 2016 lalu.

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden WWF di Washington DC, Amerika Serikat.

Susi dinilai telah berkontribusi besar dalam upaya melestarikan alam, khususnya bawah laut, demi pembangunan berkelanjutan.

Kebijakan-kebijakan yang dinilai melestarikan seperti misalnya, memperkenalkan ukuran tangkap minimum untuk biota ke nelayan. Kemudian, ia juga melarang penggunaan alat tangkap perikanan yang bisa merusak ekosistem bawah laut, menetapkan kawasan konservasi perairan, dan tentunya melawan praktek penangkapan ikan secara ilegal.

2. Peter Benchley Ocean Awards.

Peter Benchley Ocean Awards merupakan penghargaan maritim tertinggi di dunia. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh pejabat publik, maupun tokoh masyarakat yang berkontribusi besar terhadap kelestarian laut.

Menteri Susi Pudjiastuti mendapatkan penghargaan ini pada tahun 2017 lalu. Ia dinilai mampu mengubah kualitas bawah laut Indonesia menjadi lebih baik lagi.

3. Seafood Champion Award

Pada tahun 2017 Susi kembali menyabet penghargaan Seafood Champion Award di Amerika Serikat. Dalam penghargaan itu terdapat empat kategori, yaitu Innovation, Vision, Advocacy, dan Leadership.
Menteri Susi Pudjiastuti memenangkan penghargaan di kategori Leadership. Pendiri maskapai penerbangan Susi Air ini dinilai sukses menjalankan pekerjaannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Berkat kepemimpinannya, kesehatan laut di Indonesia membaik, dan praktek penangkapan ikan secara ilegal oleh kapal-kapal asing.

4. Masuk daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi BBC

Penghargaan kelas dunia lainnya adalah, Menteri Susi Pudjiastuti berhasil masuk ke dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi BBC. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Susi telah tersorot dengan baik oleh media-media.

5. Masuk sebagai 10 pemikir dunia di bidang pertahanan maupun keamanan Susi masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan menurut versi majalah ternama Foreign Policy.

Baca Juga :  Respons Ucapan Viral Prabowo "Ndasmu Etik", Affandi Ismail: Tidak Layak Diutarakan!

Susi Pudjiastuti adalah seorang tokoh penting di Indonesia yang dikenal sebagai pengusaha sukses dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan

2. ) *Agung Suryamal Sutisno.

Lahir : Bandung, 6 April 1965
Agama : Islam yang berasal dari Jawa Barat.

Karier Pengusaha Bisnis :
Direktur Utama PT. Desfila Surya Daya Perkasa
Komisaris Utama PT. Sigma Persada Indonesia
Wakil Dewan Pembina Koperasi Pasar Induk Caringin

Karier Organisasi :
1.Wakil Ketua PMI Jawa Barat
2.Bendahara BAMUS Sunda Pusat
3.Anggota Dewan Pakar ICMI Jawa Barat
4.Ketua HIPMI Jawa Barat Periode 2002-2005
5.Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat (Kadin Jabar) Periode 2009-2013
6.Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat (Kadin Jabar) Periode 2013-2018

Prestasi selama menjadi ketua kadin jabar selama 2 periode :

1. Membenahi UMKM di jabar
2. Penataan Pedagang Kaki Lima seperti Cimol direlokasi yang dulunya dicibadak membuat semrawut kota direlokasi dipusatkan di Pasar Gede Bage.
3. Menata organisasi Kadin Jabar sampai Mendirikan dan mewujudkan Menara Kadin Jabar jalan sukabumi 40 kota Bandung untuk Organisasi Kadin Jabar.

Agung Suryamal adalah sosok tokoh penggerak ekonomi kerakyatan jabar. Kini bisnisnya bergerak disektor migas dan beberapa bisnis lain yang tersebar di jabar maupun jakarta, beliau memiliki jaringan luas mulai dari kalangan pengusaha, politisi, birokrat dari dalam maupun luar negeri. Kang Agung suryamal anak tokoh senior jawabarat bernama Sutisno mantan anggota dpr ri utusan daerah, ketua himpunan pengusaha pribumi jabar, dan maupun pendiri pasar induk Caringin di kota Bandung.

Tokoh Politik kader Partai :

3.) Nama : *H. Dedi Mulyadi, S.H.
Lahir : Subang, 11 April 1991 dari pasangan Sahlin Ahmad Suryana dan Karsiti. Masa kecil hingga remaja ia habiskan di kota kelahirannya.
Agama : Islam

KELUARGA :
Orang Tua     : Sahlin Ahmad Suryana dan Karsiti
Istri                : Ex Anne Ratna Mustika
Anak              : 1.Ahmad Habibie Bungsu Maula Akbar
2.Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip

PENDIDIKAN
SD Sukabakti (1984)
SMPN Kalijadi (1987)
SMA Negeri Purwadadi (1990)
Sekolah Tinggi Hukum (STH) Purnawarman (1999)

KARIER ORGANISASI :
Ketua Umum HMI Cabang Purwakarta (1994)
Senat mahasiswa STH Purnawarman, Purwakarta (1994)
Wakil Ketua DPC Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) (1997)
Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). (1998)
Wakil Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Purwakarta (1999)
Wakil Ketua GM FKPPI (2002)
Ketua PC Pemuda Muslimin Indonesia (2002)
Sekretaris KAHMI Purwakarta (2002)
Anggota DPRD Purwakarta (2001-2003)
Ketua DPD Golkar Purwakarta (2003)
Wakil Bupati Purwakarta (2003-2008)
Sekretaris Jenderal Partai Golkar Jawa Barat (2010)

Karir Politik :

Bupati Purwakarta (2008-2013)
Bupati Purwakarta (2013-2018)
Ketua DPD Golkar Jawa Barat (2016)
Wakil ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra ( Sekarang )

Tokoh Militer dari Jabar :

4.) Nama : Jenderal TNI (Purn.) Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. (nama lahir: Fransiskus Xaverius Emanuel Andika Perkasa)
Lahir : Bandung, 21 Desember 1964
Agama : Islam

Istri : Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono

Anak:

1.Alexander Akbar Wiratama Perkasa Hendropriyono
2.Angela Adinda Nurrina Perkasa Hendropriyono Andrew Perkasa

Riwayat pendidikan :
Pendidikan Akademik
Strata-1
S-1 Manajemen Universitas Terbuka
Strata-2
The Military College of Vermont, Norwich University, Northfield, Vermont, Amerika Serikat. Judul tesis: Iraq’s Next Major Violation of Resolution 687 & the Most Likely Response of the United States (1999)[
National War College, National Defense University, Washington D.C., Amerika Serikat (2003)
Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat (2004)
Strata-3
The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington D.C., AS (2005)

Pendidikan Militer :
Akademi Militer (1987)
Sesarcab Infanteri
Pendidikan Komando
Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) (Lulusan Terbaik Susreg XXXVII 2000)
Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas RI)

Riwayat jabatan :

Letnan Dua s/d Letnan Satu :

Komandan Peleton Grup 2/Para Komando, Kopassus (1987)
Komandan Unit 3, Grup 2/Para Komando, Kopassus (1987)
Komandan Subtim 2, Sat Gultor 81, Kopassus (1991)
Kapten
Komandan Tim 3, Sat Gultor 81, Kopassus (1995)
Komandan Resimen 62, Yon 21 Grup 2/Para Komando, Kopassus (1997)
Pama Kopassus (1998)

Mayor :
Pamen Kopassus (1999)
Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam, Subdit Kebijakan Pelaksanaan (Jaklak), Direktorat Kebijakan Strategi (Ditjakstra), Ditjen Strahan, Departemen Pertahanan (2000)
Kepala Seksi Penyusunan, Subdit Kebijakan Pelaksanaan (Jaklak), Direktorat Kebijakan Strategi (Ditjakstra), Ditjen Strahan, Departemen Pertahanan (2001)
Pamen Mabes TNI-AD (2001)

Letnan Kolonel :
Komandan Batalyon (Danyon) 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3/Sandhi Yudha, Kopassus (2002)
Kepala Seksi Intelijen, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta (2002)
Pabandya A-33, Direktorat A, Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI (2002)
Pabandya IV/Fasdik, Spaban Opsdik, Sdirdik, Kodiklat TNI-AD (2008)
Kepala Bagian Perencanaan, Sdirum, Kodiklat TNI-AD (2009).

Kolonel :
Sekretaris Pribadi (Sespri) Kepala Staf Umum (Kasum) TNI (2010)
Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta (2011)
Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera, Kodam I/Bukit Barisan (2012)
Brigadir Jenderal
Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad) (2013)

Baca Juga :  Kecerdasan Silaturahmi Kang FMB

Mayor Jenderal :
Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) (2014)
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura (2016)

Letnan Jenderal :
Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) (2018)[21]
Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) (2018)

Jenderal :
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (2018)
Panglima Tentara Nasional Indonesia ( 17 November 2021 – 19 Desember 2022 )

Adapun Tokoh Nasional lain dari jabar yang masih aktif di Pemerintahan.

*Tokoh Mliter Purnawirawan :*

5. ) Nama : Mayor Jenderal TNI (Purn.) Supiadin Aries Saputra
Lahir : Garut, 3 April 1952 adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat dan anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Nasdem. Ia berasal dari daerah pemilihan Jawa Barat XI. Supiadin juga merupakan seorang purnawirawan TNI AD, ia alumni Akabri tahun 1975.

Karier Militer :
Karier kemiliterannya dimulai sebagai komandan peleton di Batalyon Infanteri 743/Pradnya Samapta Yudha, kemudian beberapa posisi di tubuh angkatan darat didudukinya.

Pangkat brigadir jenderal diraihnya ketika ia menjabat Kepala Staf Kodam VI/Tanjungpura, tahun 2003. Ia sempat dua kali menjabat sebagai Panglima Kodam, yaitu sebagai Panglima Kodam IX/Udayana dan Panglima Kodam Iskandar Muda. [2] Selepas menjabat sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda, ia diserahi tanggung jawab sebagai Asisten Operasi Panglima TNI.

Riwayat jabatan :

Danton III Ki C Yonif 743/Pradnya Samapta Yudha
Dankipan A Yonif 743/Pradnya Samapta Yudha
Dankipan C Yonif 743/Pradnya Samapta Yudha
Gumil Gol VI Deptik Pusdikif
Kasitiksus Deptik Pusdikif
Ps. Danyonif 401/BR
Danyonif 401/BR (1990-1993)
Dandim 0732/Sleman (1993-1995)
Waaster Kasdam IV/Diponegoro (1995-1996)
Danrindam IV/Diponegoro (Sesko ABRI) (1996-1997)
Dosen Sesko ABRI (1997-1998)
Asops Kasdam IV/Diponegoro (1998-2000)
Danrem 071/Wijaya Kusuma (2000-2001)
Pamen Mabesad (Dik Lemhannas) (2001-2002)
Waaster Kasad (2002-2003)
Kasdam VI/Tanjungpura (2003-2003)
Pangdam IX/Udayana (2003-2005)
Pangdam Iskandar Muda (2005-2008)
Asops Panglima TNI (2008-2010)
Penugasan
Operasi Dharmanusa Aceh – . Tahun: 2005 – 2008
Operasi Tim-Tim – . Tahun: 1990 – 1992
Operasi Tim-Tim – . Tahun: 1983 – 1983
Operasi Tim-Tim – . Tahun: 1978 – 1978

Karir Politik :
anggota DPR RI periode 2014-2019 komisi 1 Fraksi NasDem

Karir Organisasi Partai :

Ketua Dpw NasDem Jabar : 2015 ( 6 bulan )
Ketua DPP NasDem Bidang Pertahanan Kemananan

6. Tokoh Budayawan & Politik :

Nama : Drs. H. Eka Santosa
Lahir : Banjar, Jawa Barat, 29 Juli 1959 Beliau adalah seorang politikus Indonesia. Ia adalah mantan anggota Komisi II Dpr RI.

Agama : Islam

Riwayat Pendidikan :

SDN Sukaraja ll Kab. Tasikmalaya, lulus 1972
SMPN l Banjar Kab. Ciamis, lulus 1975
SMAN l Banjar Kab. Ciamis, lulus 1978
Sarjana Ilmu Pemerintahan FISIP UNPAD, lulus 1986
Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Politik UNPAD 2005

Riwayat Organisasi :

1977: Ketua OSIS SMAN 1 Banjar Kab. Ciamis
1978: Wakil Ketua Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM) Pemuda Demokrat Kab. Ciamis.
1978 – 1980: Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kab. Ciamis.
1979 – 1986: Ang./Aktivis GMNI Cabang Bandung.
1993 – 1998: Wakil Ketua Balitbangda DPD PDI Jabar
1999/2000: Wakil Sekertaris DPD PDI Perjuangan Jabar
2001 – 2005: Ketua Alumni GMNI Jawa Barat.
2002 – 2006: Ketua Umum KONI Jawa Barat
2003 – sekarang: Dewan Penasihat KADIN Jabar
2005 – sekarang: Ketua Alumni FISIP UNPAD
2008 – sekarang: Ketua Bidang Hubungan Antar lembaga Taruna Merah Putih.
2010 – sekarang: Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Citarum
2010 – 2013: Sekertaris Jenderal BOTS (Baresan Olot Tatar Sunda)
2012 – 2017: Ketua Harian IKA UNPAD
2013 – 2015: Ketua DPW Partai NasDem Jabar
2015 – sekarang: Ketua Umum Gerakan Hejo
2016 – sekarang: Sekjen BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat)
2017 – sekarang: Ketua DPW Partai Berkarya Jabar

Riwayat Pekerjaan & Karir Politik :

1985 – 1989 Pimpinan Cabang PT Cita Gelora (Peralatan Telekomunikasi)
1990 – 2002 Direktur Utama PT. Cempaka Manunggal Karya (Developer Perumahan Bumi Cempaka Asri Rangkasbitung Kab. Lebak Banten).
1994 – 1996 Manager Pengembangan Usaha koperasi Pegawai Telkom Kantor Pusat.
2002 – sekarang, Komisaris PT Cempaka Manungal Karya.
1999 – 2000, Ketua Komisi A DPRD Prov. Jabar
2000 – 2004 Ketua DPRD Prov. Jabar.
2004 – 2009 DPRI – Komisi ll

Tanda Penghargaan :
1986 Direktur Jenderal Sekretariat Nasional – ASEAN DEPLU RI.
1989 Menteri Negara dan Lingkungan Hidup & Menteri Negara Perumahan Rakyat.
Dosen Luar Biasa atas Dharma Bhakti dan Pengabdian Kepada Universitas Galuh dari Universitas Galuh Ciamis.
2004 Penghargaan dan Tanda Jasa dari Dewan Harian Daerah 45 (DHD 45)
2004 Penghargaan dan Tanda Jasa dari Gubernur Jabar sebagai Ketua DPRD Jawa Barat periode 1999 – 2004.
2006 Tanda Jasa SATYA BINA BHAKTI UTAMA dari PB Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Semoga Allah Swt Meridhoi Perjuangan Para Pemimpin Indonesia untuk mengantarkan Peradaban Indonesia Yang Lebih Baik.
*Rakyat Indonesia membutuhkan sosok Figur yang Membumi dekat dengan rakyat, dan Menggetarkan Dunia sebagai Macan Dunia

Salam Perjuangan, Merdeka !!! Yakin Usaha Sampai*

”wallahu a’lam bishawab”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tody Ardiansyah Prabu
Editor : Yuli
Sumber :

Berita Terkait

Fransiscus Go dalam Survey Calon Gubernur NTT
Jodoh Maluku Utara Adalah Taufik Madjid
Anak Indonesia, Harapan Peradaban Dunia “Menyambut Bonus Demografi 2045”
Jangan Permainkan Suara Rakyat Papua
Bahasa Ibu Sebagai Identitas Orang Asli Papua
OAP Wajib Selamatkan Bahasa Ibu Sebagai Identitas Warisan Budaya
Wujudkan Budaya Politik Bersih dan Beretika dalam Pesta Demokrasi
Selamatkan Generasi Muda Papua Dari Ancaman Bahaya Alkohol Dan Narkoba

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 21:31 WIB

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai

Jumat, 19 April 2024 - 18:52 WIB

Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045

Jumat, 19 April 2024 - 18:46 WIB

Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB

Jumat, 19 April 2024 - 18:40 WIB

Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan

Kamis, 18 April 2024 - 17:37 WIB

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

Kamis, 18 April 2024 - 17:33 WIB

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Kamis, 18 April 2024 - 13:53 WIB

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Rabu, 17 April 2024 - 18:11 WIB

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Berita Terbaru