Bahas Program dengan Kadispen, Bamus Betawi Dorong Mulok Masuk dalam Kurikulum Sekolah

Rabu, 15 Mei 2024 - 13:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Usai menghadiri undangan dari Pemerintah Kota Surakarta dalam Semarak Budaya Indonesia 2024, Badan Musyawarah (Bamus) Betawi terus menjadi sorotan instansi pemerintah maupun swasta terkait program tentang pelestarian budaya. Sebagai satu-satunya mitra pemerintah untuk pelestarian kebudayan, Bamus Betawi mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan membahas program kerja dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta di Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2024).

Pada pertemuan tersebut Bamus Betawi yang diketuai oleh Muhammad Rifki atau Eki Pitung bersama jajaran pengurus lainnya diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo untuk mendiskusikan terkait peran Bamus Betawi dalam dunia pendidikan, khususnya Muatan Lokal (Mulok) masuk dalam kurikulum pendidikan sehingga dipahami dan dilestarikan sebagai kearifan bangsa. Itu merupakan salah satu program kerja nyata Bamus Betawi sebagai amanah dari UU DKJ.

Baca Juga :  Terkait Pemberitan Miring, Eki Pitung: Kami Mengedepankan Merangkul bukan Memukul

Merujuk pada Perda 4 Tahun 2015 tentang pelestarian budaya yang dikuatkan dalam Pasal 31 UU DKJ Nomor 2 tahun 2024, Eki Pitung bersama jajaran mengusulkan beberapa poin penting yang menjadi program bersama Dinas Pendidikan, diantaranya Jakarta setelah menjadi kota global harus ada 4 pilar, sebagai kota global Jakarta harus memiliki wilayah yang menjadi Pusat Seni Budaya Betawi yang mendunia sehingga dapat dikenal di dalam negeri maupun mancanegara, dan pembangunan SMK baru yang bernuansa kebudayaan agar segera dibuatkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Bamus Betawi berharap agar beberapa poin yang kami sampaikan kepada Dinas Pendidikan dapat segera direalisasikan agar kebudayaan lokal dapat terpelihara dan berkembang lebih luas, khususnya kearifan lokal tetap lestari dan berkelanjutan bagi generasi muda,” harap Eki Pitung.

Baca Juga :  Prabowo dan Surya Paloh Bertemu Siang Tadi

Setelah mendengarkan usulan program dari Bamus Betawi, Plt. Kadis Pendidikan bersama jajarannya pada dasarnya sangat tertarik dengan menyampaikan tanggapannya, seperti akan bersama-sama menjaga kearifan lokal Masyarakat Betawi sehingga Budaya Betawi dapat mendunia, Muatan Lokal (Mulok) akan masuk dalam kurikulum sekolah se-DKI Jakarta, sehingga para guru harus mendapatkan Sertifikasi Seni Budaya Betawi, Bamus Betawi juga diharapkan dapat menjadi narasumber atau pelatih bagi guru-guru di DKI Jakarta dalam bidang Seni Budaya Betawi, dan Dinas Pendidikan setuju atas gagasan Bamus Betawi untuk diadakan lomba Gapura Betawi di sekolah se-DKI Jakarta.

“Pada dasarnya kami dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta sangat menerima baik gagasan dan usulan dari Bamus Betawi demi pelestarian Budaya Betawi yang merupakan kearifan lokal yang harus di lestarikan dan kembangkan. Jadi kami sepakat dengan usulan yang disampaikan oleh Bamus Betawi, nanti pada pertemuan berikutnya tinggal kita lakukan PKS saja agar dapat segera direalisasikan segera,” ucap Plt. Kadis Pendidikan, Purwosusilo.

Baca Juga :  Pelantikan DPP Bamus Betawi, Eki Pitung tetap Dorong Hak Kedaulatan Politik Orang Betawi

Diskusi tersebut dihadiri langsung oleh Eki Pitung (Ketum Bamus Betawi), H. Yudhie (Sekjen Bamus), Acep Edy (Wasekjen), H. Isbandi, Decy, dan jajaran lainnya, Plt. Kadispen dan jajarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Heru Budi Diklaim Berhasil Ciptakan Solusi Yang Tepat Untuk Hajat Hidup Warga Jakarta
Teller Bank BRI Ternate Tilap Tabungan Ibadah Haji, Nasabah Beri Somasi
ASN Kota Tidore Kepulauan Gelar Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Santrani Abusama Dapat Surat Tugas Dari DPP Partai Demokrat, Dan Siap Tarung Di Pilwako
Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!
Joe Biden Tolak Keputusan ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu
PKB Sebut Ada Komunikasi dengan Anies Soal Pilgub Jakarta 2024
Pemerintah Kampung Negeya Salurkan Bantuan Dana BLT Kepada Masyarakat

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:56 WIB

Arab Saudi Sebut Tidak Ada Negara yang Bela Israel di Mahkamah Internasional Karena Perbuatannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:46 WIB

PM Inggris Kirim Surat Ucapan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:33 WIB

Putin Beri Selamat atas Kemenangan Prabowo

Senin, 13 November 2023 - 07:34 WIB

Arab Akhirnya Bertindak Soal Penjajahan Israel

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB