Pengusaha di Pasangan Capres 2024

Senin, 13 November 2023 - 07:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Pengusaha menjadi rebutan menjelang Pilpres 2024. Ada yang merapat ke kubu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, hingga Prabowo Subianto.

Sejauh ini, baru pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mengumumkan line up resmi tim suksesnya. Sedangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tak kunjung mengumumkan Timnas AMIN.

Anies mengklaim ada sejumlah pengusaha menengah hingga besar yang ingin merapat. Namun, mereka disebut takut mendukungnya di Pilpres 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Takut. Karena kami mengalami, pengusaha-pengusaha yang berinteraksi, bertemu, setelah itu mereka mengalami pemeriksaan. Pemeriksaan pajak dan pemeriksaan lain-lain,” kata Anies dalam acara Mata Najwa on Stage dalam Youtube UGM, Selasa (19/9).

“Ada contoh di Jawa Barat membantu, di Jawa Tengah membantu. Setelah selesai katanya random tapi 10 perusahaan miliknya semua diperiksa pajak. Itu yang katanya random,” sambungnya.

Lantas, siapa saja sosok pengusaha dibalik Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran? Berikut rangkumannya:

1. Anies-Muhaimin (Timnas Pemenangan AMIN)
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut Timnas Pemenangan AMIN tidak akan diketuai oleh pengusaha maupun penguasa. Ia enggan AMIN meniru kandidat capres lain yang mengambil tokoh dari kalangan pengusaha beken.

“Kita bukan dari unsur penguasa dan pengusaha. Kita cari rakyat biasa,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (3/11).

“Maksudnya kami tidak mengambil tokoh-tokoh ternama dari dunia usaha. kalau bahasa sekarang bukan bagian dari oligarki,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jelang Bebas Anas Urbaningrum Tulis Surat Untuk Pendukungnya

Dengan kata lain, belum jelas siapa pengusaha yang berada di jajaran pendukung AMIN. Sejauh ini baru Ketua Umum Partai NasDem sekaligus Pimpinan Media Group Surya Paloh yang bisa diidentifikasi sebagai pengusaha di balik Anies dan Cak Imin.

Pemilik gurita bisnis media massa, mulai dari Metro TV hingga Media Indonesia itu adalah orang yang pertama mengusung Anies Baswedan bertarung di kontestasi 2024. Surya Paloh juga yang menjodohkan Anies dengan Cak Imin.

2. Ganjar-Mahfud (Tim Pemenangan Nasional/TPN)
Pasangan ini punya timses bernama Tim Pemenangan Nasional (TPN). Tak tanggung-tanggung, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid ditunjuk sebagai ketuanya.

Selain Arsjad yang memutuskan cuti untuk memenangkan Ganjar-Mahfud, TPN diisi nama pengusaha yang tak kalah tenar lainnya. Berikut daftarnya:

– Deputi Operasi 247 TPN Ganjar Denon Prawiraatmadja
Denon dikenal sebagai pengusaha nasional di bidang transportasi udara. CEO Whitesky Group itu mengelola Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma setelah mengakuisisi PT Angkasa Transportindo Selaras.

– Bendahara Umum TPN Orias Petrus Moedak
Namanya tersohor karena disebut-sebut berperan penting dalam pengambilalihan 51 persen saham PT Freeport. Orias malang-melintang di BUMN, seperti Pelindo 2 hingga Inalum.

– Sekretaris Eksekutif TPN Heru Dewanto
Heru dikenal sebagai pengusaha di bidang jasa konstruksi. Selama lebih dari 25 tahun Heru memimpin korporasi multinasional dan perusahaan nasional di bidang investasi dan pengembangan usaha, mulai dari pembangkit listrik, jalan tol, kereta api, LRT, terminal, hingga perumahan.

Baca Juga :  Ketua DPD RI: Kualitas Demokrasi Indonesia Menurun Imbas Amandemen Konstitusi

– Wakil Ketua TPN Bagas Adhadirga
Bagas adalah pendiri dan CEO PT Asia Aero Technology yang bergerak di bidang pengembangan dan pelayanan bandar udara. Ia juga dikenal sebagai design engineering aeordinamika di BIRU System Infrastructure IT dan Dinamika Aviasi Indonesia serta Maintenance, Repair, dan Operation Organization Prizma Engineering Aerodinamika.

– Kepala Staf Pimpinan TPN Regi Wahyu
Regi merupakan pengusaha, co-founder sekaligus CEO HARA Token, co-founder dan CEO Dattabot (2015-sekarang), dan Asia Pacific Regional Director DUPONT (2007-2010). Sejumlah perusahaan miliknya bergerak di bidang teknologi dan blokchain.

– Ketua Tim Pemenangan Muda (TPM) Dharmaji Suradika
Pria yang akrab disapa Aji ini adalah co-founder sekaligus CEO dari start-up nonprofit Pemimpin.id. Ia mendirikan start-up yang bergerak di pemberdayaan para pemuda Indonesia pada Juli 2019.

3. Prabowo-Gibran (Tim Kampanye Nasional/TKN)
Tak kalah mentereng, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran juga diisi oleh deretan pengusaha ternama. TKN juga dipimpin jebolan Kadin, yakni Ketua Kadin 2010-2015 sekaligus mantan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani.
Lalu, deretan pengusaha lain ikut mengekor. Nama-nama miliarder ini diumumkan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid pada Senin (6/11) lalu.

“Atas izin bapak bacawapres (Gibran Rakabuming Raka) dan ketua (Ketua TKN Rosan Roeslani), kami diminta untuk bacakan susunan TKN Koalisi Indonesia Maju (KIM) pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” kata Nusron di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Anies Jadi Calon Gubernur Jakarta Lagi? Ini Respon PKS

Berikut deretan pengusaha yang bertekad memenangkan Prabowo-Gibran:

– Pembina TKN Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie dikenal sebagai pengusaha dari kerajaan bisnis Bakrie Group. Selain itu, ia adalah politikus Indonesia yang tergabung dalam Partai Golkar.

– Wakil Ketua Pengarah TKN Hashim Djojohadikusumo
Hashim adalah adik kandung Prabowo Subianto. Jika Prabowo aktif di militer, Hashim malang melintang sebagai pengusaha di bidang pertambangan, program bioethanol, perkebunan karet di kelompok perusahaan Arsari Group.

– Wakil Ketua Koordinator Strategis TKN Erwin Aksa
Keponakan Jusuf Kalla ini menjadi pengusaha nasional mengikuti jejak sang ayah. Namanya mentereng bersama Bosowa Group.

– Wakil Bendahara Umum TKN Pandu Sjahrir

Pandu merupakan keponakan dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Ia adalah pengusaha tenar sekaligus wakil direktur utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

– Anggota Penasihat TKN Putri Kuswisnu Wardani
Putri dikenal sebagai pengusaha kosmetik. Ia merupakan bos Mustika Ratu.

– Anggota Penasihat TKN Maher Algadri
Sepak terjang Maher di dunia bisnis melejit berkat perusahaan Kodel Group. Ia adalah taipan di era Orde Baru, bahkan namanya tercatat dalam laporan Forbes sebagai konglomerat kelas kakap di era itu.

– Anggota Penasihat TKN Theo Sambuaga
Theo Sambuaga juga tak asing dalam dunia bisnis tanah air. Ia adalah presiden komisaris PT Lippo Cikarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : YULI
Sumber : CNN INDONESIA

Berita Terkait

Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia
Hasto Kristiyanto: Anies Dulu Jadi Rival, Sekarang Teman Berdialog
NasDem Resmi Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024
NasDem Akan Dukung Penuh Kaesang Jika Maju di Pilgub Jateng 2024
Kaesang Pangarep Kunjungi NasDem Tower
Harlah Ke-26 PKB, Cak Imin: Semua Partai Diundang
Ketua MPR RI Bamsoet Segera Luncurkan Dua Buku ke-33 dan 34 Karya Terbaru dan Dua Buku Bahan Ajar Ilmu Hukum
Demokrat Usung Pasangan Riza Patria-Marshel Widianto di Pilkada Tangsel

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:21 WIB

Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:48 WIB

NasDem Resmi Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 16:46 WIB

NasDem Akan Dukung Penuh Kaesang Jika Maju di Pilgub Jateng 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 16:38 WIB

Kaesang Pangarep Kunjungi NasDem Tower

Minggu, 21 Juli 2024 - 17:51 WIB

Harlah Ke-26 PKB, Cak Imin: Semua Partai Diundang

Minggu, 21 Juli 2024 - 17:44 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Segera Luncurkan Dua Buku ke-33 dan 34 Karya Terbaru dan Dua Buku Bahan Ajar Ilmu Hukum

Minggu, 21 Juli 2024 - 06:59 WIB

Demokrat Usung Pasangan Riza Patria-Marshel Widianto di Pilkada Tangsel

Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:10 WIB

Ditanya Pilkada Jateng atau Jakarta, Kaesang: Peluangnya Sangat Besar di Jateng

Berita Terbaru

Nasional

Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:21 WIB

tajukflores