Walikota Tidore Mendengar Pandangan Fraksi – Fraksi DPRD

Rabu, 6 September 2023 - 11:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, TIDORE  –  Setelah menyampaikan Nota Keuangan dan Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim kembali menghadiri dan mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota keuangan dan rancangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023, yang diagendakan pada rapat paripurna ke-5 masa persidangan I DPRD Kota Tidore Kepulauan, di Gedung DPRD Kota Tidore, Senin (4/9/2023) malam.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Mochtar Djumati dan diikuti oleh 19 dari 25 anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Insan Pers.

Dalam kesempatan tersebut ada lima pandangan umum fraksi DPRD Kota Tidore di antaranya, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Nasdem,Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, dan Fraksi Partai Demokrat Sejahtera.

Pandangan umum fraksi Nasdem yang disampaikan Juru Bicara Malik H Muhammad mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Tidore Kepulauan mempunyai peran yang sangat strategis untuk mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya, baik untuk menunjang pelayanan publik, implementasi berbagai macam regulasi, meningkatkan pembangunan diberbagai sektor dan untuk pemberdayaan masyarakat.

“karena dengan Adanya penyusunan APBD Perubahan, pada substansinya adalah untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian kondisi terkini yang ada di tengah masyarakat secara makro maupun mikro, sehingga dengan APBD Perubahan secara tepat dapat memberikan manfaat dan memberikan solusi atas kebutuhan-kebutuhan masyarakat.” Kata Malik.

Fraksi Nasdem juga memberikan aprsesiasi kepada Pemerintah Daerah atas Perubahan pendapatan Daerah mengalami kenaikan sebesar Rp 1.365.713.850 dari total APBD Tahun 2023 sebesar PR 1.21.361.875.224, “namun kami akan menekankan bahwa dalam pembahasan nanti, PAD untuk retribusi daerah harus menjadi perhatian bersama agar dapat mencapai target hingga akhir tahun anggaran” tekan Malik.

Baca Juga :  Kota Tidore Kepulauan Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023

Tak hanya itu, Fraksi Nasdem juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mengambil alih pengelolaan SPAM sofifi untuk dikelola perumda ake mayora, tentunya dalam pengambil alihan ini segala pembiayaan menjadi tanggung jawab pemerintah kota tidore kepulauan, oleh karena itu harus menjadi perhatian bersama sehingga pelayanan dasar air bersih di daratan oba bisa lebih baik, serta Pemerintah harus memperhatikan pemberdayaan UMKM agar dalam penyaluran bantuan ke UMKM dapat dilakukan secara adil dan merata, “semoga Perubahan APBD tahun 2023 bisa menjawab sebagian kebutuhan masyarakat kota Tidore Kepulauan.” Harap Malik.

Sedangkan, Pandangan Umum fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang disampaikan oleh juru bicara Riri Aisya Do Taher mengatakan, Meningkatnya ketergantungan terhadap pendapatan dana transfer Pemerintah pusat yang masih relatif cukup tinggi, serta adanya kebijakan pemerintah pusat yang mengakibatkan Pemerintah Daerah tidak leluasa lagi dalam penggunaan Dana Perimbangan untuk membiayai pembangunan sesuai dengan kebijakan lokal, serta kendala lainnya.

Baca Juga :  DOB Papua Barat Daya Menemui Titik Terang, Ini Kata Lambert Jitmau

“sehingga kami Fraksi PKB memandang agar Program Kegiatan yang nantinya dilaksanakan, perlu di pertimbangkan secara saksama dengan memperhatikan tingkat kepentingan, kegiatan yang perlu penambahan dana untuk penyelesaiannya dan waktu pelaksanaan Kegiatan, mengingat keterbatasan waktu yang tersedia hingga akhir tahun 2023, serta perlu adanya penyusunan Program Kegiatan yang dapat mengoptimalkan sumber-sumber pajak daerah dan retribusi daerah yang sudah ada, agar nantinya dapat mencapai target yang telah ditentukan.” Kata Riri.

Selain itu terdapat tiga Fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, dan Fraksi Demokrat Sejahtera melalui juru bicaranya masing bahwa tidak lagi membacakan pandangan umum Fraksi terkait Nota Keuangan dan rancangan perubahan APBD Tahun 2023, namun selanjutnya ditindak lanjuti dan dibahas sebagaimana diatur dalam tata tertib DPRD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : YULI
Sumber :

Berita Terkait

Jelang Peringatan HUT RI Ke-79, Pemkot Tidore Gelar Rapat Teknis
Tinjau Pemusatan Atlet Muaythai untuk PON Aceh-Sumut, Ketua DPD RI Optimis Kontingen Jatim Pertahankan Juara Umum
Polres Langkat Gelar Operasi Patuh 2024, Ini Jadwalnya
Joe Biden Sebut Terlalu Dini Pastikan Penembakan Trump Sebagai Upaya Pembunuhan
Calon Presiden Amerika Donald Trump Ditembak Saat Berpidato di Pennsylvania
Terima Kunjungan OJK Sulut, Pemkot Tidore Dukung Program OJK
Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan Resmikan PAUD Terpadu Mujahidin
Fachrul Razi Kembangkan Aplikasi Digital Untuk Mahasiswa Politeknik Kutaraja Banda Aceh

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 18:39 WIB

Joe Biden Sebut Terlalu Dini Pastikan Penembakan Trump Sebagai Upaya Pembunuhan

Minggu, 2 Juni 2024 - 20:52 WIB

Semakin Memanas, Biden Izinkan Penembakan Rudal Amerika ke Rusia

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:24 WIB

Breaking News: Roket Al Qassam Bombardir Israel

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:15 WIB

Soal Konflik di Gaza, Joe Biden: Bukan Genosida!

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:08 WIB

Joe Biden Tolak Keputusan ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Netanyahu

Senin, 18 Maret 2024 - 15:51 WIB

Vladimir Putin Menang Telak di Pemilu Rusia

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:50 WIB

Di Masa Agresi ke Palestina, Menteri Israel Sebut Bulan Ramadan Harus ‘Dihapus’

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:35 WIB

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo Lewat Surat

Berita Terbaru

Sepakbola

Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Juara Euro 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 06:14 WIB

Daerah

Polres Langkat Gelar Operasi Patuh 2024, Ini Jadwalnya

Minggu, 14 Jul 2024 - 19:24 WIB

tajukflores