Percepat Penguatan IKN, Kemenpan RB Pastikan SDM Berkualitas

Rabu, 17 April 2024 - 19:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hal tersebut ditegaskan Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas, saat konferensi pers Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk “Skema Pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN)”, di Gedung Kementerian Kominfo, Rabu (17/4/2024).

“Seperti yang Bapak Presiden sudah katakan berulang kali bahwa pemindahan ibu kota ini bukan sekedar pemindahan infrastruktur, tapi yang lebih penting adalah transformasi pola pikir, budaya kerja, dan dukungan SDM yang memadai,” ujarnya.

Kemenpan RB dikatakan Abdullah terus menjalin komunikasi dengan seluruh kementerian dan lembaga untuk menapis dan memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipersiapkan ke IKN adalah mereka yang benar-benar siap dan punya kemampuan.

“Digitalisasi menjadi kunci. Ini menjadi perhatian dan krusial karena ternyata harus kami akui, misalnya ada sebuah kota yang sudah dikatakan menerapkan konsep smart city, tapi koq pegawai honorernya masih banyak. Ini kan berarti kontradiksi. Maka kami sudah membuat goverment technology bersama Kementerian Kominfo dan Kementerian Dalam Negeri. Intinya menjembatani sistem digital di IKN,” kata Abdullah.

Pada kesempatan tersebut, Abdullah pun meyakinkan bahwa seluruh ASN akan dipindahkan secara bertahap dalam waktu secepatnya.

“Semua ASN kementerian/lembaga akan dipindahkan secara bertahap. Tidak berdasarkan siapa duluan. Sebelumnya hanya beberapa kementerian dan lembaga teknis yang akan dipindahkan terlebih dahulu. Namun saat ini disepakati tidak seperti itu. Semua ASN pindah,” ucapnya.

Baca Juga :  MN KAHMI Fachrul Razi dan Sabaruddin Hadir Melantik MW KAHMI Kalimantan Timur

Selain ASN lama, Kemenpan RB juga telah menyiapkan 200 ribu formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bagi para fresh graduate untuk ditempatkan di seluruh sektor di IKN.

“Secara keseluruhan kita membutuhkan kurang lebih 600 ribu fresh graduate untuk calon ASN. Mereka adalah anak-anak muda yang nanti akan mengikuti seleksi yang ketat, terbuka, dan transparan. Sebanyak 200 ribu diantaranya yang akan masuk ke IKN,” ungkap Azwar.

Terkait pemenuhan kebutuhan ASN di IKN, pemerintah tak lupa memberikan kebijakan khusus untuk putra-putri daerah yang ada di Kalimantan. Hal ini sebagai upaya menyeimbangkan grade para pendaftar CPNS dari seluruh Indonesia.

“kita sedang akan membuat kebijakan yakni akan ada persentase khusus putra-putri Kalimantan di dalam formasi CPNS ini. Nanti akan kita siapkan persentase berapa CPNS dari wilayah Kalimantan,” jelasnya.

Baca Juga :  Wabub Bursel Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Terkait infrastruktur hunian Azwar juga menegaskan jika ada sebanyak 47 tower atau menara apartemen yang disiapkan untuk ASN. Setiap menara apartemen di IKN akan memiliki 60 unit hunian. Setiap hunian itu memiliki luas 98 meter persegi.

Dari 47 menara apartemen yang disiapkan itu, untuk ASN disiapkan 29 menara dan untuk TNI-Polri disiapkan 18 menara. Lalu dari sebanyak 2.820 unit yang tersedia, untuk ASN disiapkan 1.740 unit dan untuk TNI-Polri sebanyak 1.080 unit.

Pada Juli 2024 ini ditargetkan ada sebanyak 8 menara yang rampung. Kemudian pada Agustus bertambah 14 menara dan pada November bertambah 7 menara, sehingga totalnya berjumlah 29 menara untuk ASN.

“ASN yang dipindah pada tahap pertama juga akan diberikan tunjangan khusus,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Press Realeas
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Bahas Program dengan Kadispen, Bamus Betawi Dorong Mulok Masuk dalam Kurikulum Sekolah
Kunjungi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar, Komite I Akan Perjuangkan Aspirasi Bapas
Indonesia Terus Komitmen Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Palestina dan Sadan
Eksplorasi Hayati di Indonesia, PT Nose Herbalindo dan BRIN Dorong Pengembangan Industri Kosmetik
RDP di DPRD Langkat Soal Ratusan PPPK Guru yang Gagal Seleksi Diwarnai Aksi Saling Pukul Meja
Terkesan Carut Marut Seleksi PPPK di Langkat, Wakil Ketua LPK Minta Kapolres dan Kajari Periksa BKD Langkat dan Dinas Terkait
Pada Refleksi Akhir Tahun, Mahkamah Agung Paparkan Capaian Selama 2023
Ratusan Guru Honorer di Langkat Lulus Passing Grade PPPK Unjuk Rasa di Kantor Bupati

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:56 WIB

Arab Saudi Sebut Tidak Ada Negara yang Bela Israel di Mahkamah Internasional Karena Perbuatannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:46 WIB

PM Inggris Kirim Surat Ucapan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:33 WIB

Putin Beri Selamat atas Kemenangan Prabowo

Senin, 13 November 2023 - 07:34 WIB

Arab Akhirnya Bertindak Soal Penjajahan Israel

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB