Ketua DPD RI Dukung Penambahan Anggaran untuk KONI Jatim

Senin, 3 April 2023 - 14:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung Komisi E DPRD Jawa Timur yang akan mendorong penambahan anggaran untuk KONI Jatim dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) September 2023 mendatang.

Secara khusus anggota DPD RI yang berangkat dari dapil Jawa Timur itu mengingatkan kepada Sekda Provinsi Jawa Timur dan Kepala Bappeda Jawa Timur agar lebih memperhatikan hal tersebut terutama penambahan anggaran di luar untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim.

Seperti diketahui, hibah untuk KONI Jatim di tahun 2023 hanya sebesar Rp55 miliar. Besaran anggaran untuk KONI Jatim ini, menurut LaNyalla, sangat minim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Minimnya anggaran untuk KONI Jatim ini jelas membuat program Puslatda dan juga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang telah disusun dengan rinci dan melibatkan banyak komponen penting bisa berantakan,” ujar LaNyalla, Senin (3/4/2023).

Baca Juga :  Sidang AIPA Ke-44, BKSP DPD RI Dorong Kawasan ASEAN Tingkatkan Perekonomian

Sebab induk organisasi olahraga di Jatim harus melakukan penyesuaian di semua sektor karena keterbatasan tersebut. Termasuk penyesuaian bantuan untuk atlet, baik itu berupa uang saku, peralatan. Maupun program try out yang terpaksa dihapus.

“Prestasi olahraga menjadi salah satu alat ukur keberhasilan pembangunan sebuah daerah. Karena olahraga bagian integral dari pembangunan, baik di tingkat daerah maupun negara,” tutur mantan Wakil Ketua KONI Jatim itu.

LaNyalla menegaskan, bahwa olahraga prestasi tak kalah penting dibanding dengan sektor lain. Sebab, melalui olahraga akan lahir sumber daya manusia (SDM) unggul. Lewat olahraga, kata LaNyalla, sebuah daerah akan memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi.

“Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi adalah aset besar sebuah daerah maupun negara. Apalagi Indonesia memiliki surplus demografi. Para pemangku kepentingan di Jatim sudah seharusnya memberikan perhatian lebih terhadap dunia olahraga, khususnya untuk KONI Jatim,” tukas dia lagi.

Baca Juga :  Buka Mukernas, LaNyalla Ajak Wahdah Islamiyah Perjuangkan Pancasila Sebagai Falsafah Dasar Negara Seutuhnya

Apalagi kalau nanti dikaitkan dengan PON XXI tahun 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara, maka dunia olahraga di Jawa Timur pasti akan tertinggal karena keterbatasan anggaran.

“Apalagi jika dibandingkan dengan dua pesaing terkuatnya di setiap event olahraga nasional, yakni Jawa Barat dan DKI Jakarta. Sangat jauh dari sisi anggaran,” tutur LaNyalla.

Dijelaskan LaNyalla, DKI Jakarta dengan APBD Rp83,7 triliun, memberi hibah untuk KONI DKI Jakarta sebesar Rp270 miliar. Secara persentase, KONI DKI Jakarta mendapatkan 0,32 persen dari total APBD DKI Jakarta.

Sementara Jawa Barat dengan APBD Rp33,31 triliun, KONI Jabar mendapatkan hibah sebesar Rp90 miliar, atau 0,27 persen. Kemudian KONI Sumatera Utara yang mendapat kucuran Rp 95 miliar. Bahkan setingkat kabupaten dan kota, Pemkab Bekasi memberikan dana hibah Rp 53 miliar untuk pembinaan prestasi olahraga lewat KONI Kab Bekasi.

Baca Juga :  Dukung Seniman Jatim, Ketua DPD RI Dorong Lahirnya Perda Penyelenggaraan Kesenian

“Bandingkan dengan Jawa Timur. Dengan APBD sebesar Rp30,5 triliun, hibah untuk KONI Jatim pada tahun 2023 ini hanya sebesar Rp55 miliar. Jika dipersentase, KONI Jatim hanya mendapatkan 0,18 persen dari nilai APBD Jatim,” kata LaNyalla.

Sebelumnya, Anggota Komisi E DPRD Jatim, Hasan Irsyad, berjanji akan berusaha mendorong penambahan anggaran pada Perubahan Anggaran Keuangan pada September 2023 mendatang. Politisi Partai Golkar ini mengaku prihatin mengetahui betapa minimnya hibah di tahun 2023 untuk KONI Jatim. Hal itu ia ketahui setelah melakukan kunjungan kerja (kunker) di PPOP Ragunan Jakarta dan BAPOPSI DKI Jakarta pada 7 Maret 2023 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Tim
Editor : Fiqram
Sumber :

Berita Terkait

Tinjau Pemusatan Atlet Muaythai untuk PON Aceh-Sumut, Ketua DPD RI Optimis Kontingen Jatim Pertahankan Juara Umum
Bertemu Gubernur Sulawesi Utara, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Kemandirian Pangan Nasional
Gede Pasek Suardika: Sanksi MKD DPR ke Bamsoet Sesat dan Error in Persona
Barisan Pembaharuan Usulkan 11 Nama Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran
Rencana Batasi BBM Bersubsidi, LaNyalla Ingatkan Pemerintah Temukan Model Distribusi Tepat Sasaran
Soal Kaesang Maju Pilkada 2024, Jokowi: Tugas Orang Tua Hanya Mendoakan
Divonis Bersalah Atas Kasus Asusila, Ketua KPU Hasyim Asy’ari Diberhentikan
Desakan Menkominfo Mundur Ramai di Publik, Begini Respon Jokowi

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 18:39 WIB

Joe Biden Sebut Terlalu Dini Pastikan Penembakan Trump Sebagai Upaya Pembunuhan

Minggu, 2 Juni 2024 - 20:52 WIB

Semakin Memanas, Biden Izinkan Penembakan Rudal Amerika ke Rusia

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:24 WIB

Breaking News: Roket Al Qassam Bombardir Israel

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:08 WIB

Joe Biden Tolak Keputusan ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Berita Terbaru

Sepakbola

Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Juara Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 06:14 WIB

Daerah

Polres Langkat Gelar Operasi Patuh 2024, Ini Jadwalnya

Minggu, 14 Jul 2024 - 19:24 WIB

tajukflores