Kasat Narkoba Polres Langkat Lakukan Pemusnaan Sabu dan Ganja Menggunakan Insulator

Kamis, 7 Desember 2023 - 17:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, LANGKAT – Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Langkat, AKP Hardyanto SH, MH melakukan pemusnaan barang bukti narkotika jenis sabu dengan cara di bakar menggunakan alat Insulator, milik BNNK Langkat, di halaman Jananuraga, pada Kamis (7/12/2023) pagi.

Dalam pemusnaan barang bukti tersebut Polres Langkat Polda Sumut, berhasil mengungkap 7 kasus dengan sepuluh orang tersangka berserta barang bukti 22.774,04 gram sabu dan ganja seberat 13.100 gram selama Oktober hingga November 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Didampingi Kasat Narkoba AKP Hardyanto SH, MH. Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS, SIK,SH,MH mengatakan, barang bukti tersebut didapatkan dari tujuh pengungkapan kasus dengan sepuluh orang tersangka.

“Tujuh kasus pengungkapan dengan sepuluh orang tersangka dan barang bukti dua unit mobil dan dua unit sepeda motor,” tegas AKBP Faisal, dalam konferensi pers di halaman Jananuraga Mapolres Langkat.

Baca Juga :  Konstitusionalitas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Dan Pembangunan Negara Hukum Demokratis Indonesia

Kapolres Langkat menambahkan, dari 22 kg sabu-sabu maupun 13 kg daun ganja, kita peroleh dari tujuh kasus. Yang pertama pada Minggu 10 September 2023 diwilayah Kelurahan Securai, Kecamatan Babalan, Langkat dengan 2.400,60 gram.

“Selanjutnya pada 13 September tepatnya di depan Polsek Besitang, kita berhasil menangkap 3.900, 97 gram sabu yang sedang melintas dari wilayah Aceh menuju Langkat dengan menaiki bus Hiace, dan kita hentikan tepatnya di depan Polsek Besitang,” tambah Kapolres.

Pantauan wartawan di lokasi, turut diamankan dua unit mobil jenis Avanza BL 1837 KY dan Inova BK 1723 WYN serta dua unit sepeda motor Scopy dan honda Vario.

Lanjutnya dalam paparan tersebut, AKBP Faisal Rahmat mengungkapkan, pada 15 September 2023, di Kelurahan Sumbermulyo Kecamatan Binjai Timur, Polisi mengamankan daun gaja kering seberat 9.800,26 gram.

Baca Juga :  Sinergitas TNI-Polri Kimaam Musnahkan Miras Berbagai Merk Di Merauke

“Dimana 9 kg lebih daun ganja tersebut hasil pengembangan dari 1 kg ganja yang sebelumnya diamankan diwilayah Polsek Stabat, dan ternyata ada beberpa tersangka lainya yang berdomisili di Binjai,” paparnya

Pada Selasa 3 Oktober 2023, Polres Langkat kembali mengamankan 900.98,5 gram sabu di wilayah Tanjung Pura, selanjutnya pada 24 Oktober di Desa Halaban Kecamatan Besitang, polisi berhasil mengungkap sabu 5 kg lebih 51 gram.

“Selanjutnya pada 26 Oktober, di Kecamatan Salapian kita menagaman 900,95 gram daun ganja kering dan terakhir pada Jum’at 10 November 2023 di Desa Air Hitam Kecamatan Gebang, polisi mengamankan sabu 12.900,79 gram,” terang AKBP Faisal.

Dikahir penyampaiannya, AKBP Faisal Rahmat HS, SIK, SH, MH mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi, sehingga pengungkapan dan penyitaan puluhan kilogram narkotika, baik jenis sabu dan daun ganja di wilayah hukum Polres Langkat.

Baca Juga :  Ancam Patahkan Jari Wartawan dan Hina Polisi, Warga Binjai Dilaporkan ke Polisi

“Kami (Polres Langkat) berterimakasih kepada Kapolda Sumut yang terus-menerus mendukung kami dalam melakukan pemberantasan terhadap tindak pidana narkotika khususnya diwilayah hukum Polres Langkat,” pungkas AKBP Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TEGUH
Editor : TEGUH
Sumber :

Berita Terkait

PT. GMM Di Halsel Akui Belum Penuhi Hak Masyarakat Di Lingkar Tambang
SBGN Pulau Morotai Gugat PT Halmahera Explores Di Nakertrans dan Pengadilan
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Caleg PKB Temukan Dugaan Salah Hitung di Kecamatan Botang Lomang
Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa
Air Bersih Di Wilayah Kota Kaimana Siap Berfungsi Akhir Maret
Kabar Baik, Seluruh Masyarakat Kota Kaimana Segera Menikmati Air Bersih
LKLH dan PNTI Minta Polda Sumut Usut Kasus Dugaan Perambahan Hutan di Langkat dengan Transparan

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:55 WIB

Anies Baswedan Akhirnya Buka Suara Terkait Peluang Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:05 WIB

Selain Prabowo Ternyata Banyak Tokoh Pernah Terima Gelar Jenderal Kehormatan, Ini Daftarnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Usai Lihat IKN, AHY: Saya Terpukau Mimpi Besar Presiden Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:35 WIB

Mabes TNI Ungkap Prabowo Tidak Dipecat Tapi Diberhentikan Dengan Hormat

Berita Terbaru