Sekda Ismail Dukomalomo Tegaskan ASN Tidore Kepulauan Untuk Disiplin Berlaku Jujur dan Adil

Jumat, 2 Februari 2024 - 11:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sekda Ismail Dukomalomo Tegaskan ASN Tidore Absensi Mengikuti Apel Juga Harus Jujur (detikindonesia.co.id)

Sekda Ismail Dukomalomo Tegaskan ASN Tidore Absensi Mengikuti Apel Juga Harus Jujur (detikindonesia.co.id)

DETIKINDONESIA.CO.ID Tegaskan disiplin ASN dalam mengikuti apel pagi, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo meminta kepada setiap ASN di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk berlaku jujur dan adil pada absensi apel pagi, maupun apel sore di setiap OPD.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tidore Kepulauan, Kamis (1/2/2024). Sidak juga dilakukan secara bersamaan pada pukul 07.30 pagi oleh para Asisten dan Staf Ahli Ahli Walikota di beberapa Dinas.

“Apel adalah harga mati, absensi mengikuti apel juga harus jujur, bagi yang tidak ikut apel atau yang datang ketika apel sudah selesai jangan saling melindungi, tetap harus dipotong TPPnya 1,5%, ini berlaku bukan hanya pada staf, tetapi para Kepala Dinas, Sekretaris dan Kepala Bidang juga,” Tegas Ismail.

Ismail menambahkan, Para Kepala Dinas dan Kepala Bidang juga harus jadi contoh, apel bukan hanya sekedar berdiri dan hormat, tapi ada pesan-pesan yang harus disampaikan, sehingga ada beban moral bagi diri sendiri, bahwa yang disampaikan itu harus dijaga dan dipertanggungjawabkan.

“Kepala Dinas harus disiplin, persoalan kehadiran mengikuti apel pagi juga harus disertai dengan kejujuran, karena apel merupakan tuntutan dari disiplin yang berdampak pada kinerja, saya ingatkan sekali lagi, mulai tanggal 1 Februari 2024 harus jujur dalam mengikuti apel, jangan saling lindungi,” Imbuh Ismail.

Dalam sidak tersebut, Ismail Dukomalamo mendapati ASN yang mengikuti apel pagi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tidore Kepulauan sebanyak 17 orang dari total ASN sebanyak 25 orang, 2 orang sedang melakukan Dinas Luar, 6 lainnya tanpa keterangan.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Syofyan Saraha saat melakukan sidak dan memimpin apel pagi pada Dinas Pertanian, mendapati ASN yang ikut apel pagi pukul sebanyak 21 orang, dari total ASN 47 orang, 9 orang sedang melakukan Dinas Luar, 1 ASN izin dan 14 lainya tanpa keterangan.

Baca Juga :  Lantik IKBS Kaimana Periode 2022-2027 Bupati Freddy Thie Tantang Jadi Agen Perubahan.

“Sidak sebagai bentuk pengawasan terhadap disiplin ASN, oleh karena itu perlu adanya dorongan dari pimpinan OPD untuk peningkatan disiplin terhadap pegawai. Sidak ini bukan untuk mencari kesalahan pegawai, melainkan bagaimana ASN di Kota Tidore Kepulaun harus disiplin dan mentaati aturan yang telah ditetapkan,” Tutur Syofyan.

Di kesempatan yang sama, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain saat melakukan sidak pada Dinas P2KBP3A Kota Tidore Kepulauan, mendapati jumlah ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 23 orang dari total pegawai 29 orang, 2 orang sedang melakukan Dinas Luar, 1 orang sakit dan 3 lainnya tanpa keterangan.

“Ini merupakan sidak hari kedua yang kami lakukan, dan hari ini kami turun langsung untuk mengambil apel pada beberapa Dinas atau OPD di luar Kantor Walikota, perlu diketahui sidak akan terus dilakukan sebagai penegakan disiplin pegawai, kapan waktu dan tempatnya akan dilaksanakan tanpa pemberitahuan,” ujar Taher.

Baca Juga :  BPKAD Bikin Bimtek SIPD Di Kota Ternate

Sementara, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Yakub Husain, saat melakukan sidak pada Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan mendapati ASN yang mengikuti apel sebanyak 26 orang, dari total ASN sebanyak 66 orang, 31 orang sedang melakukan Dinas Luar, 2 orang izin, dan 7 lainnya tanpa keterangan.

Saat memimpin apel, Yakub Husain menyampaikan, “apel pagi adalah awal aktivitas penting bagi seorang ASN, maka jangan sampai tidak ada niat untuk melaksanakan apel pagi. Apel pagi melatih diri untuk disiplin, maka dari itu saya berharap aktivitas apel pagi ini jangan dijadikan sebagai beban,” kata Yakub.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Yuli
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru