Hadiri Pelantikan LAB, Kombes Nicolas Sampaikan Maklumat Hukum Jelang Idul Fitri 1445 H

Minggu, 31 Maret 2024 - 22:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakaat (Kamtibmas) merupakan salah satu tugas utama dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri), hal tersebut yang dilakukan oleh Kepala Polisi Resort (Kapolres) Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly dengan menghadiri acara Pelantikan Pengurus Laskar Adat Betawi dan Santunan 500 Anak Yatim yang dipelopori oleh Bamus Betawi di Kantor Sekretariat Bamus Betawi, Rukan Permata Jatinegara, Jakarta Timur.

Acara itu dihadiri oleh Eki Pitung (Ketum Bamus Betawi), Sekjen Bamus Betawi beserta jajaran pengurus DPP Bamus Betawi, Rosan Perkasa Roeslani (Wakil Menteri BUMN RI), Ir. Afriansyah Noor (Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI), Irjen Pol. Karyoto (Kapolda Metro Jaya), Kompol Chintya Intania Kusnita (Kapolsek Jatinegara), H. Pardi (Calon Senator DPD RI Dapil DKI Jakarta) bersama istri, Habib Fachry, dan jajaran dari TNI/Polri, Dr. (Hc). Syarrif Andi Syahriansyah Alwi Assyathiri (Ketum Salatin), serta seluruh anggota ormas yang tergabung dalam Bamus Betawi.

Dalam pengakuannya Kapolres menyambut baik acara yang diselenggarakan oleh Bamus Betawi dengan mengusung tema “Ramadhan Penuh Cinta” untuk pelantikan Pengurus Laskar Adat Betawi (LAB) dan Santunan 500 Anak Yatim. Dirinya berharap dengan terbentuknya LAB dapat membantu pihak Polri menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kombes Nicolas mengakui bahwa Polres Jakarta Timur selalu bersinergi dengan seluruh ormas di wilayahnya, sebab dirinya menilai ormas memiliki peran yang penting dalam menjaga Kamtibmas.

“Kita selalu merangkul semua ormas yang ada di Jakarta Timur, karena ormas juga mempunyai sumbangsi yang paling penting untuk menjaga kondusifitas kamtibmas yang ada di Jakarta Timur Khususnya, dan wilaya hukum Polda Metro Jaya pada umumnya,” akunya.

Terkait dengan keberadaan Kantor Bamus Betawi, lanjut Kapolres, dirinya sudah melakukan sinergitas dan bersyukur karena lebih mempermudah dalam berkordinasi dan komunikasi serta kejasama dalam membangun warga.

“Saya sudah pernah mengukuhkan semua ormas yang ada di Jakarta Timur, termaksuk ormas Betawi. Jadi dengan kehadiran pemindahan markas yang ada kami sangat bersyukur, dengan begitu akan makin mempermudah kordinasi dan komunikasi serta kerjasama untuk membangun warga, khususnya menjaga kamtibmas yang ada di Jakarta Timur,” ucapnya.

Mewakili Kapolda Metro Jaya dalam sambutannya, Kapolres Jakarta Timur menyampaikan maklumat terkait gangguan Kamtibmas yang ada di Jakarta menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H agar dapat di pahami dan di patuhi oleh seluruh warga Jakarta, khususnya wilayah hukum Polres Jakarta Timur.

Baca Juga :  Terkait Pemberitan Miring, Eki Pitung: Kami Mengedepankan Merangkul bukan Memukul

“Terkait mengatasi gangguan kamtibmas di Jakarta, tolong agar maklumat ini di sosialisasikan kepada warga Jakarta, khususnya warga kita orang-orang Betawi,” ujar Kombes Nicolas di acara Pelantikan LAB, Minggu (31/3/2024) sore.

Adapun maklumat yang disampaikan Kapolres diantaranya, larangan untuk tidak boleh membakar petasan atau membunyikan kembang api yang ukurannya melebihi (tidak sesuai), malakukan sahur on the road (STR), tidak melakukan pelanggaran hukum seperti, tawuran dan balapan liar. Kapoles menegaskan jika maklumat tersebut tidak ditaati maka dapat di ambil tindakan sesuai hukum yang berlaku.

“Apabila maklumat ini tidak diindahkan oleh seluruh warga masyarakat, maka akan dilakukan tindakan sesuai Pasal 212, 216, dan 214 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP). Maklumat ini merupakan perintah hukum, jadi seluruh warga di minta untuk mentaati perintah hukum yang sudah disampaikan oleh pihak kepolisian,” tegasnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Daur Ulang Sedunia, Perwanti Sinergi dengan Mabes TNI Polri Gelar Kegiatan Donor Darah

Kapolres berpesan pada masyarakat melalui maklumat yang telah disampaikan Kapolda Metro Jaya bahwa, “dalam Bulan Suci Ramadhan ini kita berikan kesempatan kepada umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dengan guyub, aman dan lancar serta sesuai kaidah-kaidah hukum islam yang ada. Meski Begitu, kami tetap menjaga kamtibmas yang ada dengan cara melaksanakan maklumat Bapak Kapolda Metro Jaya, seperti berkumpul yang dapat menjadi trigger memicunya tawuran.

Usai menyampaikan maklumat Kapolda Metro Jaya pada masyarakat di pelantikan Pengurus LAB, Kapolres didampingi Eki Pitung secara simbolis memberikan santunan kepada anak yatim.

Saat disinggung terkait tindak premanisme di wilayah Jakarta Timur apakah mengalami peningkatan dalam menyambut Idul FItri 1445 H, Kombes Nicolas meyakinkan bahwa tindakan premanisme yang meresahkan tidak ada karena selalu dalam pantauannya.

“Sejak saya menjabat Kapolres hingga saat ini masih dalam pantauan kita. Kita selalu bekerjasama yang baik dan tidak adanya kegiatan-kegiataan premanisme yang sangat meresahkan selalu kami pantau. Semua ormas yang ada di Jaktim ini kami selalu kordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan komitmen bersama untuk tetap menjaga kamtibmas,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Rayakan Idul Fitri 1445 H Bersama Keluarga, Surijaty Gelar Open House
Pahami Kebutuhan Hari Raya, Eki Pitung bagikan Ratusan Paket Sembako pada Ormas Pendukung Bamus Betawi
Hadiri Acara Bamus Betawi, Ketum Salatin: Pelantikan LAB Merupakan Penguatan Budaya Asli Indonesia
Kembali buat Gebrakan di Bulan Ramadhan, Eki Pitung Lantik Pengurus LAB dan Santuni 500 Anak Yatim
Ditanya soal Gugatan di MK, Bunda Indah: Prabowo tidak Mencari Uang, Dia Hanya Menunggu Kematiannya
Berbagi Keberkahan di Bulan Ramadhan, PMJ Gelar Sembako Murah Ramadhan
Jelang Ramadhan 1445 H, Eki Pitung Resmikan Kantor Sekretariat Bamus Betawi yang Baru
Soal Sidang Praperadilan Polres Langkat, AKBP Faisal: Hormati Proses Hukum

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 21:31 WIB

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai

Jumat, 19 April 2024 - 18:52 WIB

Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045

Jumat, 19 April 2024 - 18:46 WIB

Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB

Jumat, 19 April 2024 - 18:40 WIB

Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan

Kamis, 18 April 2024 - 17:37 WIB

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

Kamis, 18 April 2024 - 17:33 WIB

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Kamis, 18 April 2024 - 13:53 WIB

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Rabu, 17 April 2024 - 18:11 WIB

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Berita Terbaru