Menerima Audiensi PW IWO Sumut, Kapolda Sumut Berharap Media dapat Menjadi Literasi Positif bagi Masyarakat

Jumat, 15 September 2023 - 04:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, MEDAN – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi berharap, peran media dapat menjadi literasi positif bagi masyarakat khususnya Sumatera Utara, dan umumnya di negara Republik Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kapolda Sumut, saat menerima audiensi jajaran Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Sumut, di ruang tamu lantai dua Mapolda Sumut, Jalan SM Raja KM 10,5 Medan, Kamis (14/9/2023).

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menilai, media online di era digitalisasi sekarang ini sangat jauh dari nilai literasi yang positif. Menurut Kapolda Sumut, judul media yang ditampilkan sangat bombastis, namun isi beritanya kosong. Bahkan ada juga judul berita yang terlalu mubajir (panjang) akan tetapi tidak memberikan makna yang positif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kekhawatiran saya itu kekuatan media itu nanti menjadi apatis dan sains media itu menjadi tumpul akan membuat kita menjadi robot. Menurut saya itu yang akan merugikan bagi media itu sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tangis Haru Kasatreskrim Polres Langkat Pecah Saat Mengiringi Pelepasan AKBP Danu Pamungkas

Kapolda Sumut juga berharap, media dapat menempatkan profesinya pada banyak hal yang dapat dimanfaatkan dengan kerjasama stake holder dengan media.

“Banyak ajang yang positif yang bisa di manfaatkan media untuk kerja sama yang tujuannya pengembangan kedepannya bagi media itu sendiri. Tentunya media sudah seharusnya menjadi literasi yang positif bagi masyarakat dalam negeri maupun luar negeri,” harap Kapolda Sumut.

Lanjutnya, sebagai contoh salah satu negara di Singapura, disebutkan Kapolda Sumut, media dapat berperan mempengaruhi pendapatan negara dengan memanfaatkan peran media.

“Di negara Singapura media bisa mempublikasi suatu peristiwa dengan tenggang waktu tiga atau lima hari. Dan untuk mendatangkan devisa bagi negara tersebut, tegang waktu publikasi media tersebut bisa lama hingga satu bulan. Artinya antara media dan pemerintah untuk mendapatkan keuntungan devisa negara baik dari sektor investor dan pariwisatanya ada kerja sama,” sebut Kapolda Sumut.

Baca Juga :  Profil Sitti Amina Amahoru, Calon Senator DPD RI Daerah Pemilihan Maluku

Dalam pertemuan itu, Kapolda Sumut berharap PW IWO Sumut dapat berinovasi penyajian pemberitaan yang bisa menjadi literasi yang positif bagi masyarakat. Agar peran media cyber ini kedepannya tidak menjadi robot dan peran profesi media itu sendiri tidak akan tersingkirkan oleh robot tersebut.

“Itu harapan saya kepada temen-temen media, agar peran media ini memikirkan jangka panjang seperti apa kedepannya,” tutur Kapolda Sumut.

Dalam kesempetan itu, Ketua PW IWO Sumut, Teuku Yudhistira Adi Nugraha, mengaku sangat tertarik dengan paparan Kapoldasu dan merasa tertantang dengan yang disampaikan jenderal bintang dua tersebut.

“Insyaah Allah ini menjadi PR bagi IWO, dan ke depan ini bisa menjadi penghubungan kolaborasi antara Polda Sumut dan IWO sehingga seluruh permasalahan sosial yang dikhawatirkan berdampak negatif termasuk pidanam. Sehingga bukan hanya menjadi tanggungjawab satu pihak khususnya kepolisian, juga tanggungjawab semua pihak termasuk wartawan,”ketus pria yang akrab disapa Yudhi.

Baca Juga :  Hasil Pengembangan, Polda Sumut Kembali Tangkap Bandar Judi Chips Higgs Domino

Dengan didampingi, Amri Abdi selaku (Sekretaris), Arfan SH (LBH), Zahendra (Ketua Bidang Hukum) dan Rizky Audina (Bidang Organisasi dan Pengembangan) dalam audensi itu, Ketua PW IWO Sumut, Teuku Yudhistira menyampaikan kepada Kapolda Sumut. Bahwa IWO akan menggelar Mubes II di Jakarta pada oktober 2023 mendatang.

Kabar itu pun disambut antusias oleh Kapolda Sumut Irjen Agung Setya, seraya berharap perhelatan akbar itu bisa berjalan lancar dan sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : MUFIK
Sumber :

Berita Terkait

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai
Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045
Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB
Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan
Pasca Diamankan Terduga Pelaku Perusakan, Oknum Kades di Langkat Ditahan di Rumah Warga
SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024
DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok
Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 21:31 WIB

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai

Jumat, 19 April 2024 - 18:52 WIB

Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045

Jumat, 19 April 2024 - 18:46 WIB

Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB

Jumat, 19 April 2024 - 18:40 WIB

Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan

Kamis, 18 April 2024 - 17:37 WIB

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

Kamis, 18 April 2024 - 17:33 WIB

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Kamis, 18 April 2024 - 13:53 WIB

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Rabu, 17 April 2024 - 18:11 WIB

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Berita Terbaru