Pemkot Tidore Dukung Observasi KPK Di Tiga Desa

Selasa, 14 Februari 2023 - 22:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Pemerintah kota Tidore kepulauan mendukung salah satu program dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) di kota Tidore.

Program yang dijalankan KPK di kota Tidore terfokus di Tiga Desa di terpilih yang menjadi lokus observasi program Desa Antikorupsi, Tiga Desa yaitu, Desa Maitara Selatan, Desa Maitara Tengah dan Desa Ampera.

“Terima kasih kepada tim observasi dari KPK RI yang telah memilih Kota Tidore Kepulauan sebagai lokus program Desa Antikorupsi,” ungkap Wali kota Tidore Capt H Ali Ibrahim MH saat menerima Tim Observasi Desa Antikorupsi KPK RI, David Sepriwasa bersama dua rekannnya Nur Cahyadi, dan Firda F di hadapan Wali kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali di ruang rapat Wali kota Tidore, Selasa (14/2/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Diharapkan Ali Ibrahim, Dari program observasi ini, semoga betul-betul menjadi Desa yang bebas korupsi dan menjadi contoh bagi Desa lainnya di Maluku Utara,” Tutur  Ali Ibrahim.

Baca Juga :  Hujan Deras, Longsor Tutup Ruas Jalan, 13 Rumah Warga Terendam Banjir di Buru Selatan

Tim Observasi Desa Antikorupsi KPK RI, David Sepriwasa dalam kesempatan tersebut menyampaikan, tahun ini ada 22 Provinsi yang dijadikan percontohan Desa Antikorupsi, dan untuk Maluku Utara direkomendasikan oleh beberapa stakeholder seperti Kemendagri, Kemendes, Kemenkeu, KPK dan Pengamat Pedesaan, memilih Kota Tidore Kepulauan.

“Jadi Maluku Utara segitu banyak Kabupaten/Kota tetapi yang dipilih Kota Tidore Kepulauan, artinya sangat luar biasa Kota Tidore terpilih dari beberapa Kabupaten/Kota di Maluku Utara, olehnya itu kami memberikan apresiasi. Kami nantinya akan mengunjungi 3 wilayah yang masuk observasi, yaitu Desa Maitara Selatan, Desa Maitara Tengah, dan Desa Ampera,” Ucap David

Lebih lanjut, David menambahkan, 3 Desa ini yang akan kami lihat untuk dijadikan percontohan Desa Antikorupsi, dan ini satu kehormatan bagi kami, Kota Tidore Kepulauan telah menyalonkan 3 Desa untuk dijadikan Percontohan Desa Antikorupsi. Tentu 3 Desa ini akan dinilai dengan berbagai indikator, dan dijadikan contoh Desa Antikorupsi bagi Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga :  Bantah Menganiaya Karyawan Resto, BKH Melapor Balik

“Tentu dari 3 Desa ini nanti ada yang nilai tertinggi, tapi bagaimanapun 3 Desa ini akan menjadi percontohan di Maluku Utara, dari Kabupaten/Kota yang lain pasti akan berkunjung ke sini untuk mempelajari terkait percontohan Desa Antikorupsi, jadi mereka tidak perlu jauh-jauh belajar kesana, cukup di Maluku Utara saja, walaupun nantinya yang mewakili Provinsi Maluku Utara hanya 1 Desa saja,” Imbuh David.

Di kesempatan yang sama, Tim Observasi KPK RI Nur Cahyadi juga mengatakan, untuk mendukung program Desa Antikorupsi ini, Dinas Kominfo berperan sangat penting, karena Kominfo sebagai jendela informasi buat masyarakat luas bisa mengakses informasi dan mendukung sebuah Desa agar menjadi lebih digital.

Baca Juga :  Pemkot Tidore Terus Mengendalikan Ekonomi

“Jadi masyarakat bisa melihat profil perkembangan Desa melalui website, dan 3 Desa yang akan kami observasi ini sudah memiliki website, kami akui itu. Kami juga berharap Dinas PMD berkenan dapat memantau dan memonitoring secara komperensif, karena tahapan untuk menjadi Desa Antikorupsi ini kurang lebih 1 tahun, dan itu sangat memakan energy, waktu dan pikiran dari para apratur Desa. Karena selain administrasi, digitalisasi juga sangat diperlukan,” Jelas Nur Cahyadi.

Turut hadir dalam rapat persiapan observasi ini, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku Utara, Kepala Inspektur Daerah Kota Tidore, Kepala Dinas PMD Kota Tidore, Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Fiqram
Sumber :

Berita Terkait

Teller Bank BRI Ternate Tilap Tabungan Ibadah Haji, Nasabah Beri Somasi
ASN Kota Tidore Kepulauan Gelar Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Santrani Abusama Dapat Surat Tugas Dari DPP Partai Demokrat, Dan Siap Tarung Di Pilwako
Pemerintah Kampung Negeya Salurkan Bantuan Dana BLT Kepada Masyarakat
Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024
347 Pegawai PPPK Kota Tidore Kepulauan Resmi Terima SK Pengangkatan
Walikota Ali Ibrahim Resmi Lepas 118 Calon Jama’ah Haji Kota Tidore Kepulauan
Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Fakultas Hukum Unkhair Sosialisasi money Politic 

Berita Terkait

Senin, 13 Mei 2024 - 16:45 WIB

Kunjungi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar, Komite I Akan Perjuangkan Aspirasi Bapas

Sabtu, 11 Mei 2024 - 18:53 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Sulit Untuk Dijegal

Kamis, 9 Mei 2024 - 18:57 WIB

Soal RUU Pengelolaan Ruang Udara, Senator Filep Beri Analisa Dampak Bagi Daerah

Rabu, 1 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kalah dari Uzbekistan, Ketua DPD RI Pacu Semangat Timnas Indonesia U-23 Tetap Menyala

Rabu, 1 Mei 2024 - 13:54 WIB

Sukses Bikin DPD RI Bertaji, LaNyalla Terima Special Award dari PWI Jatim

Jumat, 26 April 2024 - 12:08 WIB

Ketua DPD RI Puji Isi Pidato Prabowo di KPU: Patriotik Sejati

Senin, 8 April 2024 - 22:41 WIB

Komite IV DPD RI Minta RPJPN 2025-2045 Munculkan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Senin, 8 April 2024 - 22:38 WIB

Komite I DPD RI Beri Catatan Penting Atas Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB