Diduga Kepala Desa Gane Dalam Korupsi Dana Desa Tahun Angaran 2023

Selasa, 5 Maret 2024 - 09:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, HALSEL – Diduga Kepala Desa Gane Dalam, Kecamatan Gane Barat Selatan Kabupaten Halmahera Selatan, (Halsel) Provinsi Maluku Utara, (Malut) diduga telah melakukan Tindak Pidana Korupsi Dana Desa (DD) tahun 2023.

Dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa yang dilakukan oleh Kades Gane Dalam Risman B Dulhaji buntut dari tidak adanya transparansi anggaran selama satu tahun anggaran 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Sumber yang tidak bisa di sebutkan namanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia mengatakan, tindakan yang diduga dilakukan oleh Risman B Dulhaji dari pekerajaan pembangunan jalan timbunan satu unit, dengan volume 100 meter, yang dianggarkan menggunakan DD tahun 2023.

Menurutnya tertulis didalam Rencana Anggaran Biayaya (RAB) tahun 2023 anggaran Rp. 171.001.520 (seratus tujuh puluh juta) dengan waktu kerja 60 hari kalender.

Akan tetapi yang terjadi dilapangan itu baru dikerjakan Fandasi jalan saja dan diduga baru menghabiskan anggaran sekira Rp. 80.000.000 (delapan puluh juta), dan sampai pada tahun 2024 ini belum dapat diselesaikan.

Baca Juga :  Pembalap Asal Maluku Utara Ikut Pra PON Sentul Bogor

“Bagaimana kami tidak menduga Kades Korupsi DD, liat saja yang terjadi dilapangan, masa anggaran seratus tujuh puluh juta tapi hanya dikerjakan Fandasi,” ujar Sumber terpercaya Klikfakta.id pada Minggu 03 Maret 2023.

Padahal, kata dia pembangunan jalan itu sudah seharusnya selesai sesuai dengan RAB, karena didalam RAB itu pekerjaan jalan timbunan bukan hanya pembangunan Fandasi bahu jalan.

“Jadi sisa anggaran pekerjaan jalan itu kami menduga sudah masuk didalam kantong pribadi kades,”

Selain itu, Ia juga menduga ada Tipikor lainnya, yang diduga dilakukan Kades Risman, seperti anggaran berupa non fisik, pemberdayaan Masyarakat Desa dan lainnya berupa insentif.

“Kami menduga anggaran non fisik itu dari insentif badan sara, guru ngaji, PAUD, kader posiyandu, LPM, toko adat, BLT, dan makanan tambahan bai belita, serta insentif biang kampong,” tukasnya.

Ia mengaku mengetahui anggaran DD milik Desa Gane Dalam sebesar Rp. 685.000.000 akan tetapi tidak ada keterbukaan anggaran sehingga Masyarakat sangat heran dengan anggaran DD sebesar itu dikemanakan.

Baca Juga :  Usman Sebut Jalan Lingkar Obi Kewenangan Pemerintah Provinsi

“Yang Saya dengar dari sebagian warga itu katanya Kades hanya bayar gaji Kaur dan BPD senilai Rp. 71 juta sekian, serta gaji Rt. 42 juta, sisanya kami menduga masuk dikantong Kades,” pungkasnya.

Untuk itu, atas nama Masyarakat Gane Dalam mendesak Bupati Halmahera Selatan Hassan Ali Bassam Kasuba agar segera mencopot Risman B. Dulhaji dari jabatannya sebagai Kades.

“Kami Masyarakat desak Bupati Copot Kades dari jabatan, dan para pihak yang berwajin agar segera periksa,” desak warga.

Bahkan Kades selama tahun 2023 ini kalau pengurusan pencairan DD, jika sudah dicairkan, tidak lagi datang ke kampung, dia menunggu sampai pencairan berikut.

“Kades kalau pencairan itu palang ke kampung paling lama 3 hari, abis balik lagi ke bacan, jadi warga disini juga bertanya-tanya, sebenarnya Kades ini ada urusan apa, padahal tidak ada sedikitpun proyek atau apa yang didatangkan Kades, diluar DD,” tegasnya.

Baca Juga :  Akhirnya PLN Batalkan Program Kompor Listrik

Terpisah Kades Gane Dalam Risman B Dulhaji ketika dikonfirmasi media ini membenarkan adanya pekerjaan jalan timbunan satu unit yang belum dapat diselesaikan dan ia mengaku sudah menghabiskan anggaran Rp. 100 juta lebih.

Risman mengatakan bahwa terkait dengan pekerjaan jalan timbunan yang dianggarkan melalui DD tahun 2023 volumenya 150 meter, akan tetapi dikerjakan menjadi 300 meter, karena kiri kanan.

“Memang betul pekerjaan jalan itu belum selesai, anggarannya masih ada, dan akan dilanjutkan dalam waktu dekat, dengan anggaran sisa yang ada, tidak lagi menggunakan anggaran tahun 2024,” ucap Risman via telpon seluler.

Disentil terkait dengan insentif tahun 2023, pihaknya menegaskan bahwa untuk insentif semua sudah dapat diselesaikan, jadi masalah insentif itu tidak ada tunggakan.

“Insentif mereka selama 12 bulan saya sudah selesaikan semua, jadi di Desa Gane tidak ada lagi masalah apapun,” tegasnya” (Tutup).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Abdila Moloku
Editor : Yuli
Sumber :

Berita Terkait

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai
Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045
Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB
Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan
Ketum DPP SIB Harap Indonesia Jadi Poros Gerakan Non-Blok Untuk Mediasi Konflik Israel-Iran
Pasca Diamankan Terduga Pelaku Perusakan, Oknum Kades di Langkat Ditahan di Rumah Warga
SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024
DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 21:31 WIB

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai

Jumat, 19 April 2024 - 18:52 WIB

Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045

Jumat, 19 April 2024 - 18:46 WIB

Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB

Jumat, 19 April 2024 - 18:40 WIB

Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan

Kamis, 18 April 2024 - 17:37 WIB

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

Kamis, 18 April 2024 - 17:33 WIB

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Kamis, 18 April 2024 - 13:53 WIB

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Rabu, 17 April 2024 - 18:11 WIB

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Berita Terbaru