Disinformasi Isu Deklarasi Paslon Boneftar-Fatah di Pilkada Manokwari 2024

Minggu, 9 Juni 2024 - 17:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, MANOKWARI – Sejak viral dan membuat heboh dikalangan Masyarakat, Ketua Tim Pemenangan Cawabup Abdul Fatah (AF), Sirajudin, S.H, akhirnya angkat bicara menepis adanya disinformasi deklarasi dukungan kepada salah satu Pasangan Calon (Paslon) Calon Bupati – Wakil Bupati, Drs. Bernard Sefnat Boneftar, M.H – H. Abdul Fatah, yang sempat beredar di media sosial.

Sirajudin menjelaskan, sehubungan dengan beredanya disinformasi di media sosial terkait deklarasi yang mengatasnamakan tim koalisi partai, Gerindra, Hanura, Perindo, Buruh, Demokrat dan Nasdem adalah hal yang keliru, alias sebuah informasi palsu yang sengaja disebarkan untuk memancing situasional politik di Kabupaten Manokwari menjadi tendensius.

“Jadi memang ada beberapa parpol kami sudah lakukan upaya komunikasi politik. Soal edaran deklrasi yang disebutkan pada hari sabtu ini, sesungguhnya info ini tidak benar. Yang benar, kami dari tim Boneftar dan Abdul Fatah baru sebatas merencanakan agenda tersebut, namun belum menetapkan tanggal dan waktu sebagaimana selebaran yang beredar di sosial media,”Ucap Sirajudin, kepada sejumlah awak media saat diwawancarai, pada Rabu (5/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Intinya terkait waktu belum dipastikan. Karena ada beberapa hal yang harus disiapkan, karena ini berkaitan mobilisasi massa yang harus disiapkan dengan baik dan representatif. Karena ini soal deklarasi, tidak serta merta hanya mendadak begitu saja. Karena berbicara sebuah deklarasi maka disana ada sebuah komitmen yang tertuang dan dilaksanakan secara bersama – sama baik secara politik dan unsur informal lainnya,”Sambungnya menambahkan.

Baca Juga :  Achmad Sajili Mengembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Gubernur dari PSI Jakarta

Sirajudin menegaskan, bahwa pada Intinya proses deklarasi bersama partai – partai pengusung atau koalisi dan lapisan Masyarakat akan dilakukan. Namun demikian, akan diikuti dengan segala persiapan yang matang.

“Itu belum fiks. Intinya proses pembicaraan membangun koordinasi komunikasi politik tetap berjalan. Namun waktu untuk deklarasi belum bisa kita pastikan, karena masih dalam tahap penjajakan dan penyatuan komitmen dari masing – masing calon Cabup – Cawabup,”Sebutnya

Sirajudin juga mengapresiasi kepada sejumlah rekan – rekan elit partai politik yang telah berjumpa dan berlumpul untuk bersama ingin menyatukan persepsi arah dukungan calon kepada paslon Calon Bupati Boneftar dan Calon Wakil Bupati Abdul Fatah. “Tentu ini sebuah apresiasi yang kami nilai, karena didalamnya ada sebuah kecocokan dan persamaan visi – misi ingin memajukan Manokwari lebih baik nantinya,”Ucapnya

Hadir dengan komitmen siap membawa perubahan dalam pembaharuan dan keberpihakan pada rakyat kecil, menjadi misi yang tak terpisahkan dari tim pemenangan calon wakil bupati Abdul Fatah, terlebih dalam hal pendidikan harus berhasil digapai jikalau calonnya berhasil menang dalam perhelatan pilkada Manokwari 2024.

Baca Juga :  Demi Memastikan Pelabuhan Sebagai Pusat Pergerakan Ekonomi, Bupati Safitri Malik Soulisa Ikut Rapat Bersama TKBM

Sirajudin juga meyakini, bahwa dengan komposisi pasangan calon yang telah ada, maka pasangan Boneftar – Abdul Fatah sangat layak mendapatkan perhatian dari sejumlah partai politik.

“Kami harap Partai Gerindra bisa secara sah mengusung Bapak Boneftar sebagai Calon Bupati yang mendapatkan rekomendasi untuk berpasangan dengan Abdul Fatah. Kenapa kami merasa yakin, karena sebelumnya sosok Abdul Fatah sudah kantongi surat rekomendasi / tugas dari DPP Partai Hanura. Jadi kami yakin partai – partai lainnya seperti Perindo, Buruh dan Demokrat bisa bersama – sama menjadi satu bagian dalam tim pemenangan ini,”Tukasnya.

Sementara itu, selaku Ketua Tim Penjaringan DPC Hanura Manokwari, Hery Rumbin,S.E, tak mempersoalkan secara lebih terkait disinformasi pelaksanaan deklarasi sebagaimana telah disebut – sebut dan sedang viral di media sosial (medsos).

Hanya saja, kata dia, kiranya aspirasi tersebut bisa diatur dan dibuat dengan sebaiknya karena ini berkaitan sebuah missi besar dalam agenda berpolitik. Selain itu, walau telah membuka dan menerima dengan resmi tahapan penjaringan bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup), namun secara resmi penetapan bacalon tersebut belum dapat dilaksanakan oleh tim penjaringan, dikarenakan proses penjajakan masih sedang berlangsung.

Baca Juga :  Tokoh Adat Dukung, Iksan Subur Maju Pilkada Halsel

Partai gerindra juga, lanjutnya, tak akan buru – buru menetapkan pasangan calon wakil bupati yang nantinya berpasangan secara resmi dengan sosok figur kader dan ketua DPC Partai Gerindra Manokwari, Drs. Bernard Sefnat Boneftar, M.H.

“Kalau dari kami Partai Gerindra, silahkan Masyarakat seluas – luasnya memberikan gambaran terhadap dua figur Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang telah mengikuti rangkaian fit and propertest di Partai Gerindra yang dipimpin Drs. Bernard Sefnat Boneftar, M.H, yang juga merupakan kandidat tunggal calon bupati. Mereka adalah sosok Birokrat H. Abdul Fatah dan Poltisi PSI Purwanto,”Ucap Hery Rumbin.

Oleh karena itu, tegas Hery, bahwa jika tiba saatnya, Partai Gerindra akan tetap mengumumkan secara resmi salah satu dari nama kandidat calon wakil bupati tersebut.

“Survei elektabilitas terhadap figur Cawabup masih terus berlanjut. Kami Partai Gerindra konsisten dan hal – hal berkaitan deklarasi bersama Masyarakat akan tetap dilaksanakan, kalau pasangan Cabup – Cawabup yang diusung sudah sepaket dan resmi ditetapkan,”Ucap Hery.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis :
Editor :
Sumber :

Berita Terkait

Kapolres Halsel, Bersama Rombongan Kunjungi Polsek Gane Timur
Bapenda Malut Gelar Focus Group Discussion Peningkatan PAD Melalui Sidola Batagi
Bakal Calon Bupati, Hj Eka Dahliani Usman Beri Ucapan “Hut Halsel ke-21.Tahun 2024
PLN Indonesia Power Gelar Aksi Bersih Diarea Pantai Pelabuhan
HUT Ke-21 Kaimana, Freddy Thie Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan
Bupati Freddy: Prestasi dan Inovasi Kabupaten Kaimana Harus Terus Ditingkatkan
Hari Lingkungan Hidup, PLN Indonesia Power dan UBP, Tanam Ratusan Pohon
Universitas Okmin Papua Buka PMB Tahun Akademik 2024/2025 Gelombang ke 2

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru