Polres Langkat Gelar Press Release Akhir Tahun, Ungkapan Kasus Narkotika Alami Kenaikan signifikan

Sabtu, 30 Desember 2023 - 11:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT – Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS, SIK, SH, MH, pimpin press release akhir tahun jumlah penyelesaian perkara tahun 2022 hingga tahun 2023.

Didampingi Waka Polres Langkat Kompol Hendri ND. Barus, SIK. SH. MM dan para pejabat utama Polres Langkat. AKBP Faisal Rahmat mengungkapkan penyelesaian perkara dari masing-masing unit penanganan kasus tindak pidana.

“Diantaranya satuan reserse kriminal, Satres Narkoba, Sat Lantas serta pengungkapan kasus menonjol di tahun 2023 di Polres Langka,”ungkap AKBP Faisal, dalam press release di Aula Baradaksa Polres Langkat,
Jumat (29/12/2023)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengungkapan kasus menonjol diantaranya
kasus pembunuhan berencana Almarhum Paino. Dimana Polres langkat berhasil mengungkap sebanyak lima orang pelaku.

“Lima pelaku dengan menyita barang bukti  satu pucuk pucuk senjata api (Senpi) rakitan yang digunakan untuk menembak korban,” ujar AKBP Faisal.

Baca Juga :  Geger, Warga Pangkalan Susu Temukan Jasad Pria Tergantung di Pohon

Dipaparan itu, AKBP Faisal Polres juga memaparkan pengungkapan kasus korupsi anggaran peremajaan sawit rakyat (PSR) dengan menetapkan 8 orang tersangka.

“Delapan orang tersangka, baik dari pihak swasta maupun dari Dinas terkait dalam penanganan kasus korupsi dan kembalikan uang negara sebanyak Rp 15 miliar,” paparnya.

Selanjutnya dalam paparannya, polisi dengan pangkat Ajun Komisari  Besar yang memipin Polres Langkat tersebut menyampaikan beberapa pengungkapan kasus penyalahgunaan narkotika baik jenis Sabu, ganja maupun ekstasi di tahun 2023.

Pengungkapan kasus narkotika yang dilakukan Polres Langkat dan jajaran alami kenaikan yang signifikan secara kualitas dibandingkan tahun 2022.

“Dimana pada 2023 Polres Langkat berhasil mengungkap 310 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 375 orang, dari pengungkapan itu polres Langkat berhasil menyita barang bukti 47, 720 kg sabu,” ungkap Faisal.

Baca Juga :  Tiba di Kepulauan Sula Maluku Utara, Pangdam Ruruh A. Setyawibah Disambut Prosesi Bakayab Hai

Selanjutnya, 378,188 gram ganja dan 158 butir pil ekstasi. Peningkatan ini menunjukkan keseriusan Polda Sumut khususnya Polres Langkat dan jajaran dalam memberantas penyalahgunaan narkotika.

“Selain upaya represif, Polres Langkat dan jajaran juga melakukan upaya pencegahan guna menekan penyalahgunaan Narkotika dengan membentuk 13 kampung tangguh,” ujar AKBP Faisal, kembali.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan kegiatan gerebek kampung narkoba Polres Langkat bekerjasama unsur dari TNI, para tokoh, dan Pemkab Langkat serta instansi terkait lainnya dengan malakukan razia dan memusnakan pondok yang diduga digunakan sebagai tempat transaksi dan mengkonsumsi Narkotika.

Untuk lalu lintas, lanjut AKBP Faisal, dalam rangka mewujudkan lalu lintas yang tertib, aman dan lancar ditahun 2023. Polres Langkat meningkatkan kegiatan penegakan hukum berlalu lintas dengan melakukan teguran dan penilangan terhadap para pelanggar.

Baca Juga :  Edukasi Pemberdayaan Masyarakat Tentang Obat dan Makanan, Tokoh Jabar Wenny Haryanto Gandeng BPOM

“Penilangan khususnya yang berpotensi mengakibatkan fatalitas. Selain itu, seluruh kasus laka lantas yg terjadi ditahun 2023 berhasil diselesaikan dengan baik,” ucap Kapolre Langkat.

 

Diakhir paparan itu, AKBP Faisal Rahmat menyampaikan terkait mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, satuan Binmas berikut Bhabinkamtibmas satuan Sabhara, satuan polisi perairan serta satuan kerja lainnya di jajaran Polres Langkat.

“Lakukan kegiatan pre-emtif dan preventif serta kegiatan pembinaan, penyelesaian tindak pidana ringan, problem Solving, cooling system, Jum’at Curhar, Minggu kasih dengan didukung oleh berbagai elemen masyarakan dan stage holder terkait,” pungkas AKBP Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Teguh
Editor : Teguh
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru