Bupati Bernard Sagrim Buka Konferda III GMNI Tanah Papua 2021

Selasa, 23 November 2021 - 08:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.ID, SORONG- Bupati Kabupaten Maybrat Drs. Bernard Sagrim, M.M membuka Konferensi Daerah (Konferda) III Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia GMNI Tanah Papua di Kota Sorong Provinsi Papua Barat, dengan tema “Merajut kembali semangat gotong royong demi mewujudkan cita-cita revolusi 1945 di gedung Keik Malamoi. Selasa (22/11/2021).

Konferda ini diikuti oleh sebanyak 11 perwakilan DPC GMNI Kabupaten/Kota se-Tanah Papua yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Mengawali sambutannya, Bupati Kabupaten Maybrat Drs. Bernard Sagrim, M.M mengucapkan selamat melaksanakan Konferda ke-III kepada segenap komponen GMNI Tanah Papua.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Bernard mengajak seluruh kader GMNI Tanah Papua untuk terus berjuang bersama dan bekerja keras dalam pembangunan Daerah.

Baca Juga :  Wabub Bursel Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji

“Kita jangan cepat puas dengan capaian yang telah dicapai selama ini. Kita harus berperan bersama dan bekerja keras untuk membangun Daerah,” tuturnya.

Bupati Sagrim juga meminta para kader agar dapat mengimplementasikan paham Marhaenisme dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan demikian, Bupati optimis GMNI mampu bersaing dalam membangun daerah dan menghasilkan perubahan di era pandemi Covid-19 ini.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Bernard, menyampaikan bahwa GMNI harus memberikan kontribusi yang positif, misalnya mengkaji UU No 21 tahun 2001 tentang Otsus provinsi Papua yang juga diperkuat dengan peraturan pemerintah No 106 dan 107 tentang otonomi khusus.

“Sekiranya GMNI bisa mengkaji dalam konferensi ini, apa saja kontribusi dan masukan sehingga implementasi UU Otsus ini bisa dilaksanakan dengan baik, terutama terkait dengan kedaulatan hak hak orang asli Papua,” ungkap Bernard.

Baca Juga :  Stadion Wombik Sorong Resmi Diserahkan, Ini Dilakukan PJ Bupati Sorong dan PJ Gubernur PBD

Saya berharap ade ade mahasiswa bangkit, baik yang dimotorik oleh GMNI maupun kelompok Cipayung untuk berkolaborasi sehingga mengkritisi persoalan persoalan Daerah terkait implementasi otonomi khusus (Otsus) di Tanah Papua, Seusai bersambutan Bupati Bernard Sagrim memberikan bantuan kepada Panitia Komferda senilai Rp100.000.000,00 ( seratus juta rupiah) sekaligus membuka Konferda III GMNI Tanah Papua.

Sementara itu Ketua umum DPP GMNI, Imanuel Chayadi mengatakan kita bicara nasionalisme itu dari Sabang sampai Merauke, Nasionalisme itu tidak sekedar ucapan saja tetapi ada hal yang harus ditempu misalnya, harus ada demokrasi dalam hal ekonomi dan juga politik. Seluruh masyarakat Indonesia punya akses terhadap hal itu, punya akses terhadap ekonomi dan punya akses terhadap politik.

Baca Juga :  Rapat Koordinasi Bersama FKUB Papua Barat Daya

Kalau berbicara soal Nasionalisme, musuhnya yaitu transnasionalisme. Ideologi ideologi transnasional itu sangat banyak, baik yang berlandaskan agama, suku, ras ataupun secara politik ekonomi.

Kita harus menelaah kenapa dengan mudah ideologi transnasional masuk, tidak harus dengan cara cara represif tetapi dengan membuka dialog.

Kita dituntut untuk hidup di tengah masyarakat dalam kaderisasi kaderisasi GMNI jadi kita semua turut mengalami apa yang dirasakan oleh masyarakat, itu yang buat GMNI bedah dengan organisasi organisasi lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Harris
Sumber :

Berita Terkait

Bahas Program dengan Kadispen, Bamus Betawi Dorong Mulok Masuk dalam Kurikulum Sekolah
Kunjungi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar, Komite I Akan Perjuangkan Aspirasi Bapas
Percepat Penguatan IKN, Kemenpan RB Pastikan SDM Berkualitas
Indonesia Terus Komitmen Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Palestina dan Sadan
Eksplorasi Hayati di Indonesia, PT Nose Herbalindo dan BRIN Dorong Pengembangan Industri Kosmetik
RDP di DPRD Langkat Soal Ratusan PPPK Guru yang Gagal Seleksi Diwarnai Aksi Saling Pukul Meja
Terkesan Carut Marut Seleksi PPPK di Langkat, Wakil Ketua LPK Minta Kapolres dan Kajari Periksa BKD Langkat dan Dinas Terkait
Pada Refleksi Akhir Tahun, Mahkamah Agung Paparkan Capaian Selama 2023

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru