BeritaPEMILU 2024

KPU Langkat Gelar Sosialisasi Verifikasi Faktual Partai Politik

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat menggelar sosialisasi persiapan verifikasi faktual partai politik (Parpol) dengan calon peserta pemilu 2024. Dimana kegiatan itu digelar bersama instansi tingkat kabupaten bertempat di Hotel Grand Stabat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, pada Jum’at (14/10/2022).

Di kesempatan itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Langkat Muhammad Khair menerangkan tentang mekanisme pendaftaran parpol, yang akan dilakukan verifikasi.

“Verifikasi adalah penilaian terhadap kelengkapan, keabsahan dan kebenaran dokumen,” kata Khair.

Dokumen persyaratan parpol calon peserta Pemili 2024 itu, kata Khair, sebagaimana yang dimaksud dalam Undang – undang. Tim verifikasi akan melakukan pendatan ke lapangan.

Baca Juga :  Satgas Yonif 511/DY Bersinergi Dengan Dompet Dhuafa Gelar Khitan Gratis Untuk Masyarakat Papua

“Hal itu tentunya dapat terwujud atas dukungan pihak terkait. Dalam hal ini adalah unsur pemerintah daerah, khususnya para camat,” tuturnya.

Usai kegitan itu, Ketua Bawaslu Langkat Sopian Sitepu menyampaikan, kegiatan itu merupakan rapat kordinasi (rakor) dengan pihak terkait, yakni dengan pihak pemerintahan. Tujuannya untuk mempermudah tugas tim verifikator.

Verifikasi faktual itu sendiri, akan dimulai 15 Oktober hingga 4 November mendatang. “Sejauh ini belum ada kendala yang berarti. Namun karena keterbatasan tim, kita melibatkan pihak terkait,” terang Sopian.

Penulis : Teguh
Editor : Admin
Sumber :
1 2Laman berikutnya
Tetap terhubung dengan kami:
Rekomendasi untuk Anda
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi untuk Anda