Peringati Hari Guru Nasional 2023, 150 Tenaga Pendidik Kota Tidore Ikut Seminar Pendidikan

Senin, 4 Desember 2023 - 20:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID – Sebanyak 150 tenaga pendidikan di Kota Tidore mengikuti Seminar Pendidikan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 di Aula SMA Negeri 1 Tidore, Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan itu dibuka Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Yakub Husain, M.Si mewakili Walikota Tidore Kepulauan, Yakub Husain dalam kesempatan tersebut mengapresiasi setinggi-tingginya atas jasa dan kinerja tenaga pendidikan, khususnya di Kota Tidore Kepulauan.

Yakub Husain mengatakan dalam membangun dunia pendidikan, kita harus mengetahui akar persoalan yang harus dituntaskan. Seorang guru harus paham persoalan yang ada di wilayah tugasnya, bru bisa menyelesaikan persoalan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Yakub menambahkan, tema pada perayaan HUT ke-71 Hari Guru Nasional sangat relevan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta meningkatkan dan memajukan dunia pendidikan.

Baca Juga :  Capt Ali Temui Velix Wanggai Bahas Kesiapan Kedatangan Wapres Di Tidore

“Oleh sebab itu seminar ini sangat penting, kami sambut dengan baik dan apresiasi kepada Himpaudi Tidore yang telah melaksanakan kegiatan ini,” sebut Yakub.

Tentu ini adalah momentum yang sangat baik, lanjut Yakub, karena melalui seminar ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran bagi anak-anak usia dini.

Sementara itu, ‎Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan Safia Ali Ibrahim mengatakan dewasa ini masyarakat semakin maju dan cerdas, pandangan‎ publik semakin kritis dan semakin berkembang, dampak dari dinamika pembangunan dan keterbukaan informasi.

Untuk itu, para tenaga pendidik anak usia dini harus cepat belajar‎ dan sensitif terhadap perkembangan kemajuan pendidikan, dalam dunia literasi anak usia dini. Ada aspek penting yang harus dikuasai oleh seorang guru PAUD, yakni aspek gerak dan buku.

Baca Juga :  PT. Kerdit Plus Ternate Takut Hadir Dalam Mediasi Di Disnaker Kota Ternate

“Dari aspek buku, metode pengajaran yang bisa dipilih salah satunya adalah metode Komik dan Lagu atau Komilag,” jelas Safia yang juga menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore.

Guru PAUD di Kota Tidore juga diharapkan Safia, harus terlibat secara terus menerus, dan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan realitas budaya sosial.

Kepala Dinas Pendidikan Tidore Kepulauan, Zainudin Umasangaji dalam kesempatan tersebut berharap, semua guru PAUD yang mengikuti kegiatan seminar ini nantinya agar menerapkan dan di kembangkan di satuan PAUD masing-masing.”Supaya tidak hanya dengan Full Simulasi pada kegiatan belajar mengajarnya Pendidik memiliki gambaran cara mengajar yang baik dan berkarakter,” kata Zainudin.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua HIMPAUDI Provinsi Maluku Utara Dr. Andi Agustan M.Arifin menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pendidik PAUD dalam mendidik anak usia dini.

Baca Juga :  BKKBN Malut Gelar Seminar di Kota Tidore Kepualauan Terkait Pembangunan Berwawasan Kependudukan

“Juga untuk memahami berbagai perubahan yang ada di PAUD, terutama yang berhubungan dengan kebijakan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. sehingga terwujud layanan PAUD yang berkualitas,” jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti seminar pendidikan ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari pengurus Himpaudi, Serta tenaga pendidik PAUD di seluruh kecamatan se Kota Tidore.

Turut Hadir Bunda PAUD Kota Tidore Safia Ali Ibrahim, Ketua Pokja Bunda PAUD Rahmawati Muhammad Sinen, Kepala Dinas Pendidikan Zainudin Umasangaji, Ketua Himpaudi Provinsi Maluku Utara Dr.Andi Agustan M.Arifin, Ketua IGTKI, yang mewakili DWP, Pengurus Himpaudi Kota Tidore, Pengurus Cabang Himpaudi, beserta seluruh Guru PAUD se-Kota Tidore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Yuli
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru