Meskipun Bukan Hari Libur, Pemerintah Tetapkan HKN pada 24 Juli

Rabu, 9 Agustus 2023 - 22:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA –  Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo menetapkan Peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 24 Juli. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Dalam konferensi pers yang di gelar oleh Tim Nasional (Timnas) Kebaya Indonesia, Timnas menerangkan bahwa Keppres ini ditandatangani pada tanggal 4 Agustus 2023, dan Kebaya merupakan peninggalan bangsa yang wajib di lestarikan.

“Jadi pada 4 Agustus 2023, Pak Jokowi telah mengeluarkan Keppres tentang Hari Kebaya Nasional. Keputusan tersebut juga menjelaskan bahwa Kebaya merupakan identitas nasional yang wajib kita lestarikan karena Kebaya menjadi bagian dalam ciri khas bangsa yang dapat berkembang menjadi busana yang digunakan dalam berbagai kegiatan skala nasional maupun internasional,” jelas Ketua Timnas Kebaya Indonesia, Lana T Koentjoro di Ruang Rama, Restaurant Batik Kuring Kawasan SCBD, Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023) sore.

Sebagai bentuk keseriusan dalam menindaklanjuti Keppres tersebut,  Timnas Kebaya Indonesia akan segera mengadakan konsolidasi internal maupun eksternal untuk pemantapan program kerja selama satu tahun kedepan.

Ketua Tim Nasional Kebaya Indonesia, Lana T. Koentjoro menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Presiden Jokowi, Kementerian terkait, para pimpinan daerah, lembaga/instansi yang mendukung kiprah dan keberadaan HKN.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Pak Jokowi beserta jajaran, Pemda, lembada/instansi yang ikut mendukung dan terlibat langsung atas kiprah dan penetapan HKN,” tuturnya.

Saya juga terima kasih kepada seluruh komunitas dan perkumpulan, lanjut Lana, yang telah bergabung dalam Tim Nasional untuk mendorong lahirnya Hari Kebaya Nasional.

Baca Juga :  LaNyalla Ingatkan Hari Anak Nasional 2022 Jangan Hanya Serimonial

“Untuk para akademisi yang telah membantu penyusunan rekomendasi HKN agar mendapatkan keistimewaan dengan penetapan HKN pada 24 Juli. Ini merupakan salah satu langkah untuk melestarikan budaya dan kekayaan nusatara kita,” ungkapnya.

Wakil Ketua Timnas Kebaya Indonesia,  Miranti Serad Ginanjar menambahkan bahwa pentingnya peran perempuan dalam pelestarian budaya bangsa, khususnya Kebaya.

“Kita juga sebagai kaum perempuan harus sadar bahwa peran Wanita Indonesia sagat penting dalam memberikan kontribusi untuk melestarikan budaya, seperti Kebaya dengan terus menggaungkan budaya berkebaya dengan padanan wastra nusantara yang kaya akan nilai nilai kearifan lokal,” ucapnya.

Sekilas Tentang Timnas

Sebelum awal tahun 2022, Timnas Kebaya Indonesia telah mendapatkan rekomendasi dari Dirjen Kenudayaan untuk pengurusan proses pengajuan Hari Kebaya Nasional.

Timnas sendiri merupakan gabungan dari 12 Komunikasi pengusul Hari Kebaya Nasional, diantaranya; Perempuan Indonesia Maju (PIM), Pertiwi Indonesia, Kebaya Foundation, Perempuan Berkebaya indonesia (PBI), Komunitas Notaris Indonesia Berkebaya (KNIB), Pencinta Sanggul Nusantara (PSN), Cinta Budaya Nusantara (CBN), Rampak Sarinah, Sekar Ayu Jiwanta, Citra Kartini Indonesia (CKI), Yayasan Budaya Nasional Nusantara (YBNN), dan Himpunan Ratna Busana Surakarta (HRBS).

Baca Juga :  Memasuki Tahun Politik 2024, RKKN dan PERGUBI Adakan Acara Malam Kerukunan Bangsa

Timnas Kebaya juga mendapatkan dukungan dari tim riset, pakar, dan akademisi, diantaranya; Prof. Dr. Siti Fatimah, Dr. Suciati, Dr. Nita Trismaya, dan Dewi Kumoratih.

Selama berkarya 1,5 tahun sejak 2022, Timnas Kebaya Indonesia juga melakukan studi literasi, Forum Group Discussion (FGD), jejak pendapat, dan aktivasi ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Solo, Semarang, Samarinda, Jakarta, Medan, Bali, dan Manado guna mendapatkan lebih dari 400 dukungan komunitas di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Michael
Editor : Michael
Sumber : Special Report

Berita Terkait

Rayakan Idul Fitri 1445 H Bersama Keluarga, Surijaty Gelar Open House
Hadiri Acara Bamus Betawi, Ketum Salatin: Pelantikan LAB Merupakan Penguatan Budaya Asli Indonesia
Kembali buat Gebrakan di Bulan Ramadhan, Eki Pitung Lantik Pengurus LAB dan Santuni 500 Anak Yatim
GEMA PAGI Bersama TKN Fanta Law Menggelar Diskusi Terkait Putusan Bawaslu
Peringatan Hari Ibu 2023, Punjabi Ladies Group Gelar Acara Fun & Games
Rayakan Natal Bersama Anak dengan Kanker, Totalindo Salurkan Dana CSR ke Rumah Anyo
Aksi Kemanusiaan, Perwanti Berbagai Kasih dengan Sekolah Anak Jalanan
Sambut Hari Pahlawan, Perwanti Bersama YANB dan PT Saya Komit Gelar Pengobatan Gratis

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 21:31 WIB

Sempat Gegerkan Warga Hinai, Penemuan Jasap Pria Didalam Parit Ternyata Warga Binjai

Jumat, 19 April 2024 - 18:52 WIB

Walikota Ali Ibrahim Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024-2045

Jumat, 19 April 2024 - 18:46 WIB

Bertarung Pilkada Halsel Hj Eka Dahliani Usman Ambil Formulir pendaftaran Dari Partai PKB

Jumat, 19 April 2024 - 18:40 WIB

Tim Pengamanan PT Indonesia Power UBP Pangkalan Susu Lakukan Pengamanan Kelistrikan

Kamis, 18 April 2024 - 17:37 WIB

SBGN Malut Ajak Karyawan Peringati Hari Buruh 1 Mei 2024

Kamis, 18 April 2024 - 17:33 WIB

DPC PKB Halsel Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Besok

Kamis, 18 April 2024 - 13:53 WIB

Warga Hinai Dikejutkan Penemuan Sesosok Mayat Pria Membusuk Didalam Parit

Rabu, 17 April 2024 - 18:11 WIB

Ketum DPP Surosowan Indonesia Bersatu Beri Konsultasi dan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Berita Terbaru