Sambut Provinsi Papua Barat Tengah, Bupati Kaimana Freddy Thie Dorong Pemekaran Kabupaten Lain di 4 Wilayah

Minggu, 12 Februari 2023 - 12:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, KAIMANA – Bupati Kabupaten Kaimana Freddy Thie menyampaikan kesiapan daerahnya menjadi ibukota provinsi sementara pada tahapan perencanaan pemekaran Provinisi Papua Barat Tengah. Untuk diketahui, provinsi baru itu nantinya mencakup empat kabupaten, yakni Kaimana, Fakfak, Wondama dan Bintuni.

“Kalau nantinya Kaimana dipercayakan sebagai ibukota provinsi persiapan, sambil nanti kita membangun sarana prasarana di provinsi yang baru. Kita siap untuk membuat perencanaan bahwa ini hanya sementara saja, bukan untuk seterusnya, supaya ada komitmen bersama,” jelas Bupati Freddy Thie agenda Pembahasan Lanjutan Percepatan Pembentukan Provinsi Papua Barat Tengah, di Gedung Pertemuan Krooy, Kaimana, Sabtu (11/02/2023).

Menurut Bupati Freddy Thie, tahapan perencanaan ibukota provinsi baru seyogyanya memiliki sejumlah persyaratan termasuk pemekaran kabupaten lainnya di kabupaten induk. Seperti di Kabupaten Kaimana yang tengah menyiapkan dokumen untuk pemekaran dua kabupaten baru.

“Pada prinsipnya kalau kita bicara ibukota provinsi, kita Kabupaten Kaimana berharap juga untuk pemekaran kabupaten-kabupaten yang ada di setiap kabupaten induk. Jadi kita di Kaimana sudah punya satu dokumen untuk pemekaran kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Arguni dan juga Kabupaten Teluk Etna,” ujarnya.

Sebagai bentuk komitmen bersama, bupati berdarah Thionghoa ini meminta kepada rekan sesama bupati di tiga kabupaten lainnya untuk menyampaikan masukan sebagaimana persyaratan yang dimaksud agar ditindaklanjuti oleh tim kajian.

“Kita bicara pemekaran Provinsi Papua Barat Tengah, saya berharap kita sebagai anak adat Bomberai ini harus turut bicara dari hati ke hati, tidak ada ego dari masing-masing kabupaten. Semangat yang sudah terbangun mulai dari pertemuan sebelumnya pada awal tahun 2022 itu merupakan cikal-bakal atau semangat yang sama untuk kita lahirkan Provinsi Papua Barat Tengah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pasca Diamankan Terduga Pelaku Perusakan, Oknum Kades di Langkat Ditahan di Rumah Warga

Sarana-Prasarana Pendukung

Bupati Kaimana Freddy Thie menjelaskan hasil pembahasan dari tim kajian pemekaran terkait beberapa indikator terbentuknya ibukota provinsi baru, yakni mencakup konsensus dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

“Kita sudah dengar sama-sama paparan yang disampaikan tim kajian, sehingga kalau saya pertegas yang disampaikan oleh Ketua Dewan Adat Bapak Johan Werfete, berharap ibukota provinsi nanti bisa menjangkau 4 kabupaten yang ada,” jelasnya.

Indikator lainnya, lanjut Bupati Freddy Thie, Pemkab Kaimana telah memiliki sarana dan prasarana pendukung yang dapat menjadi pertimbangan tim kajian beserta tiga kabupaten lainnya untuk menjadikan daerahnya sebagai ibukota provinsi sementara. Hal itu juga sejalan dengan pernyataan salah satu tokoh adat Bomberai.

“Bahwa pertama rakyat kepala daerah waktu jaman Bapak Gubernur Abraham Atururi, Kaimana berharap nanti kalau secara indikator kajian kita juga siap tawarkan untuk Provinsi Papua Barat Tengah,” ujarnya.

Baca Juga :  Begini Cara Bupati Freddy Promosikan Kaimana di Kupang Kota Karang

Adapun sarana prasarana pendukung lainnya, Kabupaten Kaimana telah memiliki pelabuhan laut dengan fasilitas yang memadai serta bandara Utarom yang juga akan disiapkan untuk fuselage (pesawat dengan kapasitas besar dan lebar).

“Bandara Utarom Kaimana tahun 2023 ini ada bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk melengkapi sarana dan prasarana. Kalau pekerjaan ini berjalan dan selesai di pertengahan tahun, pesawat berbadan besar akan masuk di Kaimana,” tandasnya.

Dalam pertemuan itu, turut hadir Bupati Wondama, Hendrik S. Mambor; Bupati Bintuni, Petrus Kasihiw; Wakil Bupati Fakfak, Yohana Hindom; para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, Forkopimda dan Anggota DPR Provinsi hingga Anggota DPR dari empat kabupaten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : M. F
Sumber :

Berita Terkait

Teller Bank BRI Ternate Tilap Tabungan Ibadah Haji, Nasabah Beri Somasi
ASN Kota Tidore Kepulauan Gelar Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Santrani Abusama Dapat Surat Tugas Dari DPP Partai Demokrat, Dan Siap Tarung Di Pilwako
Pemerintah Kampung Negeya Salurkan Bantuan Dana BLT Kepada Masyarakat
Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024
347 Pegawai PPPK Kota Tidore Kepulauan Resmi Terima SK Pengangkatan
Walikota Ali Ibrahim Resmi Lepas 118 Calon Jama’ah Haji Kota Tidore Kepulauan
Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Fakultas Hukum Unkhair Sosialisasi money Politic 

Berita Terkait

Senin, 13 Mei 2024 - 16:45 WIB

Kunjungi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar, Komite I Akan Perjuangkan Aspirasi Bapas

Sabtu, 11 Mei 2024 - 18:53 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Sulit Untuk Dijegal

Kamis, 9 Mei 2024 - 18:57 WIB

Soal RUU Pengelolaan Ruang Udara, Senator Filep Beri Analisa Dampak Bagi Daerah

Rabu, 1 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kalah dari Uzbekistan, Ketua DPD RI Pacu Semangat Timnas Indonesia U-23 Tetap Menyala

Rabu, 1 Mei 2024 - 13:54 WIB

Sukses Bikin DPD RI Bertaji, LaNyalla Terima Special Award dari PWI Jatim

Jumat, 26 April 2024 - 12:08 WIB

Ketua DPD RI Puji Isi Pidato Prabowo di KPU: Patriotik Sejati

Senin, 8 April 2024 - 22:41 WIB

Komite IV DPD RI Minta RPJPN 2025-2045 Munculkan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Senin, 8 April 2024 - 22:38 WIB

Komite I DPD RI Beri Catatan Penting Atas Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB