Temui Ketua Komisi II DPR RI, Eki Pitung beri Rekomendasi Perubahan UU 29 Tahun 2007

Senin, 13 November 2023 - 23:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ahmad Doli Kurnia menerima khusus kedatangan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi di Ruang VIP, Gedung Parlementer DPR RI, Senayan, Senin (13/11/2023) siang.

Pada pertemuan tersebut Bamus Betawi yang diketui oleh Muhammad Rifky atau Eki Pitung sapaan akrabnya menyampaikan beberapa poin terkait draf rekomendasi atas Rancangan Undang Undang (RUU) Nomor 29 Tahun 2007 tentang Jakarta tidak lagi menjadi ibukota negara.

“Kehadiran Bamus Betawi ke Gedung DPR RI mendapatkan undangan dari Ketua Komisi II, Ahmad Doli Kurnia. Beliau berharap ingin diberikan masukan tentang rencana revisi Undang-Undang 29 Tahun 2007 tentang DKI Jakarta,” ucap Eki.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Eki juga mengatakan bahwa Betawi tidak pernah mendapatkan atau meminta apapun belas kasih dari pemerintah, dimana tanah ini (Jakarta) diberkahi dan dikaruniakan oleh Allah menjadi ibukota negara yang memiliki nilai sejarah tinggi untuk peradaban bangsa.

Baca Juga :  Pra Mubes VIII Bamus Betawi, Eki Pitung: Saya Menyayangkan adanya Mubes Manipulatif

Selain memberikan draf materi rekomendasi pembaharuan RUU nomor 29 tahun 2007, Bamus Betawi juga secara simbolis memberikan peci merah sebagai lambang kehikmatan dalam beribadah dan golok yang merupakan senjata adat Betawi melambangkan simbol perjuangan, kesatrian agar melalui Komisi II DPR RI dapat membawa kemaselatan bagi warga Jakarta pasca pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

“Jadi kami (Bamus betawi) serahkan draf rekomendasi dan usulan terkait RUU Jakarta bukan sebagai ibukota agar dapat dipelajari untuk dikaji lebih dalam,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengucapkan syukur dan terimakasih atas pemberian golok yang merupakan simbol kebudayaan Betawi, serta berjanji akan melibatkan Bamus Betawi dalam mendiskusikan RUU tersebut.

Baca Juga :  Ketua DPD RI Harap Imlek 2573 Jadi Pemacu Semangat Arungi 2022

“Bismillahirohmannirohim, saya terima golok ini yang merupakan simbol dari masyarakat Betawi, dalam hal ini datang ke Komisi II untuk menyerahakan dasar pikiran dan rekomendasi terhadap perubahan UU 29 tahun 2007 tentang DKI Jakarta.

Memang di DPR sekarang sedang bergulir, lajut Doli, draf undang-undangnya sedang dibahas di Badan Legislasi (Baleg), nanti kemudian jadi inisiatif DPR. “Dan jika diserahkan ke Komisi II, pasti teman-teman Bamus Betawi akan kita libatkan dan diundang khusus untuk mendiskusikan semua usulan ini,” janjinya.

Dalam kesempatan yang sama, Eki menuturkan terima kasih kepada Komisi II DPR RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Bamus Betawi guna mengambil bagian dalam perubahan RUU. Sebagai bentuk konkrit, pengurus Bamus Betawi yang dihadiri oleh Eki Pitung, Sekjen, Bendahara, dan para jajaran pengurus lainnya mengangkat Doli jadi Tokoh Kehormatan Bamus Betawi.

Baca Juga :  Di Bulan Suci Ramadhan, Eki Pitung Yakini Tidak ada Kelangkaan Sembako Hingga Idul Fitri

“Terimakasih atas kepercayaan kepada Bamus Betawi,” tutupnya.

Sekilas Rekomendasi RUU dari Bamus Betawi

  1. Bamus Betawi mendesak kompensasi kepada pemerintah pusat selama Jakarta dijadikan statusnya Ibu Kota Negara hinga kini.
  2. Bamus Betawi meminta hak kedaulatan politik bagi warga Betawi, sehingga pemimpin daerahnya harus putra daerah asli. Seperti, Papua, Daerah Istimwah yogyakarta, Aceh.
  3. Bamus Betawi meminta agar penguatan kebudayaan yang dilindungi UU bagi bagi kelestarian budaya Betawi dengan menunjuk Bamus Betawi dalam pelaksanaannya, baik itu situs-situs sejarah, kebudayaan, kearifan dan tradisi lokal agar tetap terjaga meskipun Jakarta dijadikan kota internasional.
  4. Bamus Betawi meminta aset gedung peninggalan pemerintah pusat agar dapat digunakan oleh masyarakat Betawi dalam pengembangan dan mempertahankan kebudayaan lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Bamus Betawi

Berita Terkait

Pemprov DKI Jakarta Kampanyekan Jalan Kaki Sebagai Perbaikan Kualitas Udara
38 RT di Jakarta Pagi Ini Terkena Banjir, Ada yang Sampai Ketinggian 2,6 Meter
Pemprov DKI Raih Tiga Penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2024
Tertib Administrasi Kependudukan, Disdukcapil DKI Berlakukan Penataan Dokumen Bagi ASN Jakarta
Razman siap Memfasilitasi Tanding Tinju, Benny: Hotman Hanya bisa Pamer Cincin
Bahas Program dengan Kadispen, Bamus Betawi Dorong Mulok Masuk dalam Kurikulum Sekolah
Kunjungi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar, Komite I Akan Perjuangkan Aspirasi Bapas
Demi Bela Klien, Benny Wulur Tantangan Tinju Hotman Paris di Ring Arena

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru