Pendaki Cantik, Dwi Nathan Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Gunung

Kamis, 4 Mei 2023 - 08:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Model cantik asal Indonesia keturunan India, Dwi Nathan akrab dipanggil Dwi, yang memiliki hobi mendaki gunung, mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk menjaga dan mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Memang naik gunung kerap disebut juga dengan pencinta alam. Namun, tidak sedikit dari kita yang mengaku pecinta alam, tapi sayangnya tren tersebut tidak disertai kesadaran menjaga alam oleh para pendaki gunung, dengan membuang sampah sembarangan,” kata Dwi kepada wartawan melalui pesan singkat whatsapp, Rabu (03/05/2023).

Ia mengatakan, memang berfoto di puncak menjadi orientasi utama. Tapi masih banyak pendaki yang suka membuang sampah sembarangan, contohnya sampah plastik bekas cemilan, botol minuman, sisa-sisa memasak di area tenda, dan sampah lainnya.

“Saya sangat sedih melihatnya. Para pendaki menyebut gunung sebagai rumah kedua. Tapi kenapa dikotorin dengan sampah jika benar-benar mencintai rumah ke dua?” ucapnya menerangkan dengan nada sedih.

Ia mengajak para pendaki untuk selalu membawa kantong sampah. Menurutnya memang sangat merepotkan, namun jika bukan kita para pendaki yang menjaga kebersihan di gunung, siapa lagi?

“Bahayanya sampah yang kita tinggalkan dan dibuang di gunung, bisa menjadi bahan bakar untuk kebakaran yang tentu sangat sulit dikendalikan. Hal ini dapat mengancam keselamatan pendaki dan merusak ekosistem di sekitar gunung,” ujar lulusan Sarjana Ekonomi ini.

Selain itu, kata Dwi membuang sampah bisa merusak keindahan alam, mengancam keberadaan flora dan fauna. Di mana banyak hewan yang bisa terjebak di dalamnya atau mati setelah memakannya.

Baca Juga :  Miss Elite Indonesia 2023, Khamelia Chalid Optimis Menuju Ajang Internasional di Mesir

“Sehingga nantinya bisa menghasilkan bau tidak sedap dan banyak serangga. Hal ini juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya penyakit dan bisa mengancam kesehatan pendaki,” imbuhnya.

Untuk itu, secara khusus Dwi mengajak teman-teman pendaki di manapun berada, agar membawa kantong plastik atau tas khusus agar tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Ayo bawa kembali plastik berisi sampah saat turun gunung. Jangan lupa buang pada tempat sampah yang tersedia. Pencinta alam harus menjadi penggiat alam. Apa yang dilakukan seorang pencinta alam harus benar-benar memberi kontribusi kepada alam,” sambungnya.

Terakhir, Dwi menyebut pendaki keren itu adalah yang membuat gunung terlihat makin keren. Teman-teman yang ngaku pecinta alam, mari sama-sama jaga lingkungan.

Baca Juga :  Majukan Ekonomi Kreatif, Pengusaha Muda ini Bentuk Wedding Organizer

“Sebagai generasi penerus bangsa, Ingat ada pepatah mengatakan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak di gunung! Salam sejahtera,” tandasnya dengan nada penuh harap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Wandi Ruswannur
Editor : Mufik
Sumber :

Berita Terkait

Razman siap Memfasilitasi Tanding Tinju, Benny: Hotman Hanya bisa Pamer Cincin
Demi Bela Klien, Benny Wulur Tantangan Tinju Hotman Paris di Ring Arena
Memasukin Era Digital AI, Zyrexindo Luncurkan Produk Zyrex Maveric AI dan Gaming Series
Andika Kangen Band Nikah Lagi, Ternyata Istrinya Seorang Dokter
Gugat Cerai Teuku Ryan, Ini 3 Poin Tuntutan Ria Ricis
Dukung Musisi Jalanan, The Westin Jakarta Gelar Westin Street Idol 2
LPPM-ITB Berkolaborasi dengan Kemendes-PDTT Untuk Tingkatkan Akses Internet di Desa Baruakol
Menyongsong HUT TREN KE – 3, CEO Martin Carter dan Allia Rosa Membuat Event Pencari Bakat

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:42 WIB

Berpeluang Didukung PDIP, Anies: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:36 WIB

Usai Diusung Maju Pilkada Jabar, Ilham Akbar Habibie Singgung Histori Keluarga

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:14 WIB

Hasil Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Senin 17 Juni 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:53 WIB

Gerindra Resmi Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:14 WIB

Menteri Basuki Sebut Tapera Berpeluang Diundur Jika Ada Usulan dari DPR-MPR

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:08 WIB

Korupsi Semakin Marak, PDIP Dorong Revisi UU KPK

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:38 WIB

Dihadapan Alumni Trisakti, Menkopolhukam Dukung Transformasi Kelembagaan Trisakti

Kamis, 6 Juni 2024 - 13:34 WIB

Ketua DPD RI Nilai Penyesalan Amien Rais Terkait Amandemen 1999-2002 adalah Momentum Percepat Wujudkan Visi Prabowo untuk Kembali ke Pancasila

Berita Terbaru