Tak Seizin Pemilik IUP, Vendor PT PEP Diduga ‘Rampok’ Tanah Urug Ke Pembangunan Jalan Tol

Rabu, 9 Agustus 2023 - 08:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT  –  Material tanah urug kini menjadi primadona bagi vendor atau subkontraktor proyek nasional pembangunan ruas Jalan Tol STA 47 Binjai – Pangkalan Berandan.

Bagaimana tidak, pasalnya, demi mencukupia material tanah urug di pembangunan zona 4 ruas Jalan Tol Binjai-P Berandan. PT PEP selaku vendor atau subkontraktor PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) diduga mengeruk material tanah timbun tanpa seizin pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) kuari dari lahan masyarakat sekitar.

Diketahui, kuari di Dusun Batu 4 Desa Telaga Said yang bebatasan dengan Dusun Sentral Desa Padang Langkat Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat Sumatera Utara dipegang oleh Dra Khatijah Gutom.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Khatijah Gutom, yang bertindak atas nama CV Tanah Melayu Bertuah pemagang Izin Usaha Pertambangan (IUP) nomor 994/1/IUP/PMDN/2021, lahan masyarakat tersebut mengatakan tanah tersebut milik masyarakat, namun IUP atas nama CV Tanah Melayu Bertuah.

Baca Juga :  Dana Bantuan PIP di SDN 056010 Cempa Hilang dari Rekening, Wali murid Gruduk Sekolah

“Mulai Maret 2023 ini diambil tanpa izin dari saya (pemilik izin) kemudian diadakan komunikasi dengan PT. PEP melalui HKI dan disitu tidak ada titik temu, dikarenkan tidak kecocokan,” ungkapnya saat dilokasi pertambangan tanah urug, Selasa (8/8/2023).

Lanjut Khatijah, dan saat itu berkisar di bulan Juni mereka mengabil kembali, lalu saat itu kita tunjukan izin kita, namun mereka terkesan acuh dan tak menanggapi hal tersebut. Hingga saat ini tanah timbun sudah diambil oleh PT. PEP tidak ada pembayaran, dan saat dilakukan negosiasi, mereka juga tak menanggapi.

“Salah seorang yang kita pekerjakan pengawasan disini, untuk tanah urug yang diambil berkisar empat ribu Dum Truck (DT) Dan saat itu pihak HKI mengetahui, dikarenakan yang melakukan negosiasi antara PT. PEP dan CV Tanah Melayu Bertuah yaitu humas PT. HKI, Pak Candra, dalam hal ini HKI mengetahui,” ketus Khatijah, sembari mengetuk dada dan akan mensomasi.

Baca Juga :  Bupati Freddy Thie: Di Teluk Triton Kaimana, Ada Surga Tersembunyi

Dilokasi yang sama, singgung terkait tanah urug yang sudah masuk ke pembangunan ruas jalan Tol Binjai – P. Berandan, Candra yang disebut – sebut humas HKI mengatakan, bukan pengawasan kita tidak sampai disana.

“Ini permintaan masyarakat, dan jika ada vendor yang nakal silahkan ditindak. Dan pekerjaan disini sudah kita stop, yang jelas HKI tidak meperkenankan, semua galian harus berizin,” Ucapnya.

Pada kesempatan itu juga. Candra pihak HKI, mengarakan untuk bertanya kepada pihak PT. PEP. “Silahkan bertanya pada pihak PT. PEP,” tanyanya.

Dan disela pertemuan itu, salah seorang pria bajulengan panjang warna abu-abu dengan menggunakan rompi warna biru, mengatakan, kami Subkon PEP sendiri berdasarkan desain yang diberikan orang HKI. Untuk lahan yang di ambil ini dari pihak PEP kordinasi oleh kepala dusun.

Baca Juga :  Proyek Gedung Baru SDN 173 Halsel Senilai Rp 1,2 Miliar Diduga Fiktif

“Dan tanah ini didalam desain, karena lahan ini diluar tanggu jawab HKI dan warga minta konvensasi. Maka di ambil konvensasi daleritase dan itu disepakati warga. Dikarenakan kami sudah beli, kami tidak mau rugi dong!!! Maka kami jatuhkan ke HKI dengan hitungan CBM,” ucap salah seorang dari PT PEP.

Saat disingung kembali terkait salah benar, mangambil tanah, jika lahan tersebut memliki IUP. Pria yang menyebutkan dirinya Subkon mengatakan kalau memang tanah ini dalam IUP bu khatijah ‘mungkin iya’.

“Jika tidak masuk kordinat, kami langsung kepemilik tanah tanpa harus mendapat izin. Dan seratus meter dari Jalan Tol tidak perlu galian c. Itu hanya saja pembayaran pajak, dan sampai saat ini PEP galianya selalu bayar pajak,” pungkas pria yang terkesan paham hukum itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TEGUH
Editor : YULI A.H
Sumber :

Berita Terkait

Punya Kualifikasi, Ardiansyah Fauji Dipercaya Jadi Ketua Pemenang MasiAman
Silaturahmi dengan Kepala Dinas PMD Langkat, DPD LPM: Ucapkan Terimaksih
Fachrul Razi Kembali Dipercaya Pimpin Ketua Pansus RUU Pemda
Fachrul Razi : Pilkada 2024 Mendatang Potensi Tinggi Politik Uang, Masyarakat Harus Lawan
GPM Halsel, Desak Bupati Bassam Kasuba Copot Irvan Zam -Zam
Logo Dua Partai Koalisi, Hanura Dan Nasdem Dilakban
Fachrul Razi Nonton Bareng Bersama Mendagri dan Ketua Komisi 2 DPR RI
Terobosan Tokoh Indonesia Timur, ITC Sebagai Wadah Pembangunan

Berita Terkait

Selasa, 25 Juni 2024 - 00:54 WIB

Punya Kualifikasi, Ardiansyah Fauji Dipercaya Jadi Ketua Pemenang MasiAman

Senin, 24 Juni 2024 - 09:25 WIB

Setelah Didukung Raja Atiati, Samaun Dahlan dan Donatus Nimbitkendik Konfrensi Pers Hari Ini Dengan Jargon SANTUN

Senin, 24 Juni 2024 - 06:35 WIB

Walikota Memberi Jawaban Atas Pembuatan Raperda Laporan Pertanggungjawban Pelaksanaan APBD Kota Tidore

Senin, 24 Juni 2024 - 06:19 WIB

Fachrul Razi : Pilkada 2024 Mendatang Potensi Tinggi Politik Uang, Masyarakat Harus Lawan

Senin, 24 Juni 2024 - 06:08 WIB

Ada Apa Ni?, Pasar Rakyat Thumburuni Fakfak Belum Bisa Dimanfaatkan

Minggu, 23 Juni 2024 - 10:38 WIB

Forum Adat Terima Samaun Dahlan Gandeng Donatus Nimbitkendik Maju Pilkada Fakfak 2024

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:41 WIB

KPU Fakfak Sosialisasikan PKPU 2/2024 Tentang Tahapan dan Jadwal Pilkada

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:28 WIB

Pasca Pemilu Legislatif dan Presiden, DPW PSI Jakarta Silaturahmi Dengan DPW PKS Jakarta

Berita Terbaru

Nasional

Fachrul Razi Kembali Dipercaya Pimpin Ketua Pansus RUU Pemda

Senin, 24 Jun 2024 - 07:00 WIB