Wakili Walikota, Asisten Sekda Bid. Pemerintahan dan Kesta Hadiri Rakor Tim Pora Kota Tidore Kepulauan

Sabtu, 9 Desember 2023 - 06:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID – Mewakili Walikota, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Syofyan Saraha menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 di Aula Penginapan Visal, Kelurahan Gamtufkange, Jum’at (8/12/2023).

Dalam sambutannya, Syofyan mengatakan, Pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing sangat diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta merupakan wujud upaya penegakan hukum.

“Di masa sekarang, banyak terjadi perubahan dalam berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, seiring dengan era globalisasi yang berlangsung pesat, perlu diwaspadai tingkat keamanan dalam masyarakat, jangan sampai ada warga negara asing yang mengindikasikan kerawanan pada sektor keamanan,” Tutur Syofyan.

Syofyan menambahkan, apalagi kebijakan Pemerintah yang membebaskan visa bagi 169 negara ke Indonesia, kemudahan Penanaman Modal Asing, dan kepemilikan asset di Indonesia. Untuk itu, Syofyan mengapresiasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Maluku Utara dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan ini.

Semoga kehadiran Tim Pora di Kota Tidore Kepulauan menjadi jaminan keamanan untuk masyarakat di Kota Tidore Kepulauan secara khusus dan di Provinsi Maluku Utara pada umumnya, serta menjelang tahapan Pemilu 2024 yang merupakan pesta demokrasi terbesar. Semoga Tim Pora akan ikut melengkapi keamanan di wilayah Kota Tidore Kepulauan agar selalu dalam keadaan yang aman dan kondusif.

Baca Juga :  Sejumlah Kepala Sekolah Di Kota Tidore Dilantik Langsung Walikota Capt Ali

Senada, Kepala Kantor Kemenkumham Maluku Utara, Ignatius Purwanto dalam sambutannya menyampaikan, masalah pengawasan orang asing, di Kota Tidore Kepulauan ini jarang ada orang asing, namun Rakor ini tetap dilaksanakan sebagai langkah pencegahan, karena bisa jadi ada yang menyusup dan menyebar paham-paham radikal.

“Selain itu ini juga menjelang pesta rakyat Pemilu 2024, ada juga Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk para narapidana di Rutan Kelas IIB Soasio, itu juga perlu diawasi, selain itu juga harus saling mengingatkan bagi para ASN untuk tidak terlibat politik, karena sebagai ASN kita harus netral,” Ucap Ignatius.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate, Putut Sukoco Nusantoro dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Rakor ini untuk mempererat tali silaturahmi dan membawa manfaat bagi semua. Tim Pora Kota Tidore Kepulauan dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang imigrasi.

Baca Juga :  Sampai di Lampung Barat, Ketua DPD Ziarah ke Makam Raja-Raja Sekala Brak Kepaksian Pernong

“Dimana dalam pasalnya menjelaskan bahwa pengawasan kegiatan orang asing di Indonesia, perlu dibentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) yang anggotanya terdiri dari Badan atau Instansi Pemerintah terkait. Baik pusat maupun daerah, untuk itu Rapat Koordinasi Tim Pora pada hari ini diharapkan sinergitas, koordinasi dan tukar informasi terkait pengawasan orang asing di Kota Tidore Kepulauan dapat semakin terjalin dengan baik,” Ucap Putut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Yuli
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Prabowo Ingin Sulap Tebu Hingga Singkong Jadi Bensin Demi Setop Impor BBM
Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru