Penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia Mewarnai Hari ibu 2021

Kamis, 23 Desember 2021 - 22:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.ID, JAKARTA – Ketua Umum Persaudaraan Perempuan Tionghoa Indonesia (Perwanti), Surijaty Aminan yang juga merupakan Wanita Panutan 2021 dan baru saja menerima penghargaan sebagai Inspiring Indonesian Woman Born Chinese Awards 2021 menghadiri penganugerahan Gatra Citra Perempuan Indonesia di Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Aula Ruang Kartini, lt. 11, Jalan Medan Merdeka Barat No. 15, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (23/12/2021) siang.

Acara penganugerahan tersebut hasil kerjasama dari Gatra Media Group, Yayasan Duta Indonesia Maju dan Kemen PPPA yang di gelar setiap tahunnya. Namun ada yang berbeda pada tahun ini, karena penganugerahan tersebut diberikan sehari setelah peringatan Hari Ibu 2021 dengan mengenakan pakaian kebaya modern atau modifikasi bagi penerima penghargaan dan sentuhan nusantata bagi para undangan.

Menteri Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyerahkan langsung penghargaan kepada Garta Citra Perempuan Indonesia. Dihadiri pula oleh Nur Asia Uno (Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Budi Iriawan (Direktur Operasional Gatra Media Group), Lisa Ayodhia (Founder dan Ketua Yayasan Duta Indonesia Maju), Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemen PPPA  Lenny N. Rosalin bersama Deputi Kemen PPPA lainnya, para penerima Penghargaan Inspiring Indonesia Woman Born Chinese Award, penerima Penghargaan Wanita Panutan 2021, dan para tamu undangan lainnya.

Pada acara tersebut, selain mengapresiasi para wanita yang secara konsisten berjuang untuk kemajuan Bangsa melalui bidangnya masing-masing, Bintang juga mengajak para wanita agar mengangkat Budaya Nusantara dengan mengenakan Pakaian Adat Indonesia yang beraneka ragam.

“Perempuan harus mampu menjadi inspirasi bagi sesamanya, serta memberikan manfaat yang luas bagi orang lain melalui berbagai profesi, baik sebagai perempuan karir, pemimpin, politisi, aktivis, publik figur, seniman, ibu rumah tangga, dan sebagainya untuk menjadi perempuan yang berdaya,” tutur Bintang.

Sementara Lisa Ayodhia yang merupakan Founder dan Ketua Yayasan Duta Indonesia Maju menambahkan bahwa penghargaan merupakan upaya mengapresiasikan kepada perempuan yang berkiprah serta bermanfaat bagi orang lain, lingkungan, dan masyarakat.

Baca Juga :  Peduli Terhadap Lansia, Perwanti Berbagi Kebaikan di Panti Werda Wisma Mulia

Sementara Direktur Operasional Gatra Media Group, Budi Iriawan menjelaskan bahwa penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia di berikan kepada 12 orang wanita yang memiliki peran aktif di masyarakat dari berbagai bidang.

“Hingga saat ini peran serta dan kontribusi perempuan di berbagai lini kehidupan semakin nyata. Dengan mengaktualisasikan diri di berbagai sektor, mulai dari ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan, dan sektor publik lainnya. Kita semua patut berbangga atas pencapaian tersebut. Kaum perempuan juga sering kali berada di garda depan dalam membawa perubahan dan perkembangan bangsa ini, perjuangan bangsa melawan penjajah, perlawanan di masa revolusi kemerdekaan dan partisipasi dalam perkembangan di Indonesia. Hal itu merupakan bukti nyata, dimana kaum perempuan Indonesia terjun langsung dan terlibat sebagai tanda pengabdian terhadap Bangsa Indonesia,” jelas Budi.

Baca Juga :  Rangka Haul Ke 99 Tuan Guru Babusalam, Polres Langkat Berikan Tranportasi Bus Gratis

Sebanyak 12 perempuan menerima penghargaan yang dinilai sukses memberdayakan diri di bidang masing-masing, mulai dari bidang bisnis, pendidikan, hingga kesehatan. Berikut 12 nama penerima anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2021:

1. Susanti Tio, penerima Anugerah Adhi Bhakti Karya Niaga. Dia adalah seorang pebisnis, aktif di bidang kesehatan, dan pendidikan, terutama di Nusa Tenggara Timur (NTT).

2. Theresia Monica Rahardjo, penerima Anugerah Adhi Bhakti Karya Husada. Dia adalah Direktur Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (RS UKM) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sekaligus inisiator terapi plasma konvalesen di Indonesia.

3. Agnes Sutanto, penerima Anugerah Adhi Bhakti Handayani. Dia adalah seorang pengusaha perhiasan dan merangkap sebagai desainer perhiasan yang juga sudah melebarkan sayap di bisnis food and beverages (F&B), serta juga aktif berkegiatan sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Kapolres Halsel, Bersama Rombongan Kunjungi Polsek Gane Timur
Bapenda Malut Gelar Focus Group Discussion Peningkatan PAD Melalui Sidola Batagi
Bakal Calon Bupati, Hj Eka Dahliani Usman Beri Ucapan “Hut Halsel ke-21.Tahun 2024
Disinformasi Isu Deklarasi Paslon Boneftar-Fatah di Pilkada Manokwari 2024
PLN Indonesia Power Gelar Aksi Bersih Diarea Pantai Pelabuhan
Hasil Rapimnas Hanura, OTO Kembali Jadi Ketua Umum 2024-2029
Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa
Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru