Kasdam XVII/Cenderawasih Dampingi Pangkostrad Resmikan Pipanisasi TNI AD Manunggal Air di Kampung Sereh Sentani

Kamis, 8 Desember 2022 - 14:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAYAPURA – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., didampingi Kepala Staf Kodam (Kasdam) Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., bersama rombongan meresmikan Pencanangan TNI AD Manunggal Air yang dilaksanakan di Kelurahan Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (7/12/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

“Bapak Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., didampingi Kasdam Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., bersama rombongan tiba di Kampung Sereh Distrik Sentani Kabupaten Jayapura dan langsung disambut oleh Warga dan siswa/siswi dari SD Inpres Sereh dengan tarian adat Sanggar Tari Hehera Kampung Sereh. Kemudian dilanjut dengan kegiatan dengan penanaman pohon Matoa dan pohon Pinang serta meninjau lokasi bakar batu (Barapen), dan dilanjutkan Peresmian Pipanisasi,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman.

Mengawali kegiatan tersebut, Bapak Yanto Eluay selaku Ondopolo Kampung Sereh menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pangkostrad dan semua pihak yang sudah terlibat dalam Program Pipanisasi TNI AD Manunggal Air yang sudah diresmikan oleh Bapak Pangkostrad.

“Air ini adalah sumber kehidupan yang utama bagi manusia. Saya sering ikuti Bapak Maruli Simanjuntak (Pangkostrad) bahwa Bapak sekarang sudah dijuluki sebagai Jenderal Air dan ini luar biasa,” pungkas Ondopolo.

“Program ini ada di Papua karena semua adalah berkat Tuhan untuk masyarakat Papua dan hari ini kita mulai pencanangannya dari Kampung Sereh dan akan ada program-program di tempat lain lagi untuk masyarakat menikmati air bersih terima kasih banyak sekali lagi untuk Bapak Letjen TNI Marulli Simanjuntak, S.Mc (Pangkostrad).”

Baca Juga :  Penjernihan Air Di Danau Batur Dengan Eco Enzyme Bersama Forum Penggiat Lingkungan Hidup

“Masyarakat di Papua masih banyak juga yang membutuhkan air bersih, masih banyak juga yang hidup jauh dari sumber air dan program-program yang sangat baik kami berikan apresiasi yang sangat tinggi buat kita di Kampung Sereh.”

“Kepada seluruh masyarakat di Sereh marilah kita bersatu untuk kemajuan bagi kampung ini karena TNI dan Pemerintah sudah memperhatikan kita, maka kita punya kewajiban untuk menjaga Negara Indonesia ini,” kata Bapak Yanto Eluay Ondopolo Kampung Sereh.

Di tempat yang sama dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Pangkostrad yang telah menyempatkan untuk hadir pada acara meresmikan Pipanisasi TNI Manunggal Air di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Baca Juga :  Link Live Streaming Manchester United Vs Crystal Palace di Liga Inggris Minggu 5 Desember

“Air merupakan kebutuhan utama makhluk hidup, yang tidak hanya sebagai bahan baku, tetapi juga sebagai media untuk produksi, pertanian, industri dan menjaga ekosistem. Oleh karenanya, masyarakat berhak mendapatkan air bersih. Namun, disayangkan dalam data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA) tercatat hingga akhir tahun 2019 akses air bersih baru mencapai 72%. Dan tidak meratanya akses air bersih dirasakan oleh masyarakat pedesaan atau perkampungan,” kata Kasdam XVII/Cenderawasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Admin
Sumber :

Berita Terkait

AHY Dilantik Jadi Menteri, PKS: Welcome to The Jungle, Mas AHY!
Diduga Ada Pesta miras Di Dalam Lapas Kelas III Labuha
Kuasa Hukum Penganiayaan Menilai Polsek Sunggal Tidak Profesional, Kapoldasu Diminta Turun Tangan
Polsek Jajaran Polres Langkat Himbau Warga Tidak Mudah Terprovokasi dengan Berita Hoax
Dua Orang Residivis Pengedar Ribuan Pil Ekstasi Diciduk Polda Sumut
Ditengah Hajatan Pesta, Rumah Eks DPRD Langkat Ludes Dilalap Api
Merajut Silaturahmi, Ketua Umum DPP PTIR dan DPD PTIR Jawa Barat Kunjungi Tokoh Ulama Garut
Pemilik CV Mukti Jaya Sentosa Bandel

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:56 WIB

Arab Saudi Sebut Tidak Ada Negara yang Bela Israel di Mahkamah Internasional Karena Perbuatannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:46 WIB

PM Inggris Kirim Surat Ucapan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:33 WIB

Putin Beri Selamat atas Kemenangan Prabowo

Senin, 13 November 2023 - 07:34 WIB

Arab Akhirnya Bertindak Soal Penjajahan Israel

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB