Piala Dunia Antarklub 2022: Real Madrid Rengkuh Gelar Ke-5

Minggu, 12 Februari 2023 - 13:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, RABAT – Real Madrid menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2022, usai menang mudah atas Al Hilal dengan skor 5-3 di laga final.

Final Piala Dunia Antarklub 2022 antara Madrid vs Al Hilal berlangsung di Stadion Pangeran Moulay Abdellah, Minggu (12/2/2023) dinihari WIB.

Vinicius Junior dan Federico Valverde masing-masing mencetak sepasang gol El Real, dan satu lainnya dari Karim Benzema. Sedangkan tiga gol balasan Al Hilal tercipta dari Moussa Marega dan brace Luciano Vietto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ini menjadi gelar kelima Madrid di kompetisi ini. Sebelumnya, Los Blancos memenanginya pada 2014, dan 2016-2018.

Sementara itu Flamengo memenangi perebutan tempat ketiga Piala Dunia Antarklub 2022. Klub Brasil ini mengalahkan Al Ahly 4-2 di laga playoff.

Jalannya Pertandingan

Madrid memulai permainan dengan kencang. Kerja sama Karim Benzema dengan Federico Valverde diakhiri dengan umpan terobosan. Vinicius Junior menyelesaikan dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang Al Hilal untuk membuka skor di menit kesebelas.

Baca Juga :  Menang Telak, Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

Hanya tujuh menit berselang, Madrid berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Crossing Luka Modric dari sayap kanan diantisipasi lini belakang Al Hilal, tapi bola lantas jatuh di jalur Valverde. Dari sisi kanan kotak penalti, Valverde melepaskan tembakan voli kaki kanan yang sukses menembus gawang.

Game on! Al Hilal mencetak gol balasan untuk mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-26. Mohammed Kanno mendapatkan celah di sayap kanan pertahanan Madrid lalu mengirim umpan kepada Marega. Pemain yang disebut terakhir menggiring bola ke kotak penalti lalu menyelesaikan dengan tembakan yang membuat Andriy Lunin tak berkutik.

Selepas turun minum, Real Madrid mengembalikan keunggulan dua golnya atas Al Hilal. Giliran Benzema mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-54. Kerja sama Eduardo Camavinga dengan Vinicius diakhiri dengan sebuah crossing cantik dari sayap kiri. Benzema dengan mudah menuntaskan dari depan gawang.

Baca Juga :  Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 Akan Dibuka Presiden Joko Widodo

Kerja sama satu dua Dani Carvajal dengan Valverde membuahkan gol keempat Real Madrid pada empat menit berselang. Valverde menuntaskan sodoran mendatar Carvajal dengan sepakan kaki kanan. Madrid 4, Al Hilal 1.

Al Hilal tidak menyerah tanpa perlawanan. Satu gol lain dicetak Al Hilal selepas pertandingan melewati sejam. Saud Abdulhamid dengan cerdik melihat celah besar di pertahanan Madrid lalu mengirim umpan terobosan ke depan. Dalam situasi satu lawan satu dengan Lunin, Vietto melakukan tendangan kaki kanan yang sukses bersarang di tiang jauh. Al Hilal memperkecil skor menjadi 2-4.

Pada menit ke-69, Vinicius Junior mencetak gol kelima Real Madrid sehingga keunggulan menjadi 5-2 atas Al Hilal. Vinicius melakukan tusukan dari sayap kiri, lalu sodoran pendek dari Marco Asensio diselesaikannya dengan tembakan melengkung kaki kanan ke sudut bawah gawang.

Baca Juga :  Surat Gubernur Bali Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Plt Menpora Sudah Lakukan Komunikasi dan Diskusi untuk Mencari Titik Temu

Sepuluh menit kemudian, Vietto menciptakan gol hiburan Al Hilal. Gustavo Cuellar merampas bola dari Camavinga lalu dioper kepada Michael yang berakselerasi di sayap kanan. Michael mengirim umpan tarik kepada Vietto, yang memperdaya Lunin sebelum membobol gawang Madrid dari jarak dekat. Al Hilal menipiskan skor 3-5 dari Madrid sekaligus menandai kedudukan akhir pertandingan.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Lunin, David Alaba, Dani Carvajal, Ruediger, Modric (Nacho 74′), Kroos (Asensio 74′), Valverde, Tchouameni (Ceballos 62′), Camavinga, Vinicius Junior, Benzema (Rodrygo 62′)

AL HILAL: Abdullah Al Muaiouf, Jang Hyun-Soo, Ali Al Bulayhi, Khalifah Al Dawsari, Saud Abdulhamid, Cuellar, Carrillo (Michael 75′), Salem Al Dawsari, Mohammed Kanno, Marega (Ighalo 86′), Vietto (Al Hamdan 87′)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : M. Fiqram
Sumber : Sport Detikcom

Berita Terkait

Kirim Surat Tantangan Tinju ke Hotman, Benny Wulur Giat Latihan
Lanny Gumulya Peraih Emas Asian Games IV Meninggal di Usia 80 Tahun
Breaking News: Kylian Mbappe Dikonfirmasi Gabung Real Madrid
Aliandi, Wasit pemilik sertifikat C2 Asprov Sumut Potensikan Kisruh di Turnamen Karang Taruna Bina Raja Cup 2024
Sejumlah Camat Di Obi, Tidak Ikut Berpartisipasi Turnamen Bupati Cup II Zona III
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos Ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023
Inilah 6 Negara Yang Sudah Memastikan Diri Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17 2023
Dramatis! IRMB Nangahale Juara Remas Cup II Sikka Lewat Adu Penalti

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:56 WIB

Arab Saudi Sebut Tidak Ada Negara yang Bela Israel di Mahkamah Internasional Karena Perbuatannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:46 WIB

PM Inggris Kirim Surat Ucapan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:33 WIB

Putin Beri Selamat atas Kemenangan Prabowo

Senin, 13 November 2023 - 07:34 WIB

Arab Akhirnya Bertindak Soal Penjajahan Israel

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB