Lukas Enembe Gubernur Papua Sahabat Sejati Warga Muslim Di Tanah Papua

Sabtu, 4 Februari 2023 - 21:34 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Gembala DR. A.G. Socratez Yoman, Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua

(Lukas Enembe adalah Sabahat semua orang dan hatinya menembus perbedaan. Saya yakin mayoritas orang Muslim di Tanah Papua Sahabat Lukas Enembe Gubernur Papua. Lukas Enembe memelihara dan merawat relasi kemanusiaan yang kuat dengan kaum Muslim di Papua)

Pada 31 Januari 2023, pada jam 18.00, saya ada pertemuan dengan ada salah satu pejabat di Tanah Papua, berinisial MA, dan MA sampaikan kepada saya kekagumannya kepada Lukas Enembe Gubernur Papua.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya secara pribadi belum pernah ketemu langsung dengan beliau, tapi saya melihat pak Lukas Enembe pribadi rendah hati dan telah membangun Papua luar biasa. Saya melihat pak Lukas Enembe membantu dengan nilai ratusan dan milyaran kepada perorangan dan juga pemimpin agama dan lembaga-lembaga yang ada di Papua.”

“Pada saat saya berdoa di mimbar dan juga di rumah, saya dengan setia mendoakan bapak Lukas Enembe Gubernur Papua. Saya kadang menangis melihat apa yang dikerjakan pak Lukas di Tanah ini. Beliau bicara apa adanya, berani dan bertanggungjawab. Banyak hal yang pak Lukas kerjakan untuk rakyat Papua. Sekarang saya berdoa supaya pak Lukas Enembe segera sembuh, pulih dan kuat.”

Baca Juga :  Pulau Tersembunyi Di Raja Ampat - Papua Barat Daya

Lukas Enembe Gubernur Papua manusia berbudi luhur. Keluhuran budinya itu terbukti dalam banyak hal dalam hidup dan pelayanannya.

Contoh kecil dalam hidup Lukas Enembe Gubernur Papua ialah juru masak di Rumah adalah orang Muslim. Ajudannya orang Muslim, Juru bicara dua orang Muslim, kaderkan Ketua KNPI Pusat orang Muslim, beberapa pejabat dalam pemerintahannya orang Muslim, termasuk Sekretaris Daerah Papua, pernah berpasangan calon Gubernur Papua dengan wakil orang Muslim dan masih banyak dan perlu ditambah.

Lebih spesial sebagai sahabat dekat Lukas Enembe antar Pejabat ialah Tito Karnavian waktu menjadi Kapolda Papua. Lukas Enembe dengan Tito Karnavian sangat akrab. Tapi, sepertinya,  sikap Tito Karnavian hari ini, air susu dibalas dengan air tuba.

Saya yakin, Lukas Enembe mempunyai banyak sahabat dari orang-orang non-Kristen. Lukas Enembe Gubernur Papua adalah tokoh pluralis, moderat,  modern, unik.

Lukas Enembe Gubernur Papua manusia berbudi luhur di planet ini. Lukas Enembe Gubernur Papua adalah guru hati nurani di planet ini. Lukas Enembe pemilik kepolosan dan keluguan dan  pendiam dan dermawan sejati.

Baca Juga :  Jadilah Garam dan Terang 

Kalau Anda  mau hidup untuk memberikan sesuatu dengan hati tulus, murni dan ikhlas, belajarlah kepada Lukas Enembe Gubernur Papua. Kalau Anda  tidak mengharapkan balasan kebaikan Anda, belajarlah kepada Lukas Enembe Gubernur Papua. Lukas Enembe hanya tahu memberi dan memberi dan memberi tanpa memperhitungkan berapa banyak yang dia kasih kepada sesamanya.

Banyak peluang Lukas Enembe Gubernur Papua mau memperkaya diri. Kesempatan itu tidak digunakan pada waktu Lukas Enembe menjadi Wakil bupati dan bupati Puncak Jaya dan gubernur Papua dua periode. Peluang untuk korupsi atau curi uang rakyat itu dihindari dengan mengikuti iman, aturan, undang-undang.  Lukas Enembe hadir sebagai orang terdidik,  terhormat dan bermartabat di tengah-tengah rakyatnya atau bangsanya.

Tuduhan 1 milyar dari  KPK adalah kebohongan, politisasi dan kriminalisasi. Tuduhan KPK ini tidak masuk dalam kriteria dan sifat Lukas Enembe Gubernur Papua. 1 milyar itu uang pribadi Lukas Enembe.

Lukas Enembe Gubernur Papua memiliki mata hati dan mata iman. Lukas Enembe memiliki sifat kepolosan dan keluguan. Lukas Enembe tidak pernah berpura-pura dan munafik. Dia selalu mengatakan dengan jujur, polos dan terus-terang tanpa dipoles-poles.

Baca Juga :  Jelang Natal, Sepi Wanimbo Minta, OAP Hindari Pesta Miras

“Sahabatku Lukas Enembe, tanganmu diborgol oleh Negara,  tapi keluhuran budimu,  hati nuranimu, keluguanmu, kepolosanmu, orang dermawan sejati itu belum berhasil diborgol oleh penguasa Indonesia melalui KPK. Pembelaan dari TUHAN pasti datang dengan kebenaran dan keadilan. Bersabarlah Sahabatku SiPendiam yang selalu senyum polos dan tulus dan juga membaca dan melihat  hati nurani setiap orang  dengan mata iman, mata hatimu. Sahabatku, engkau adalah guru berbudi luhur di planet ini.”

Akhir kata: “Lukas Enembe dari hidup yang diam, ia melihat dan membaca setiap hati dan pikiran orang dengan mata iman, mata hati. Ia memberikan salam dengan tulus, polos, jujur dan penuh kasih. Ia memberikan apa yang ada padanya dengan tulus. Ia tidak pernah mengharapkan balasan.  Lukas Enembe seperti mata Tuhan, wajah Tuhan dan tangan Tuhan dalam dunia realitas dewasa ini.”

Terima kasih. Selamat membaca. Tuhan memberkati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Fiqram
Sumber :

Berita Terkait

Bahasa Ibu Sebagai Identitas Orang Asli Papua
OAP Wajib Selamatkan Bahasa Ibu Sebagai Identitas Warisan Budaya
Wujudkan Budaya Politik Bersih dan Beretika dalam Pesta Demokrasi
Selamatkan Generasi Muda Papua Dari Ancaman Bahaya Alkohol Dan Narkoba
Apa Sandiaga Uno Ingin Menciptakan Mafia Sambil Menghancurkan Industri Pariwisata?
Pemimpin Rohani Harus Memiliki Hati Seorang Bapa
Capres dan Gagasan Masa depan Indonesia
Kaum Muda dan Gimik Politik 2024

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:14 WIB

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Maret 2024 - 11:01 WIB

Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:28 WIB

MK Tegaskan Jadwal Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:44 WIB

Fraksi PSI Jakarta Meminta Dinas SDA Siaga Menghadapi Banjir Jakarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 09:37 WIB

Air Bersih Di Wilayah Kota Kaimana Siap Berfungsi Akhir Maret

Jumat, 1 Maret 2024 - 00:04 WIB

LKLH dan PNTI Minta Polda Sumut Usut Kasus Dugaan Perambahan Hutan di Langkat dengan Transparan

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WIB

Oknum PPS Bagi – Bagi Surat Surat Sisa di Desa Gumira ke Caleg PKB Kabupaten dan Provinsi

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:56 WIB

Bank Dunia Soroti Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

Berita Terbaru

Berita

Sah! MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4% Berlaku di 2029

Jumat, 1 Mar 2024 - 11:14 WIB

Berita

Praktisi Hukum Soroti Kinerja Polsek Kayoa

Jumat, 1 Mar 2024 - 11:01 WIB