Demi Membantu Sesama, Herbert Gelar Diskusi Publik Tentang Pelayanan Hukum dan Sosial

Minggu, 23 Juli 2023 - 01:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Yayasan Mata Hati Jurnalis menggelar program pelayanan gratis berupa Diskusi Publik terkait Sosialisasi Pelayanan Hukum dan Sosial kepada Warga RW 08 Kelurahan Tanah Tinggi di Gedung Interaksi Masyarakat (GIM) RW 08, Johar Baru, Sabtu (22/7/2023) Malam.

Selaku pembicara atau narasumber dari acara tersebut, Advocad ST. Herbert Aritonang, SH., S.sos mengatakan pentingnya masyarakat mengetahui aspek-aspek terkait hukum agar tidak menjadi korban atas tindakan oknum-oknum yang memanfaatkan situasi.

“Masyarakat harus paham terkait hukum agar tidak mudah di bohongin. Sesungguhnya saya sangat senang membantu mereka yang tidak mampu bila berhadapan dengan hukum. Sudah menjadi komitmen saya untuk melakukan sosial dalam profesi yang saya geluti saat ini,” kata Herbert Aritonang yang juga merupakan Ketua Umum Mata Hati Jurnalis dihadapan warga sekitar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain memberikan penjelasan terkait hukum, pria asal Sumatran Utara ini juga menceritakan tentang pengalamannya dalam membantu masyarakat menyelesaikan masalah hukum, mulai dari urusan Pidana, Perdata, Rumah Tangga, Ekonomi, Sosial Masyarakat dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Rektor UMJ Dr. Mamun: PT 20 % Tidak Sesuai Dengan Cita - Cita Demokrasi Indonesia

Dalam diskusi tersebut, seorang warga menceritakan permasalahan yang dihadapan oleh seorang anak yang telah menyelesaikan pendidikan dan tidak bisa menebus ijazah karena hidup dibawah garis kemiskinan. Bapaknya sudah meninggal dunia, dan ibunya harus menjalani hukuman penjara karena terlibat masalah hukum, namun sang anak tidak bisa bekerja dengan alasan tidak memiliki ijazah yang sudah setahun masih di tahan pihak sekolah karena adanya tunggakan yang belum di bayarkan. Mendengar hal itu, pria yang berprofesi sebagai lawyer tersebut (Herbert) tersentak hatinya untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Ini benar-benar orang miskin, saya pasti bantu karena bapaknya sudah tidak ada dan ibunya di penjara. Suruh anak itu ketemu dengan saya, saya akan bantu urusan ijazahnya,” tegas Herbert yang diikuti sorakan dan tepuktangan gemuruh dari warga yang hadir.

Herbert merupakan sosok yang gemar membantu orang miskin. Sebagian dari penghasilannya dihabiskan untuk kegiatan sosial, karena dia tumbuh dari keluarga yang sangat kekurangan. Atas motivasi dalam dirinya dan perbuatan baiknya, Herbert bisa dibilang berhasil dalam karirnya sehingga sudah menjadi komitmen dirinya untuk membantu masyarakat yang kesulitan, baik dalam segi hukum maupun ekonomi.

Baca Juga :  Peduli Korban Gempa, Perwanti dan OPB Sinergy Kemanusiaan di Posko Cianjur

Pria (Herbert) yang juga merupakan Calon Legislatif (Caleg) DPRD DKI Jakarta Dapil 2 dari Partai Gerindra ini juga berjanji akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait permasalahan hukum dan sosial, serta membantu masyarakat dalam memberikan solusi dan pendampingan hukum.

“Kalau ada warga yang menghadapi hukum hubungi saya untuk bisa membantu, apalagi yang tidak mampu akan saya berikan secara cuma-cuma (gratis). Nanti bisa hubungi Pak RW atau RT masing-masing agar dapat dikondisikan. Saya janji, pasti akan saya bantu sekuat kemampuan saya sebagai lawyer. Hari ini harusnya saya di Bali bersama keluarga, tapi karena demi memberikan sosialisasi kepada Warga RW 08, saya tidak berangkat,” ujar Caleg DPRD Partai Gerindra Dapil Jakarta Pusat itu.

Baca Juga :  Surijaty Aminan Menerima Penghargaan dari Ketua Umum Leprid

Herbert berharap melalui Yayasan Mata Hati Jurnalis setiap perbuatan baik untuk membantu sesama dapat dilakukan dengan mudah, khususnya dalam bidang sosial seperti yang telah dilakukannya untuk pendampingan hukum secara gratis bagi yang tidak mampu.

Kegiatan tersebut penuh antusias dari warga sekitar. Dihadiri oleh Ketua RW 08, Sekretaris RW 08, Ketua RT 01 sampai RT 18, Karang Taruna, Kader Jumantik, Kader PKK, Kader Dasawisma, LMK, Kader Posyandu, dan warga RW 08 serta Tim Pemenangan dari Herbert Aritonang.

Usai melakukan diskusi dan tanya jawab seputaran permasalahan hukum dan sosial, Ketua Yayasan Mata Hati Jurnalis memberikan kaos yang bertuliskan “Herbert Aritonang & Associate Lawyer Tax Consultant” secara simbiosis kepada Ketua RW 08 dan perwakilan dari Ketua RT yang diakhiri dengan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Tanggapi Khotbah Gilbert Lumoindong, Bunda Indah: Statusnya hanya Pendeta bukan Ahli Surga
Rayakan Idul Fitri 1445 H Bersama Keluarga, Surijaty Gelar Open House
Hadiri Pelantikan LAB, Kombes Nicolas Sampaikan Maklumat Hukum Jelang Idul Fitri 1445 H
Hadiri Acara Bamus Betawi, Ketum Salatin: Pelantikan LAB Merupakan Penguatan Budaya Asli Indonesia
Kembali buat Gebrakan di Bulan Ramadhan, Eki Pitung Lantik Pengurus LAB dan Santuni 500 Anak Yatim
Ditanya soal Gugatan di MK, Bunda Indah: Prabowo tidak Mencari Uang, Dia Hanya Menunggu Kematiannya
Diskusi Publik FKM, Din: Mengatasi Kejahatan Pemilu harus Jalur Parlemen dan Non Parlemen
Hari Pemilu 2024, Bunda Indah Pastikan Coblos Prabowo Subianto

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 19:35 WIB

Lepas Calon Jamaah Haji Papua Barat Daya, Ini Pesan Pj Gubernur Musa’ad

Jumat, 24 Mei 2024 - 20:46 WIB

Hari Ini 38 Calon Jemaah Haji Kaimana Sudah Berangkat ke Makassar

Jumat, 24 Mei 2024 - 17:50 WIB

Bangunan Jembatan di PTPN II Langkat, Dialihkan Berdasarkan Adendum

Jumat, 24 Mei 2024 - 17:50 WIB

Hari Jadi ke -77 Desa Baru Pasar VIII, Wisata Keluarga ‘Kerangan Land’ Resmi Dibuka

Jumat, 24 Mei 2024 - 17:49 WIB

HJ Eka Dahliani Usman Silaturahmi Dengan Ketua Tim Desk Pilkada Nasional DPP PKB

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:47 WIB

Jelang Pilkada, Bupati Freddy Thie Harap Masyarakat Jaga Persatuan

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Resmi Lepas Calon Jamaah Haji Kaimana, Freddy Thie Titip Do’a Agar Pilkada Kaimana Berjalan Aman

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:45 WIB

Samaun Dahlan Sebut Ada 6 Kandidat Calon Wakil Bupati yang Akan Mendampinginya

Berita Terbaru

Sumber Foto : Liputan6.com

Transportasi

Tips Liburan Idul Adha di Jakarta

Senin, 27 Mei 2024 - 10:05 WIB

Berita

Polda Jabar: DPO Kasus Vina Cirebon Hanya Tersangka Pegi

Minggu, 26 Mei 2024 - 21:09 WIB

Internasional

Breaking News: Roket Al Qassam Bombardir Israel

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:24 WIB

Sepakbola

Tekuk Man City 2-1, Man United Juara FA Cup Ke-13 Kalinya

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:12 WIB