Walikota Tidore Kepulauan Resmi Buka Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi Tahun 2024

Rabu, 3 Juli 2024 - 17:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tidore Kepulauan resmi dibuka oleh Walikota Kota Tidore Kepulauan diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam di Aula SMK N 1 Kota Tidore Kepulauan, Rabu (3/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam menyampaikan Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu program unggulan dalam mendukung pembangunan ekonomi. Saat ini sektor konstruksi mengadapi isu yang perlu direspon serius yaitu terkait rendahnya kualitas pekerjaan konstruksi. Kondisi ini ditandai dengan hasil pekerjaan konstruksi yang cepat rusak serta munculnya kasus kecelakaan konstsruksi dan kegaggalan bangunan.

Baca Juga :  Peduli Permasalahan Umat, HMI Lhokseumawe-Aceh Utara Launching Program Sembako dan Makanan Gratis

“Walaupun kegagalan bangunan maupun kecelakaan konstruksi biasa terjadi karena fakto alam, akan tetapi faktor human error hingga kini masih menjadi penyebab utama, baik pada sisi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan maupun pengguna jasa. Kunci dari usaha menciptakan keuanggulan tenaga kerja konstruksi terletak pada peningkatan komptensi,” katanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Abdul Hakim adjam menambahkan Efisiensi dan kualitas infrastruktur sangat bergantung pada kehandalan kompetensi sumber daya manusia konstruksi oleh sebab itu tujuan diadakannya pelatihan ini antara lain sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi bersertifikat dalam meningkatkan daya saing sebagai bukti kemampuan dan ketrampilan dalam bidang konstruksi serta untuk menjamin mutu pekerjaan konstruksi.

Baca Juga :  Jalin Kerjasama dengan PT. PLN Maluku-Maluku Utara, Pemkot Tidore Kepulauan Siapkan Kebutuhan Listrik Merata di Pulau Mare

Abdul Hakim adjam berharap peserta kegiatan memiliki motivasi yang tinggi dalam setiap tahapan pelatihan, sehingga materi yang diberikan terserap dengan baik dan dapat diterapkan dilapangan.

“Selain itu diharapkan kegiatan ini merdampak terhadap peserta yang memiliki kompetensi dibidang konstruksi, sehingga kedepannya dapat diaplikasikan disemua pekerjaan konstruksi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tidore Kepulauan Abdul Muis A Husain A. Husein dalam laporannya mengatakan tujuan diadakan pelatihan ini sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi bersertifikat dan meningkatkan daya saing dengan cara peningkatan kompetensi.

Peserta pelatihan ini berjumlah 40 orang yang mempunya profesi sebagai tenag tukang yang merupakan perwakilan dari Kelurahan dan Desa yang tersebar beberapa Kecamatan di Kota Tidore Kepulauan, pelatihan ini juga dilaksanaka selama 2 (dua) hari Rabu-Kamis (3-4/7/2024) dengan menghadirkan narasumber dari Ketua Lembaga Sertifitikasi Profesi Maluku Utara Marlina Kamis .

Baca Juga :  Atasi Inflasi Daerah, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim Lakukan Penanaman Beberapa Komoditi Pertanian Bersama Petani

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : MUFIK
Sumber :

Berita Terkait

Jelang Peringatan HUT RI Ke-79, Pemkot Tidore Gelar Rapat Teknis
Polres Langkat Gelar Operasi Patuh 2024, Ini Jadwalnya
Terima Kunjungan OJK Sulut, Pemkot Tidore Dukung Program OJK
Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan Resmikan PAUD Terpadu Mujahidin
Kuasa Hukum Korban. Desak Satreskrim Polres Halsel, Tetapkan 2 Pelaku Kasus Perzinahan Sebagai Tersangka 
Praktisi Hukum, Desak Satreskrim Polres Halsel, Segara Tetapkan Pelaku Kasus Perzinahan Sebagai Tersangka   
Korem 045/Gaya Peringati Tahun Baru Islam: Momentum Berhijrah Menuju Indonesia Emas
PLN Indonesia Power Gelar Pengobatan Gratis untuk Warga Tanjung Pasir

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 18:39 WIB

Joe Biden Sebut Terlalu Dini Pastikan Penembakan Trump Sebagai Upaya Pembunuhan

Minggu, 2 Juni 2024 - 20:52 WIB

Semakin Memanas, Biden Izinkan Penembakan Rudal Amerika ke Rusia

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:24 WIB

Breaking News: Roket Al Qassam Bombardir Israel

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:08 WIB

Joe Biden Tolak Keputusan ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Berita Terbaru

Sepakbola

Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Juara Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 06:14 WIB

Daerah

Polres Langkat Gelar Operasi Patuh 2024, Ini Jadwalnya

Minggu, 14 Jul 2024 - 19:24 WIB

tajukflores