PolitikTokoh

Ganjar Pranowo Unggul Jauh Dari Semua Calon di Survei SMRC

DETIKINDONESIA.ID, JAKARTA- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat dukungan publik paling besar untuk menjadi presiden.

Hal tersebut berdasarkan hasil temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional” yang dirilis secara online pada Selasa, (28 Desember 2021) lalu di Jakarta.

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 2420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Baca Juga :  Kak Seto Terima SK Guru Besar dari LLDIKTI, Si Komo Menjadi "Super Komo"

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas menjelaskan bahwa, ada anyak faktor yang menentukan pemilih memilih seorang calon presiden. Secara psikologis, kognisi (pengetahuan) tentang calon adalah syarat dasar bagaimana pemilih memilih. Bila pemilih tahu semua calon yang bersaing, maka yang menentukan bukan lagi “tahu” tapi faktor lain, termasuk “suka” pada calon. Kesukaan kemudian lebih menentukan dari sekedar tahu.

Penulis : Troy
Editor : Harris
Sumber :
1 2 3 4 5Laman berikutnya
Tetap terhubung dengan kami:
Rekomendasi untuk Anda
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi untuk Anda