BeritaPAPUATokoh

Selamat Jalan Tokoh Papua Merdeka Yunus Jonah Wenda

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAYAPURA – Mengenang Tokoh Papua Merdeka Yunus Jonan Wenda adalah seorang tokoh pejuang Papua merdeka semenjak Tahun 1989 ketika masih bersekolah di SMAN 1 Abepura, Jonah turut dalam mengorganisir pelajar di Jayapura untuk melakukan demonstrasi dalam rangka perayaan 1 tahun Deklarasi Negara Melanesia Barat oleh alm. Dr. Thomas Wapai Wanggai. Akibatnya Jonah ditangkap bersama beberapa organisator lainnya seperti alm. Drs. Alberth Kaliele, Rev. Edison Waromi, Drs. Septinus Paiki, Jacob Rumbiak, dan alm. Simon Mosso, SH. dan di kirim ke lembaga pemasarakatan Kalisosok di Surabaya, Jawa Timur.

Setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Kalisosok tahun 1995, Jonah Wenda mendaftar kuliah di Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih, ditahun 1996, Jonah kembali mengorganisir mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan demonstrasi pada 18 Maret 1996 meminta pertanggungjawaban negara Republik Indonesia atas kematian Dr. Thomas Wanggai. Aksi ini membuat para demosntran diburu oleh aparat militer, Jonah kemudian mengorganisir masyarakat yang hendak mengungsi ke Papua New Guinea.

Baca Juga :  Alami Pecah Kepala Saat Kecelakaan di Langkat, Warga Deli Serdang Diduga Meninggal Dunia

Jonah bersama beberapa orang pemuda Papua yang mengungsi ke PNG, membentuk Tim penyadaran Nasional pemuda Papua Barat atau dikenal dengan nama West Papua National Youth Awarness Team (WESPANYAT) Tahun 1997, dan melakukan penyadaran nasionalisme Papua serta mendorong proses persatuan pada komunitas orang Papua yang tersebar di Vanimo, Lae, Manus, Port Moresby, dan beberapa distrik lainnya.
Tahun 1997 – 2003, Jonah terlibat dalam banyak proses persatuan kelompok perlawanan Papua Barat di PNG, dan bergabung dengan solidaritas gerakan pembebasan Melanesia (Melanesian Solidarity Group) yang bersolider untuk pembebasan Kanaky, Bougainville dan Papua Barat. Solidaritas ini banyak di gerakkan oleh mahasiswa saat Jonah menempuh kuliah program hubungan politik regional di kampus Divine Word University Madang (PNG) 2000 – 2003.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kol (Mar) Samson Sitohang Sebagai Komandan Denjaka TNI AL
1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan