Tokoh Papua Roger Milles Deklarasi ARAB (Aliansi Relawan Anies Bergerak) Untuk Indonesia

Minggu, 12 Februari 2023 - 12:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA –  ARAB Indonesia adalah Aliansi Relawan Anies Bergerak untuk Indonesia menyatakan bahwa saat ini  Anies Baswedan punya konsep kebangsaan tidak ada bicara tentang mayoritas minoritas tetapi siapa yang secara konstitusi menjadi bagian dari NKRI wajib mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

“Dan beliau buktikan dengan diantaranya mempermudah ibadah dari agama-agama minoritas,” ujar ketua Aliansi Relawan Anies Bergerak (ARAB) untuk Indonesia Roger Milles, di Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2023).

“Istilah kami dari Indonesia Timur, kalau mau jadi pelaut jangan pernah takut dengan ombak. Tapi kenalilah ombak, karena ombak tidak bisa dihilangkan tapi ombak bisa difahami, dimengerti prosesnya,” lanjutnya.

Kemudian Roger menyampaikan tantangan yang akan dihadapi Anies, “Hari ini kita sudah bisa membaca segala ujian dan tantangan dari seorang Anies akan berhadapan atau berujung pada rasisme, identitas. Nah di sinilah kita mau menguji nasionalisme di jaman yang bahwa jaman reformasi, inilah presiden rakyat,” ungkapnya.

Kalau kita bicara nasionalisme kita tidak bisa menafikan satu dengan yang lain. Terkonsep dalam nasionalisme itu ada China, ada Arab, India, Pakistan dll, tambahnya.

Anies Baswedan pernah mengatakan lanjut Roger lagi, dalam konsep kebangsaan tidak ada bicara tentang mayoritas minirotas tetapi siapa yang secara konstitusi menjadi bagian dari NKRI wajib mendapatkan perlindungan dari pemerintah. Dan beliau buktikan dengan diantaranya mempermudah ibadah dari agama-agama minoritas.

Baca Juga :  Sukses Gelar KKR 2022, Bupati Freddy: Saya Bangga dan Terharu

Dan hari ini lanjut Roger, beliau masuk ke dalam politik bukan tentang praktisnya tetapi tertantang dengan sadar mengambil bagian membangun Indonesia menjadi lebih baik. Terbukti di Jakarta saat beliau menjadi Gubernur DKI, beliau mampu merangkul umat minoritas, umat minoritas Hindu Tamil yang sulit mendapat tempat ibadah, oleh beliau dipermudah izinnya. Hindu yang kesulitan ngamben atau tempat pembakaran mayat , dipermudah untuk mendapat tempat ibadah dan perizinan. Dan beberapa Gereja yang kesulitan mendapat tempat dan perizinan, Anies sebagai Gubernur DKI mempermudah hal kesulitan umat minoritas.

Kenapa pakai nama ARAB Indonesia?

Roger menjelaskan penamaan relawan ARAB Indonesia, “Kami menggunakan nama relawan Aliansi Relawan Anis Bergerak ? Kita tidak menggunakan nama Baswedannya karena nama Baswedan itu sebuah nama marga. Kami menggunakan nama Anies Bergerak itupun bukan untuk mengkultuskan Anies. Tetapi perjalanan hidup beliau yang kami lihat mampu tapil humanis, universal, akademik yang berprestasi secara nasional maupun internasional,” bebernya.

Baca Juga :  Demi Kemenangan, OSO Terus Bidik Jawa Barat

Masih kata Roger untuk itu, kami relawan Aliansi Anies Bergerak ingin mendorong beliau ke tingkat nasional memimpin Indonesia.

“Nah dalam hal isue-isue apapun boleh muncul namanya juga politik, tetapi kita tidak boleh kalah karena isue itu,” tutup Roger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : M. F
Sumber : Jakarta Satu

Berita Terkait

Heru Budi Diklaim Berhasil Ciptakan Solusi Yang Tepat Untuk Hajat Hidup Warga Jakarta
Teller Bank BRI Ternate Tilap Tabungan Ibadah Haji, Nasabah Beri Somasi
ASN Kota Tidore Kepulauan Gelar Seminar Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Santrani Abusama Dapat Surat Tugas Dari DPP Partai Demokrat, Dan Siap Tarung Di Pilwako
Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!
Joe Biden Tolak Keputusan ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu
PKB Sebut Ada Komunikasi dengan Anies Soal Pilgub Jakarta 2024
Pemerintah Kampung Negeya Salurkan Bantuan Dana BLT Kepada Masyarakat

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:56 WIB

Arab Saudi Sebut Tidak Ada Negara yang Bela Israel di Mahkamah Internasional Karena Perbuatannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:46 WIB

PM Inggris Kirim Surat Ucapan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:33 WIB

Putin Beri Selamat atas Kemenangan Prabowo

Senin, 13 November 2023 - 07:34 WIB

Arab Akhirnya Bertindak Soal Penjajahan Israel

Berita Terbaru

Internasional

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB