Tiga Nama Masuk Dalam Usulan Pj Bupati Langkat, Masyarakat Dukung Amril Untuk Kemajuan Langkat

Senin, 4 Desember 2023 - 19:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID LANGKAT – Masa bakti pelaksana tugas (Plt) Bupati Langkat H. Syah Afandin SH yang akan usai diketahui pada akhir – akhir Desember 2023.

Dukungan kepada Sekda Langkat, Amril S.Sos MAP, untuk menjadi Pj (Penjabat sementara) Bupati Langkat mendatang terus bergulir.

Kali ini datang dari Subagio, tokoh Pujakesuma Langkat, Ia mengomentari calon Pj Bupati Langkat. Setelah kami (Pujakusuma) gelar rapat kecil di Medan. Kami siap mendukung sosok putra terbaik Langkat, bapak Amril, Sos, MAP menjadi Pj Bupati Langkat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Usai rapat di Medan, kami mendukung penuh sosok putra terbaik Langkat Amril, Sos, MAP menjadi Pj Bupati Langkat. Ia sudah teruji menjalankan fungsi sebagai Sekertaris Daerah (Sekda), bahkan dia sudah kerapkali mewakili Plt Bupati Syah Afandin selama ini,” kata Bagio saat dimintai tanggapannya, oleh wartawan pada Senin, (4/12/ 2023).

Sebelumnya H. Sujarno, tokoh Muhamadiyah, kita tidak setuju, jika Pj Bupati dijabat orang yang tidak paham kondisi masyarakat dan pembangunan yang sudah dicapai kabupaten Langkat, karena sikologis masyarakat Langkat yang religius dan agamis serta kental dengan budaya yang berkembang.

Baca Juga :  Wabup Hasbullah ke Warga: Pak Bupati Ini Kulit Putih Rambut Lurus Tapi Hati Anak Negeri

“Jangan sampai masa satu tahun pembangunan dianggap enteng, karena Pj Bupati itu sangat menentukan momentum kemajuan Langkat ini. Kami usulkan, kementerian dalam negeri kiranya tidak ambigu terhadap usulan dan aspirasi masyarakat Langkat,” harap Jarno.

Diketahui sebelumnya, tiga nama diusulkan DPRD Langkat. Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Langkat Ralin Sinulingga saat di konfirmasi, (29/11) kepada SIB menyampaikan. “Ada tiga nama diusulkan DPRD Langkat. Yakni, Amril S.Sos MAP, Drs. Hermansyah, MIP dan Faizal Rizal Matondang, Sos, MAP,” ungkap Ralin saat itu.

Seiring dengan geliat pembangunan yang ada di Kabupaten Langkat, sangat membutuhkan sosok pemimpin Pejabat (Pj) Bupati yang peduli dan konsen terhadap kemajuan ekonomi dan budaya yang kental dengan nuansa agamis yang religius.

Menanggapi calon Pj Bupati di usulkan DPRD Langkat, mayoritas masyarakat Langkat, tidak menginginkan kemajuan dan perkembangan yang sudah di capai Kabupaten Langkat malah kemudian menurun akibat Pj Bupati dijabat orang tak berprestasi.

Baca Juga :  Bocah 11 Tahun Terjun dari Jembatan ke Sungai lalu Hilang Tenggelam, Kini Ditemukan Tewas

“Jangan sia-siakan satu tahun masa jabatan Pj Bupati,” sambung Jarno, yang juga tokoh masyarakat Langkat.

Dia menambahkan, sosok yang pantas menjadi Pj Bupati Langkat dan menguasai birokrasi saat mendampingi Plt Bupati H. Syah Afandin, SH.

“Amril (Sekda) layak menjadi Pj Bupati. Karena sudah menguasai sistem birokrasi, dan arah pembangunan di daerah Langkat. Dia juga mempunyai kepatutan karena sudah pernah memimpin OPD,” ucap nya.

Dia menambahkan, dengan mempertimbangkan aspek pengalaman dalam meniti karir sebagai seorang ASN, Amril S.Sos MAP, dari seorang pamong sebagai Camat, kemudian kepala BKD dan inspektur, sampai akhirnya menjadi Sekda.

Sudah tentu di bidang birokrasi beliau sudah terlatih dalam menghadapi permasalahan internal birokrasi pemerintahan, maupun dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan pembangunan.

“Disamping itu, dalam tata pergaulan ditengah-tengah masyarakat, beliau sangat adaptif, bisa diterima oleh semua golongan di masyarakat, baik Etnis, sosial maupun agama. Pada sisi lain, pengalaman beliau dalam tata kelola keuangan daerah tergolong bersih,” tambahnya.

Baca Juga :  Korban Pencabulan Oknum Guru Olahraga di Langkat Bertambah Jadi 15 Anak

Dimana beliau masuk dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah, lanjut pentolan Muhamadiyah ini. Amril sudah tentu memiliki kapabilitas dalam menciptakan kemampuan fiskal daerah sebagai sumber pembiayaan pembangunan daerah.

Sambungnya Jarno, Belum lagi kemampuan komunikasi beliau yang memiliki link ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Sehingga akan memperlancar dalam menjalin hubungan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Maka sudah sewajarnya Menteri Dalam Negeri dapat mendengar suara dan kearifan yang berkembang dimasyarakat Langkat, hingga mempercayakan sosok Amril menjadi pejabat (Pj) bupati 2024 sampai dengan terpilihnya Bupati dan wakil bupati,” ketus
Sujarno, tokoh Muhamadiyah Langkat.

Sejalan dengan pendapat tokoh Muhammadiyah, Arnis Safrin yang juga tokoh masyarakat Langkat, saat dimintai pendapatnya terkait Pj Bupati Langkat. Ia setuju kemajuan Langkat hanya bisa diteruskan oleh sosok yang menguasai roda pemerintahan Kabupaten Langkat.

“Sekertaris Daerah (Sekda), Amril, Sos, MAP sudah sangat piawai dan menguasai kondisi Kabupaten Langkat dan sangat juga dekat OPD dengan aparat pemerintahan Kecamatan hingga Desa”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TEGUH
Editor : YULI
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru