Di Akhir 2023, Pemkot Tidore Dihujani Penghargaan dari Pemerintah Pusat

Kamis, 5 Oktober 2023 - 15:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE – Rentetan prestasi yang diraih Kota Tidore Kepulauan, sehingga mendapat berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat menjelang akhir tahun 2023 ini, merupakan hasil dari beberapa terobosan kebijakan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen.

Hal tersebut disampaikan Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim saat dikonfirmasi, Kamis (5/10/2023). Walikota dua periode ini mengatakan, Kota Tidore Kepulauan kembali mendapatkan Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan untuk Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Tahun 2023, pada Kategori Kinerja Penggunaan Produk Dalam Negeri sebesar Rp. 5.901.970.000, – tersebut tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Pada bulan Oktober 2022, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Bagian Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) telah membangun Katalog Lokal Kota Tidore Kepulauan, dan alhmadulillah saat ini sudah berjalan sangat baik, sudah ada 24 Etalase yang dibuat, dan sudah ada puluhan pengusaha lokal yang menjual barang di Katalog Lokal Tidore Kepulauan.

“Pada Desember 2022, saya telah mengeluarkan Instruksi Walikota tentang Kewajiban Belanja Pengadaan Barang/Jasa dengan cara E-Purchasing atau belanja langsung terhadap barang-barang yang ada di E-Katalog Lokal Kota Tidore Kepulauan khusus pada 2 Etalase yakni Etalase Makan Minum dan Alat Tulis Kantor. Saat ini transaksinya di katalog sudah diatas 10 milyar,” Tutur Ali Ibrahim.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini mengatakan, buah dari langkah berani yang diambilnya untuk mewajibkan belanja di Katalog Lokal, yang saat itu meskipun terjadi polemik dan perdebatan yang sangat besar, tapi mantan syahbandar serui ini, tetap perintahkan Bagian PBJ Kota Tidore Kepulauan untuk action melaksanakan, sambil dikawal dan dampingi oleh SKPD Dinas, Badan Kantor, Bagian sampai Kecamatan dan Kelurahan.

Baca Juga :  Jelang Pengumunan Panwaslu Kecamatan, Kantor Bawaslu Langkat Didemo Mahasiswa

“Menurut saya kalau kita mau maju terutama dalam mewujudkan Birokrasi Pemerintahan yang kapabel dengan pelayanan prima, harus dengan cara dipaksa. Karena dipaksa itu akhirnya menjadi terpaksa melakukan, akhirnya lama-lama menjadi terbiasa dan buktinya sekarang semua SKPD bahkan Kelurahan di Kota Tidore Kepulauan, sudah terbiasa dengan berlanja barang di Katalog Lokal Kota Tidore Kepulauan,” Imbuh Ali Ibrahim.

Sementara untuk para pelaku usaha, Ali Ibrahim mengatakan, Pelaku Usaha yang menjual barang di Katalog Lokal Tidore, sebagian besar adalah pengusaha Mikro Kecil dari Kota Tidore Kepulauan, dan barang yang dijual juga 100 % adalah produk Dalam Negeri. Dengan adanya Katalog Lokal ini menjadikan segala transaksi pengadaan barang di Kota Tidore, dapat tercatat dalam sistem pemerintah pusat, sehingga hal tersebut masuk menjadi bahan penilaian.

Baca Juga :  Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Pertemukan Keluarga ABK Dengan KBRI Thailand

“Adanya penghargaan ini, semakin memotivasi kita untuk kedepan kita memaksimalkan lagi 24 Etalase Katalog Lokal, kita perbanyak sosialisasi untuk menarik Pelaku Usaha lokal bisa bergabung menjadi Penyedia di Katalog Lokal. Atas Penghargaan ini, saya mengapresiasi seluruh jajaran ASN se Kota Tidore Kepulauan yang telah bekerja maksimal dalam menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Daerah sehingga prestasi demi prestasi terus diraih oleh Kota Tidore Kepulauan,” Ucap Ali Ibrahim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : YULI
Sumber :

Berita Terkait

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai
Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045
Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB
Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan
Ketum DPP SIB Harap Indonesia Jadi Poros Gerakan Non-Blok Untuk Mediasi Konflik Israel-Iran
Pasca Diamankan Terduga Pelaku Perusakan, Oknum Kades di Langkat Ditahan di Rumah Warga
SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024
DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 21:31 WIB

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai

Jumat, 19 April 2024 - 18:52 WIB

Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045

Jumat, 19 April 2024 - 18:46 WIB

Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB

Jumat, 19 April 2024 - 18:40 WIB

Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan

Kamis, 18 April 2024 - 17:37 WIB

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

Kamis, 18 April 2024 - 17:33 WIB

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Kamis, 18 April 2024 - 13:53 WIB

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Rabu, 17 April 2024 - 18:11 WIB

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Berita Terbaru