Pemkab Kaimana Raih Skor MCP Tertinggi di Papua Barat

Rabu, 5 Juni 2024 - 16:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia menyebut skor monitoring center prevention (MCP) Pemerintah Kabupaten Kaimana tahun 2023 untuk pencegahan tindak pidana korupsi mencapai 63, dan menjadi yang tertinggi di Provinsi Papua Barat.

Posisi kedua ditempati oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat 50, Pemkab Fakfak 49, Pemkab Manokwari 47, Pemkab Teluk Wondama 43, Pemkab Teluk Bintuni 28, Pemkab Manokwari Selatan 27, dan Pemkab Pegunungan Arfak 16.

Dilansir dari Antara, Bupati Kaimana Freddy Thie mengatakan tujuh area yang menjadi indikator pengukuran MCP telah dilaksanakan sesuai dengan asas kepatuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tujuh area MCP meliputi perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, proses perizinan, pengawasan aparat pengawas intern pemerintah (APIP), manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, dan pengelolaan barang milik daerah.

Baca Juga :  Presiden Minta Kepala Daerah Kembangkan Potensi Daerah, Begini Tanggapan Bupati Kaimana

“Terlepas dari itu, semua perencanaan dan penganggaran yang dibuat harus tepat guna dan tepat sasaran,” ujar Freddy, Selasa (4/6).

Menurut dia pencapaian MCP tertinggi di Provinsi Papua Barat sudah diraih sebanyak tiga kali berturut-turut, dan merupakan wujud komitmen dari seluruh aparatur pemerintah kabupaten setempat dalam mencegah praktik tindak pidana korupsi.

Pemerintah kabupaten secara berkala melakukan evaluasi terhadap pelayanan publik pada tujuh area yang menjadi indikator pengukuran MCP, sembari meningkatkan kapasitas APIP guna mengoptimalkan tugas pengawasan.

“Kami tidak berpuas diri atas capaian MCP, tapi terus berbenah supaya pelaksanaan program pembangunan kesejahteraan rakyat semakin lebih baik,” ucap Freddy Thie.

Dia mengakui bahwa kinerja pencegahan tindak pidana korupsi di Tanah Papua secara keseluruhan belum sebanding dengan wilayah tengah dan barat Indonesia, meski demikian pemerintah daerah terus berupaya semaksimal mungkin.

Baca Juga :  Sambut Provinsi Papua Barat Tengah, Bupati Kaimana Freddy Thie Dorong Pemekaran Kabupaten Lain di 4 Wilayah

Kesamaan persepsi seluruh aparatur pemerintah daerah di Provinsi Papua Barat menjadi faktor penting dalam merealisasikan komitmen untuk memberantas tindak pidana korupsi pada seluruh aspek penyelenggaraan roda pemerintahan.

“Saya sering ikut kegiatan KPK, capaian Pemkab Kaimana tidak sebanding daerah lain di wilayah tengah dan barat. Tetapi, tentu kami tidak berkecil hati,” ucap bupati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis :
Editor : MUFIK
Sumber : ANTARA

Berita Terkait

Kapolres Halsel, Bersama Rombongan Kunjungi Polsek Gane Timur
Bapenda Malut Gelar Focus Group Discussion Peningkatan PAD Melalui Sidola Batagi
Bakal Calon Bupati, Hj Eka Dahliani Usman Beri Ucapan “Hut Halsel ke-21.Tahun 2024
Disinformasi Isu Deklarasi Paslon Boneftar-Fatah di Pilkada Manokwari 2024
PLN Indonesia Power Gelar Aksi Bersih Diarea Pantai Pelabuhan
HUT Ke-21 Kaimana, Freddy Thie Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan
Bupati Freddy: Prestasi dan Inovasi Kabupaten Kaimana Harus Terus Ditingkatkan
Hari Lingkungan Hidup, PLN Indonesia Power dan UBP, Tanam Ratusan Pohon

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru